Cara Jualan Produk Digital Terlaris dan Contoh Produknya

3 Februari 2023

Jualan produk digital saat ini sangat menjanjikan seiring berkembangnya teknologi. Produk digital seperti game, software, ebook dan lainnya laris manis di pasaran. Jika kamu berniat menjual produk digital, ada beberapa hal yang harus diperhatikan. Berikut ini cara jualan produk digital terlaris dan contoh produknya

Cara Menjual Produk Digital

 

1. Menentukan Target Pasar

Pertama, tentukan target pasar terlebih dahulu. Lakukan pemilihan niche atau kategori sesuai dengan produk digital yang akan dijual. Caranya dengan melakukan riset pasar sebelum mulai melakukan penjualan. Jangan sampai kamu ketinggalan tren yang sedang banyak diminati masyarakat.

Jadi, produk yang akan dijual bisa tepat sasaran sesuai dengan target dan kebutuhan pasar. Dengan begitu, bisnis bisa berkembang dengan cepat. Penentuan target pasar ini sangat penting, agar kamu tidak melakukan kesalahan dalam menjual. Tentu tidak mungkin kamu menjual buku hukum ke orang yang hobi memasak.

Baca Juga : Cara Membuat Strategi Pemasaran Digital yang Efektif

2. Pakai Channel Penjualan yang Tepat

Selanjutnya menggunakan channel penjualan yang tepat. Tak hanya target pasarnya saja yang harus jelas dan tepat, channel penjualan yang digunakan untuk menawarkan produk digital yang dimiliki juga harus diperhatikan dengan baik. 

Biasanya ada yang menggunakan marketplace, lalu ada yang lebih nyaman dengan media sosial. Agar bisa menentukan channel penjualan mana yang tepat, lakukan riset terlebih dahulu sebelumnya. 

Caranya dengan menentukan target pasar. Setelah target pasar sudah jelas dan ditetapkan, channel marketing bisa dipilih sesuai kebutuhan. Selanjutnya cukup fokus pada channel yang sudah dipilih tadi.

Jika ingin memperluas pasar, coba lihat dulu progress penjualan produk digital yang dimiliki. Ketika penjualan sudah cukup besar pada satu channel yang ditentukan, baru bisa melakukan pengembangan pasar. Sebaliknya, ketika pada satu channel saja belum ada perkembangan maka lebih baik fokus mencari tahu akar permasalahan di satu channel tersebut.

Berjualan memang tidak bisa instan dan belajarnya juga harus dilakukan sambil jalan. Jadi harus bersabar dan tidak mudah putus asa ketika menemukan titik buntu. Tetap semangat dan terus mencari cara agar bisa keluar dari kegagalan.

3. Menggunakan Media Sosial

Menjual produk digital memang akan lebih mudah jika memanfaatkan media sosial, apalagi di era digital seperti sekarang. Ini juga diperkuat dengan peningkatan pengguna media sosial yang signifikan. Orang-orang semakin melek teknologi, sehingga wajib untuk mencoba jualan dengan media sosial.

Kunci dari penjualan produk digital di medsos ini adalah konten yang menarik. Pastikan untuk fokus menampilkan produk digital yang dimiliki namun dengan membuat konten menarik dan bermanfaat. Selain itu kata-kata menarik untuk promosi di media sosial penting diketahui.

Penggunaan media sosial ini akan lebih efektif lagi jika menggunakan fitur ads lalu menargetkan orang yang berpotensi untuk melakukan pembelian produk. Cara ini akan lebih banyak menarik pelanggan baru.

4. Menggunakan Influencer

Cara lain agar bisa menjual produk digital cepat laris adalah dengan menggunakan bantuan jasa influencer. Sekarang ini influencer memberikan peran penting dalam proses penjualan produk digital. Apalagi sekarang sudah banyak influencer yang cocok untuk memasarkan produk digital baik melalui media sosial atau blog yang dimiliki.

Tak ada salahnya untuk mengontak dan memilih salah satu influencer yang sedang banyak digandrungi masyarakat. Produk akan lebih cepat dikenal masyarakat dan kepercayaan pelanggan pun bisa didapatkan dengan mudah. Perlu diingat, memilih influencer harus dipertimbangkan dengan matang agar hasilnya maksimal.

5. Menggunakan Situs Resmi

Cara lain yang harus dilakukan di sini adalah membuat website pribadi yang nanti digunakan untuk berjualan produk digital. Banyak orang yang lebih percaya pada bisnis online yang memiliki situs resmi sendiri daripada yang tidak. Jadi, tidak ada salahnya membuat situs resmi untuk jualan produk digital.

Cara ini selain untuk menarik perhatian juga untuk mendapatkan kepercayaan pelanggan sehingga terjadi penjualan. Pelanggan yang merasa nyaman dan aman jika order dengan situs resmi tidak akan ada rasa ragu untuk membeli. Jadi pastikan untuk membuat website sendiri agar bisnis lebih kredibel. Pilih domain yang kredibel seperti .com, .net. co.id dan lainnya.

Baca Juga : Mengelola Jualan Menggunakan Strategi Pemasaran Produk

Contoh Produk Digital

Jika masih bingung dengan contoh produk digital terlaris saat ini, ada beberapa produk digital yang banyak dicari dan diminati masyarakat wajib kamu coba. Apa saja? Yuk simak ide produk digital dibawah ini:

1. Ebook

Contoh pertama ini merupakan buku digital yang banyak dicari karena buku ini dianggap praktis dan lebih efektif. Bisa dibuka melalui laptop, smartphone, atau PC membuat penggunanya merasa termudahkan dalam membaca buku digital ini.

2. Software

Tak hanya buku digital saja, di sini perangkat lunak atau software juga masih banyak dicari masyarakat. Biasanya perangkat lunak untuk anti virus atau yang terkenal seperti Ms Office dan lain sebagainya masih dicari oleh masyarakat yang membutuhkan. Peluang usaha ini pun masih tergolong bagus.

3. Game

Contoh yang ketiga ada game. Sekarang ini peminat dari game ini semakin meningkat. Jika berjualan produk digital game, sudah pasti keuntungan akan besar karena ini termasuk produk sesuai tren yang ada saat ini.

Masih banyak contoh produk digital lain yang juga tak kalah menarik seperti aplikasi, foto, preset foto, dan lain sebagainya. Sekarang ini memang sudah masuk era digital jadi produk serupa akan banyak dicari dan pasarnya sudah pasti ada.

Itulah beberapa cara jualan produk digital terlaris dan contoh produknya. Untuk meningkatkan penjualan, kamu bisa menggunakan aplikasi Koala+ yang memiliki fitur Manajemen Produk & Transaksi.

Fitur Manajemen Produk & Transaksi bisa membantu kamu mengelola produk, transaksi, dan membuat website jualan yang terintegrasi dengan aplikasi Koala+. Aplikasi ini juga mempermudah pengelolaan jualan online bagi semua pemilik toko online.