Tokoh Wirausaha yang Sukses dan Survive dalam Berbisnis

13 Juni 2022

Hayo, siapa nih yang punya cita-cita ingin menjadi tokoh wirausaha yang sukses dan muda? Berwirausaha memang dibutuhkan adanya semangat, kerja keras, keberanian, konsistensi, dan tekad yang kuat untuk mewujudkan mimpi sebagai pengusaha sukses.

Untuk mencapai suatu kesuksesan, pastinya kegagalan kerap terjadi dan menjadi sebuah risiko yang harus siap ditanggung oleh pengusaha yang baru merintis atau yang sudah lama berwirausaha.

Meskipun tidak mudah, ternyata banyak tokoh wirausaha yang sukses asal Indonesia yang sudah berhasil mengembangkan dan mendirikan bisnisnya. Berikut tokoh wirausaha yang sukses yang bisa dijadikan contoh. Yuk, langsung disimak!

1. Edward Tirtanata dan James Prananto - Kopi Kenangan

Edward Tirtanata dan James Prananto

Siapa nih yang suka sama kopi kekinian? Pastinya sudah nggak asing lagi sama brand Kopi Kenangan. Yup, ternyata yang ngebuat Kopi Kenangan ini adalah salah satu dari tokoh wirausaha yang sukses di Indonesia, yaitu Edward Tirtanata dan James Prananto.

Mereka mempunyai ide untuk membuat coffee shop dengan harga yang terjangkau dan juga meracik kopi berkualitas. Selain itu, tokoh wirausaha yang sukses ini juga melihat adanya masalah kesenjangan antara kafe kelas atas sama kedai kopi kecil di pinggir jalan.

Nah, tokoh wirausaha yang sukses ini memutuskan untuk melahirkan Kopi Kenangan sebagai jembatan penghubung kesenjangan tersebut.

Hingga kini, Kopi Kenangan berhasil berkembang terus menerus sampai memiliki 600 gerai di 45 kota. Dengan keberhasilan yang diraih, Kopi Kenangan mendapatkan pendanaan seri C dengan nilai valuasi mencapai USD333 juta  atau setara dengan Rp4,9 triliun.

Hal ini memberikan kesempatan untuk dapat terus memajukan bisnis. Tak heran, tokoh wirausaha yang sukses ini masuk dalam Forbes 30 Under 30 sebagai tokoh wirausaha yang sukses di Asia Pasifik.

Mereka membuka usaha Kopi Kenangan pertama kali pada tahun 2017 di Menara Standard Chartered, Jakarta Selatan. Kalau soal rasa, Kopi Kenangan memiliki citra rasa kopi susu yang nikmat dan menyegarkan, nama Kopi Kenangan mulai dikenal dan digemari para pecinta kopi. 

Hingga saat ini, tokoh wirausaha yang sukses ini sudah memiliki kurang lebih 83 gerai kopi yang sudah menyebar di delapan kota di Indonesia. Belum lama ini, Kopi Kenangan bahkan mendapat bantuan dana dari beberapa investor startup besar. Salah satu investor-nya berasal dari Arrive yaitu sebuah platform pencarian dana yang dikembangkan oleh perusahaan milik Jay Z, Roc Nation. Keren juga ya!

 

2. Amanda Susanti - Sayurbox

Amanda Susanti

Tokoh wirausaha yang sukses selanjutnya yaitu Amanda Susanti, founder-nya Sayurbox, sebuah startup e-commerce di bidang pangan. Amanda Susanti berhasil mengambil peluang dalam peralihan metode berbelanja kebutuhan pokok secara online

Tokoh wirausaha yang sukses ini telah sukses membawa Sayurbox sebagai solusi dari masalah utama para petani untuk memutus rantai pasok yang panjang. Dahulu, para petani tidak mempunyai akses langsung ke pasar, namun harus melewati beberapa tahapan pengepul atau tengkulak. Jadi, harga sayur mayur sangat melambung dan di sisi lain, harga yang ditawarkan ke petani jadi berkurang. 

Tokoh wirausaha yang sukses ini menggunakan teknologi demi memangkas jalan penjualan tradisional itu. Alhasil, proses dari petani ke konsumen bisa langsung terjadi dan pendistribusian sayur mayur bisa menjadi lebih cepat.

Cara ini merupakan win-win solution bagi konsumen dan petani. Awal kehadiran Sayurbox juga hanya dipromosikan lewat media sosial. Akan tetapi, karena permintaan yang terus melonjak, Sayurbox meng-upgrade-kan diri ke website dan aplikasi.

