Cara Membuat FB Bisnis untuk Usaha Kecil dan Menengah

29 Agustus 2022

Salah satu hal yang perlu dikuasai oleh pemilik usaha UKM saat ini adalah mengetahui cara membuat FB Bisnis. Ada banyak sekali manfaat yang diperoleh suatu usaha saat mengetahui cara membuat FB Bisnis. Salah satu contoh manfaatnya adalah mempelajari minat pembeli dan menjangkau lebih banyak calon pembeli.

 

Apa yang Dimaksud FB Bisnis?

FB Bisnis atau Facebook Bisnis adalah halaman Facebook yang bisa digunakan oleh perusahaan, organisasi, Usaha Kecil, Seniman, Public Figure, dan lainnya. Dengan menggunakan FB Bisnis mereka bisa membagikan informasi terbaru, contact person, konten terbaru, mempromosikan acara, hingga promosi penjualan. Usaha yang memiliki halaman FB Bisnis juga bisa menghubungkan dengan toko di mana mereka bisa menjual produk mereka.

 

Cara Membuat FB Bisnis

Jika kamu belum mengetahui bagaimana cara membuat FB Bisnis yang paling mudah, kamu bisa terus menyimak artikel ini dan mempelajari bagaimana cara membuat FB Bisnis dan juga apa saja manfaat yang bisa kamu dapatkan dari FB Bisnis.

 

1.Daftar Facebook 

Hal pertama dalam cara membuat FB Bisnis yang perlu kamu lakukan adalah mendaftar pada Facebook. Jika kamu tidak memiliki akun Facebook maka kamu akan kesulitan membuat FB Bisnis. Untuk mendaftar, caranya sangat mudah. Kamu hanya perlu mengunjungi facebook.com/pages/create lalu kamu akan diarahkan untuk membuat halaman untuk usahamu.

Selanjutnya kamu akan diminta mengisi data lengkap seperti nama halaman dan kategori usahamu. Pastikan kamu menuliskan nama usahamu dengan jelas sehingga pelanggan dengan lebih mudah menemukan halaman FB Bisnis milikmu. Untuk kategori usaha, kamu bisa memilih bidang usaha yang kamu lakukan. Misalnya jika kamu memiliki usaha Food and Beverages maka kamu bisa memasukkan kategori snack atau makanan.

Pada kolom Deskripsi, kamu perlu menjelaskan usahamu dengan singkat dan jelas. Jangan menulis terlalu panjang karena bisa membuat pelanggan yang membaca bosan dan bingung. Deskripsi lebih baik ditulis secara singkat dan jelas. Contohnya untuk Deskripsi usaha makanan ringan adalah “Snack ABC yang gurih dan pedas siap kirim ke seluruh wilayah Indonesia”.

Baca Juga: Contoh Strategi Harga Coret yang Bikin Jualan Laris Manis
 

2. Tambahkan Foto

Tahap cara membuat FB Bisnis selanjutnya adalah menambahkan foto yang menarik untuk halaman FB Bisnis usahamu. Foto ini akan menjadi foto profil dari halaman FB Bisnis usahamu. Jadi pastikan foto tersebut adalah foto yang sesuai dengan usahamu dan merepresentasikan usahamu.

Hal lain yang juga perlu dipertimbangkan saat menambahkan foto adalah kualitas foto yang digunakan. Selain foto menarik, foto yang merepresentasikan usaha juga harus memiliki resolusi yang tepat sehingga bisa diterima oleh FB Bisnis.Facebook sendiri merekomendasikan bahwa resolusi foto yang bisa digunakan adalah 1640 x 856 pixels.
 

3. Menghubungkan FB Bisnis dengan Platform Lain

Langkah satu ini adalah langkah yang bisa dilewatkan. Kamu bisa menghubungkan FB Bisnis dengan platform usahamu yang lain seperti Instagram dan Whatsapp atau produk Meta lainnya. Cara menggabungkannya juga sangat mudah. FB Bisnis menyediakan pilihan Connect to Whatsapp sehingga kamu hanya perlu memasukkan nomor kontak whatsapp usahamu agar pembeli bisa menghubungimu dengan mudah.
 

