Jenis-Jenis Wirausaha yang Perlu Dipahami Pebisnis

9 September 2022

Jenis-jenis wirausaha itu ada banyak macamnya. Ya, di era yang serba maju dan serba teknologi sekarang ini, istilah wirausaha memang sudah tidak asing lagi di telinga kita. Dengan pesatnya perkembangan dunia bisnis sekarang, ini, jenis-jenis wirausaha pun bermunculan dan menjadi peluang bisnis baru yang menguntungkan.

Bagi kamu yang ingin jadi salah satu pelaku bisnis dan turut ambil andil dalam perekonomian negara, maka kamu perlu memahami dulu jenis-jenis wirausaha yang ada. Sebelum memasuki pembahasan jenis-jenis wirausaha, kita mulai dengan pengertian dari wirausaha itu sendiri terlebih dahulu. Simak di bawah ini, ya!

 

Pengertian Wirausaha

Sebenarnya, apa itu wirausaha? Wirausaha adalah suatu kegiatan untuk melihat kesempatan yang ditemukan, kemudian mengaturnya untuk menjadi suatu usaha, mengambil risiko dalam menjalankannya, dan mengembangkan usaha tersebut agar mendapatkan keuntungan.

Nah, bagaimana dengan orang yang melakukannya? Nah, orang yang melakukan kegiatan wirausaha disebut sebagai wirausahawan. Wirausahawan adalah orang-orang yang berani mengambil risiko dan mampu berpikir kreatif untuk memanfaatkan dan mengembangkan sumber daya di sekitarnya.

Baca juga: Mengelola Jualan Menggunakan Strategi Pemasaran Produk

Jadi, bagi kamu yang tidak takut untuk mengambil kesempatan dalam mengembangkan suatu ide demi mendapatkan keuntungan, maka kamulah yang disebut sebagai wirausahawan. Atau, bisa juga disebut pelaku bisnis.

Sebelum mengambil title wirausahawan yang sesungguhnya, ada baiknya kamu memahami jenis-jenis wirausaha yang ada untuk membantu menentukan jenis mana yang ingin kamu coba. Yuk, kita masuk dalam pembahasan jenis-jenis wirausaha berikut ini!

 

Jenis-Jenis Wirausaha

Tiap orang tentunya memilih untuk menjalankan bisnis mereka berdasarkan kepribadian, keterampilan, dan karakteristik mereka sendiri.

Sebagian orang berpikir bahwa kerja keras adalah kunci untuk dapat menemukan kesuksesan, sementara sebagian yang lain mungkin menggunakan modal untuk membantu mereka mencapainya. Bagi beberapa pengusaha, keuntungan kurang penting daripada menyediakan barang untuk menjawab permasalahan sosial, beberapa lainnya berpendapat sebaliknya.

Meskipun setiap jenis wirausahawa mengalami tantangan yang sama, mungkin cara yang dipilih wirausahawan untuk mengatasinya akan berbeda. Setiap jenis wirausaha melihat tantangan dengan cara yang unik dan sumber daya yang dimilikinya pun berbeda-beda untuk mengatasinya.

Untuk memahami perbedaan-perbedaan yang ada tersebut, erikut adalah jenis-jenis wirausaha di antaranya:

Jenis-Jenis Wirausaha Besar

Jenis pertama dari jenis-jenis wirausaha yang ada adalah wirausaha besar. Wirausaha besar adalah jenis kewirausahaan ketika sebuah perusahaan memiliki jumlah siklus hidup terbatas.

Jenis ini dikhususkan pada profesional tingkat lanjut yang memiliki pemahaman tentang cara untuk mempertahankan inovasi. Perusahaan besar biasanya menciptakan layanan dan produk baru berdasarkan selera konsumen agar dapat terus memenuhi permintaan pasar.

Wirausaha perusahaan kecil bisa berubah menjadi perusahaan besar saat sudah berkembang pesat, termasuk saat perusahaan besar mengakuisisi mereka.

Baca juga: Mengelola Jualan Menggunakan Strategi Pemasaran Produk

Jenis-Jenis Wirausaha Kecil

Kebanyakan wirausahawan bermula dari usaha kecil. Banyak yang tertarik dengan jenis wirausaha kecil karena menghasilkan keuntungan yang mampu menopang keluarga mereka dan memiliki gaya hidup sederhana. Wirausahawan dalam jenis ini biasanya tidak mencari keuntungan yang berskala besar atau pendanaan ventura.

Jenis wirausaha ini biasanya terjadi saat seseorang memiliki dan menjalankan bisnisnya sendiri. Mereka kemudian mempekerjakan karyawan lokal atau anggota keluarga untuk membantu menjalankan bisnisnya.

Jenis-Jenis Wirausaha Sosial

Seorang wirausahawan yang ingin memecahkan permasalahan sosial dengan produk dan jasa yang diciptakannya termasuk dalam jenis wirausaha ini. Tujuan utama dari wirausaha ini adalah untuk membuat dunia menjadi tempat yang lebih baik.

