Cara Jualan di Bukalapak Satu Hari Langsung Ngerti!

7 Oktober 2022

Selain banyak promosi, cara jualan di Bukalapak juga mudah, loh! Seperti yang sudah kamu ketahui, saat ini begitu banyak platform online shopping yang berkembang di Indonesia, salah satunya adalah Bukalapak. Semakin tinggi jumlah permintaan, maka semakin tinggi pula persaingan di antara para penjual. Hal ini menyebabkan banyaknya penjual yang merambah ke Bukalapak dan mencari tau bagaimana cara jualan di Bukalapak.

Salah satu tempat jual beli secara online yang cukup terkenal di Indonesia dan memiliki pengunjung setia ini menyediakan wadah jual-beli dari konsumen ke konsumen. Dengan demikian, setiap orang tanpa terkecuali bisa menjadi entrepreneur sukses, memperbesar bisnisnya, dan mencari kesempatan bisnis online di Bukalapak dengan sangat mudah, murah, aman, dan nyaman.

Tidak hanya itu, bersama Bukalapak, kamu juga berkesempatan mengetahui cara jualan di Bukalapak secara online dengan tanpa modal yang mana kamu bisa memanfaatkannya sebagai usaha sampingan ataupun pendapatan tambahan.

Tidak terkekang dengan waktu dan jarak adalah dua hal lainnya yang menjadi nilai plus saat merasakan sebagai penjual di Bukalapak. Kamu bisa meladeni pembeli yang berasal dari Sabang sampai Merauke untuk transaksi satuan ataupun grosir (borongan)

Serukan? Yuk, mulai mendalami cara jualan di Bukalapak demi memuluskan jalan kamu menjadi full-time entrepreneur ataupun mendapatkan extra income.

Baca Juga: Tips Kelola Aplikasi Jualan Online Tanpa Modal Besar

Asyiknya membuka lapak di Bukalapak

Sebelum membahas cara jualan di Bukalapak, ada baiknya kamu semakin yakin dengan Bukalapak dengan memahami keuntungan-keuntungan yang akan kamu miliki apabila berjualan di Bukalapak.

1. Menerima notifikasi di setiap order

Apabila ada pesanan yang masuk ke toko, secara otomatis sebuah SMS (jaringan GSM) akan memberi tahu Kamu perihal ini. Oleh karena itu, Kamu tidak perlu was-was dan takut apabila ada pesanan yang belum dilayani. Selain itu, Kamu juga bisa menaruh perhatian Kamu ke berjualan online dan mencari kesempatan bisnis tambahan lainnya sehingga Kamu tidak perlu membuang waktu Kamu yang berharga melayani calon pembeli yang sesungguhnya tidak memiliki minat untuk membeli.

2. Tanggapan positif setiap transaksi sukses

Salah satu alasan lainnya yang membuat orang jatuh hati dengan Bukalapak sehingga volume pencarian cara jualan di Bukalapak meningkat di mesin pecarian adalah tanggapan positif setiap transaksi sukses. Jadi, feedback positif akan diberikan kepada penjual secara otomatis dari sistem meskipun pembeli tidak memberikan tanggapan apa pun saat bertransaksi.

3. Uang pembayaran pasti diterima

Jangan khawatir Kamu akan mengalami kasus penipuan saat berjualan di Bukalapak. Setelah seseorang telah membeli barang Kamu dan memberikan ulasan atau dua hari setelah barang diterima oleh pembeli berdasarkan sistem kurir, Kamu akan menerima uang pembayaran secara langsung.

4. Didukung SEO (Search Engine Optimization atau Optimisasi Mesin Pencari)

Produk yang Kamu jual akan menjadi prioritas di mesin pencarian seperti Google dan lainnya. Maksudnya adalah ketika ada seseorang yang mencari suatu barang di mesin pencarian, barang yang muncul di halaman awal adalah barang dari penjual di Bukalapak. Hal ini terjadi karena setiap halaman barang para Pelapak melewati proses SEO. Nah, salah satu cara jualan di Bukalapak yang sukses adalah dengan memiliki halaman toko yang memiliki SEO yang unggul di mesin pencarian.

5. Biaya pengiriman terhitung otomatis

Sistem Bukalapak mampu menghitung biaya pengiriman yang ditanggung oleh pembeli secara otomatis. Dengan demikian, tidak ada lagi kerepotan dalam menghitung biaya seperti ini karena semuanya sudah ada sistem yang ciamik.

Tata Cara Jualan di Bukalapak

Setelah menyelam manfaat-manfaat Bukalapak dalam mendukung Kamu berjualan, kini sudah saatnya kamu mengetahui dan mengikuti cara jualan di Bukalapak. Kamu hanya perlu mendaftar untuk memiliki akun Bukalapak. Setelah itu, Kamu sudah bisa langsung mengunggah produk dan mengisi kelengkapannya untuk berjualan barang bersama Bukalapak.