Dari perkembangannya tersebut, tokoh wirausaha yang sukses ini juga mengalami kesulitan. Misalnya, tidak mempunyai dana yang cukup, tampilan UI UX di aplikasi yang kurang memuaskan, server down, dan lainnya.

Beruntungnya, Amanda bisa melewatinya dan kini Sayurbox mempunyai 1000 pesanan per hari. Pesanan tersebut berasal dari 300 mitra peternakan dan petani lokal untuk 50.000 pelanggan. Mantap..

 

3. Reza Nurhilman - Keripik Maicih

Reza Nurhilman

Maicih adalah cemilan keripik pedas yang diciptakan oleh Reza Nurhilman yang sangat familiar di Indonesia. Tokoh wirausaha yang sukses yang lahir di tahun 1987 ini memulai bisnis keripik Maicih pada tahun 2010.

Awalnya, keripik ini dijual hanya di kota Bandung lewat media sosial. Sekarang, Maicih bisa ditemukan di semua minimarket. Dengan bermodal 15 juta, ia berhasil memajukan bisnisnya menjadi besar. Saat itu, Reza hanya mengandalkan Twitter untuk meraih pembeli lewat agen yang bernama “Jenderal”.

Tak lama setelah itu, bisnis keripik Maicih melonjak dan bisa berpenghasilan di tahun pertama yang mencapai Rp7 Miliar per bulan. Wow, angka yang sangat fantastis!

Baca juga: Cara Membuat Website Toko Online 

 

4. Muhammad Alfatih Timur - Kitabisa.com

Muhammad Alfatih Timur

Tokoh wirausaha yang sukses ini namanya sudah nggak asing lagi. Yup! Muhammad Alfatih, ia adalah pendiri Kitabisa.com. Website ini untuk berdonasi atau penggalangan dana bagi seluruh masyarakat Indonesia yang memerlukan bantuan cepat.

Sebagai tokoh wirausaha yang sukses, ia sempat masuk ke majalah Forbes dalam kategori pengusaha sukses di bawah umur 30 tahun. Menjadi social entrepreneur berarti mempunyai misi untuk penggerak ekonomi masyarakat.

Nah, Kitabisa.com ternyata berhasil menyediakan lebih dari 31.846 pengumpulan dana sosial, 2.801.425 orang yang bergabung, dan lebih dari Rp 815 milyar donasi bisa dikumpulkan.

Tokoh wirausaha yang sukses ini berniat mendirikan usahanya dengan melihat kenyataan di sekelilingnya. Nyatanya, banyak juga orang yang membutuhkan pertolongan karena berbagai masalah yang muncul dan yang sulit untuk mengatasi masalah tersebut.

Dengan itu, Kitabisa.com sebagai platform yang hadir untuk menyediakan layanan bantuan bagi yang membutuhkan. Dan sampai sekarang, Kitabisa.com sering kali viral melalui influencer yang ikut mempromosikan. 

 

5. Belva Devara - Ruangguru

Belva Devara

Belva Devara adalah salah satu tokoh wirausaha yang sukses di usia muda yaitu pemilik dari Ruangguru, sebuah platform pendidikan online di Indonesia. Belva menciptakan Ruangguru bersama Iman Usman. Belva sudah merencanakan untuk memulai bisnisnya sejak bangku kuliah.

Saat S1, Belva berkuliah di NTU jurusan Ilmu Komputer. Lalu, Belva ternyata berhasil mendapatkan beasiswa S2 dan mempunyai dua jurusan sekaligus di Harvard dan Stanford jurusan Manajemen dan Kebijakan Publik. Dari ilmu yang ia dapatkan, Belva bisa mendirikan bisnis pendidikan secara online.

Yang awalnya ia cuma mempunyai kurang dari sepuluh orang karyawan, tokoh wirausaha yang sukses ini sekarang bisa mempunyai ribuan karyawan di Indonesia maupun Vietnam.

Nah, itu dia contoh tokoh wirausaha yang sukses masa kini yang sudah melewati asam dan garam kerasnya perjuangan. Sangat inspiratif, bukan? Bagi kamu yang mau buka usaha, bisa pikirkan cara berinteraksi dengan konsumen seperti apa supaya memudahkan kamu dalam berbisnis.

Kamu bisa pilih sistem yang nggak perlu pindah aplikasi lain dan mudah dalam satu genggaman. Langsung aja cek di Koala, aplikasi untuk merekap transaksi penjualan dan punya metode pengiriman barang dengan aman, lho.