Wirausahawan di sini tidak mengharapkan keuntungan besar ataupun kekayaan dalam melakukan pekerjaannya. Sebaliknya, mereka cenderung membangun perusahaan yang lebih mendedikasikan diri untuk kebaikan sosial, atau memulai organisasi nirlaba (non-profit).

Jenis-Jenis Wirausaha Industri Kreatif

Jenis yang satu ini terbilang populer dan diminati di Indonesia. Wirausahawan dalam jenis ini kebanyakan adalah kaum muda yang memiliki ide-ide kreatif. Wirausaha industri kreatif sangat mengandalkan kreativitas agar mampu menjawab peluang bisnis yang sedang berkembang di pasar.

Jenis-Jenis Wirausaha Startup yang Skalabel

Dalam jenis wirausaha ini, wirausahawan percaya bahwa perusahaan mereka dapat membawa perubahan pada dunia. Wirausaha ini biasanya mendapatkan dana dari ventura dan mempekerjakan karyawan khusus. Startup yang diskalakan biasanya mencari hal-hal yang hilang dari pasar dan menciptakan solusi untuk hal tersebut.

Jenis-Jenis Wirausaha Hustler

Pasti kamu pernah mendengar tentang seorang pebisnis kecil yang ingin membuat bisnisnya menjadi lebih besar, bukan? Ya, orang-orang itu biasanya mengutamakan kerja keras daripada modal dalam tiap langkah bisnis yang diambilnya.

Mereka bersedia melakukan apa yang dibutuhkan untuk mencapai tujuan yang diinginkan. Wirausahawan dalam jenis yang satu ini tidak mudah menyerah dan berani menghadapi tantangan demi tujuan yang diinginkan tersebut.

Jenis-Jenis Wirausaha Inovator

Jenis wirausaha ini memiliki orang-orang yang terus menemukan ide-ide dan penemuan-penemuan baru di dalamnya. Ide-ide yang diambil tersebut akan diubah menjadi usaha bisnis dengan tujuan untuk mengubah cara hidup orang banyak menjadi lebih baik.

Inovator adalah orang yang sangat memiliki semangat serta motivasi tinggi. Mereka akan mencari banyak cara untuk membuat produk dan layanannya lebih menonjol di pasaran.

Jenis-Jenis Wirausaha Peniru

Wirausahawan dalam jenis yang satu ini terinspirasi dari ide bisnis pebisnis lain, tapi dengan perbaikan atau perubahan yang ditambahkan. Mereka berusaha untuk membuat produk dan layanannya menjadi lebih baik dan lebih menguntungkan. 

Wirausahawan di sini merupakan gabungan dari hustler dan inovator. Mereka akan selalu bekerja keras dan memikirkan ide-ide baru tetapi dimulai dengan meniru orang lain. Dengan begitu, mereka jadi bisa belajar dari kesalahan orang yang ditirunya saat akan membangun bisnisnya sendiri.

Jenis-Jenis Wirausaha Pembeli

Wirausahawan di sini lebih memilih untuk menggunakan sumber daya atau kekayaan yang mereka miliki sebagai ‘bahan bakar’ bisnis yang dijalankan.  Wirausahawan dalam jenis ini menggunakan kekayaannya untuk membeli sebuah bisnis yang mereka anggap akan sukses di masa depan.

Prosesnya, mereka akan mengidentifikasi bisnis apa saja yang menjanjikan, lalu mencari, kemudian mendapatkannya. Setelah itu, mereka akan mengubah manajemen atau struktur perusahaan yang sekiranya perlu. Tujuannya adalah untuk mengembangkan bisnisnya dan memperluas keuntungan.

Jenis-Jenis Wirausaha Peneliti

Dalam memulai bisnisnya, wirausahawan di sini akan melakukan penelitian sebanyak mungkin sebelum menawarkan produk atau layanannya. Dengan persiapan dan informasi yang tepat, mereka yakin peluang untuk sukses pun akan jadi lebih tinggi.

Wirausahawan akan memastikan bahwa mereka memiliki pemahaman mendalam tentang aspek bisnisnya. Mereka biasanya lebih mengandalkan fakta, data, dan logika daripada intuisi.

 

Itulah jenis-jenis wirausaha yang perlu kamu pahami sebelum memulai bisnismu sendiri. Cocokkan dengan karakteristik dan kemampuan kamu sendiri, ya. Apapun yang kamu pilih, yang penting selalu utamakan untuk mendapatkan keuntungan yang stabil.

Jangan lupa gunakan juga Koala App untuk membantu pengelolaan bisnismu. Pengelolaan transaksi, pemeriksaan harga pengiriman, dan pengelolaan kontak konsumen semua dapat kamu lakukan dalam satu aplikasi. Praktis dalam satu sistem saja!