Terdapat berbagai langkah yang bisa kamu tempuh untuk membuat akun Bukalapak. Kamu dapat memanfaatkan e-mail, nomor telepon genggam, akun Facebook, hingga akun Google. Yuk, ikuti caranya!

Cara Jualan di Bukalapak: Membuat Akun dengan E-mail atau Nomor Telepon Genggam

  1. Pilih menu “Daftar” pada bagian kanan atas halaman utama Bukalapak dan klik menu tersebut
  2. Ketik alamat E-mail atau nomor HP Kamu di kolom yang sudah disediakan. Kemudian, lengkapi data pribadi Kamu dengan benar. Setelah itu, klik “Daftar” untuk ke tahap selanjutnya.
  3. Buka e-mail yang kamu daftarkan untuk menjalani aktivasi dari Bukalapak. Cari e-mail yang berjudul “Segera Lakukan Konfirmasi Email”. Kemudian, klik “Konfirmasi Email”

 

Cara Jualan di Bukalapak: Membuat Akun dengan Akun Facebook

  1. Pilih menu “Daftar” pada bagian kanan atas halaman utama Bukalapak dan klik menu tersebut
  2. Pilih dan klik tombol “Daftar dengan Facebook”
  3. Login ke akun Facebook Kamu dan masuk ke halaman Facebook
  4. Kemudian, akses website Bukalapak
  5. Klik tombol “Login” yang ada di bagian kanan atas halaman utama Bukalapak. Lalu, klik "Login dengan Facebook"
  6. Klik "Lanjutkan Sebagai [Nama akun Facebook yang Kamu daftarkan]"
  7. Klik “Ok” ketika pop-up menu yang menyatakan bahwa Bukalapak meminta izin dalam mengakses informasi akun Facebook Kamu
  8. Lengkapi data pribadi Kamu dengan benar. Setelah itu, klik “Daftar”

 

Cara Jualan di Bukalapak: Membuat Akun dengan Akun Google

  1. Pilih menu “Daftar” pada bagian kanan atas halaman utama Bukalapak dan klik menu tersebut
  2. Pilih dan klik “Daftar dengan Google”
  3. Log in ke akun Google dan masuk ke halaman Google
  4. Klik “Izinkan” ketika pop-up menu yang menyatakan bahwa Bukalapak meminta izin dalam mengakses informasi akun Google Kamu
  5. Lengkapi data pribadi Kamu dengan benar. Setelah itu, klik “Daftar”

Setelah memiliki akun, kamu perlu untuk memastikan apakah kamu sudah log in di akun Bukalapak milik Kamu, alamat lengkap serta nomor HP sudah terisi, nomor HP sudah terkonfirmasi di halaman pengaturan. Jika semuanya sudah dipastikan aman, Kamu sudah bisa menjual produk melalui Bukalapak dengan klik icon “Lapak Saya” dan klik “Mulai Jualan”.

Baca Juga: Jenis-Jenis Wirausaha yang Perlu Dipahami Pebisnis

Cara Jualan di Bukalapak yang Sukses

Selepas mempelajari cara jualan di Bukalapak dari segi operasional, Kamu perlu mengetahui cara jualan di Bukalapak yang berhasil supaya kamu semakin semangat dalam berjuang di bisnis ini, nih.

Yang pertama

Kamu perlu memasang gambar barang terbaik untuk menarik perhatian calon pembeli. Kamu juga perlu memastikan berkali-kali kualitas produk dan pengemasannya sebelum pesanan dikirim supaya pembeli merasa terpuaskan sehingga menaruh ulasan yang baik di toko Kamu.

Yang kedua

Kamu perlu memanfaatkan fitur-fitur keren yang disediakan dan ditawarkan oleh Bukalapak untuk mendorong dalam meningkatkan keuntungan bisnis yang kamu jalani ini. Contohnya adalah fitur “Push” yang mana akan menampilkan produk yang kamu jual di halaman pertama. Dengan demikian, produk kamu yang akan lebih dulu dilirik oleh calon pembeli.

Yang ketiga

Kamu perlu menggunakan fitur BukaModal. Fitur ini membantu orang-orang yang ingin berjualan atau mengepakkan sayap bisnis lebih lebar lagi namun tidak memiliki modal atau uang tambahan dengan cara meminjamkan dana.

Apabila Kamu masih terlalu awam dalam mengatur bisnis online sehingga merasa kelimpungan, kamu bisa memanfaatkan aplikasi Koala, loh! Ini merupakan aplikasi andalan para pebisnis online baru di mana kamu bisa mengatur transaksi, membalas chat, hingga mengecek biaya pengiriman. Yuk, daftar sekarang!