4. Buat Username Unik

Username unik adalah salah satu bagian dari cara membuat FB Bisnis yang tidak boleh dilewatkan. Username yang unik akan memudahkanmu saat membagikan halaman usahamu atau membantu pelanggan menemukan halaman FB Bisnis milikmu.

Membuat Username unik adalah cara sederhana agar pelanggan bisa dengan mudah menemukanmu di Facebook di antara ribuan halaman usaha FB Bisnis. Username yang digunakan bisa memiliki hingga 50 karakter.

Caranya adalah kamu bisa klik create username di tampilan halaman FB Bisnismu. Kemudian kamu perlu menuliskan Username yang ingin kamu gunakan. Jika tanda centang hijau muncul, berarti nama tersebut tersedia untuk digunakan. Namun, jika tanda centang hijau tidak muncul berarti kamu perlu mencari alternatif nama lain untuk username usahamu. Contoh username yang bisa digunakan untuk usaha bernama Snack ABC adalah SnackABC, SnackABCIndonesia, dan lainnya.
 

5. Tambahkan Detail Bisnismu

Cara membuat FB Bisnis selanjutnya adalah menambahkan detail bisnismu. Detail bisnis sangat perlu untuk dimasukkan agar pelanggan bisa mendapatkan informasi bisnis yang mereka perlukan dengan mudah dari FB Bisnismu. Contohnya detail bisnis seperti pukul berapa kamu buka dan website jika ada.

Detail bisnis seperti ini sangat diperlukan oleh halaman FB Bisnis suatu usaha. Pelanggan dapat mendapatkan informasi tentang jam berapa usahamu buka, informasi lengkap tentang produk bahkan kontak secara langsung untuk melakukan pemesanan.
 

6. Masukkan Call to Action

Call to action adalah salah satu cara yang bisa membuat pelanggan langsung melakukan transaksi. Memilih call to action yang tepat akan membantu meningkatkan akses pembeli. Contoh call to action yang tepat misalnya “Hubungi Sekarang!” atau “Pesan Sekarang!”. Ini adalah salah satu cara membuat FB Bisnis yang tidak bisa kamu lewatkan begitu saja karena pengaruhnya sangat besar yang cukup membantu meningkatkan penjualan.

Call to action yang tepat juga merupakan salah satu cara meningkatkan penjualan. Contohnya untuk usaha Snack ABC bisa menggunakan call to action dalam bentuk promo seperti “Beli 1 Gratis 1!” untuk menarik perhatian pembeli. Setelah selesai mengatur semua deskripsi dan detail untuk FB Bisnismu, kamu bisa menyimpan pengaturan tersebut.
 

7. Buat Postingan Pertama

Selanjutnya agar langkah untuk cara membuat FB Bisnis semakin lengkap, kamu bisa mencoba membuat postingan pertama di halaman FB Bisnis usahamu. Langkah cara membuat FB Bisnis sudah cukup mudah sehingga kamu bisa mengikutinya. Akan tetapi, kalau kamu ingin FB Bisnis lebih meningkatkan penghasilan usahamu, kamu bisa  membuat postingan yang menarik. Kamu bisa mulai postingan pertama dengan cara menyapa pelanggan dan menginformasikan bahwa usahamu sudah tersedia di FB Bisnis.
 

8. Undang Teman

Langkah cara membuat FB Bisnis selanjutnya adalah dengan mengundang sebanyak-banyaknya teman atau pelanggan untuk mendukung FB Bisnis milikmu. Kamu bisa mempromosikan lewat iklan atau meminta teman-temanmu memberikan dukungan untuk FB Bisnis milikmu. Kamu juga bisa meminta pelanggan untuk memberikan Like di halaman FB Bisnis usahamu.

Baca Juga: Mengapa Online Shop Adalah Bisnis yang Ramai Pembeli

 

Manfaat FB Bisnis untuk Usaha

 

Beberapa manfaat dari mengetahui cara membuat FB Bisnis adalah:

  • Bisa digunakan untuk Brand awareness. Memperkenalkan usahamu kepada publik adalah hal yang mudah saat kamu mengetahui bagaimana cara membuat FB Bisnis. Alasannya adalah karena mempromosikan usaha untuk brand awareness bisa dilakukan dengan mudah oleh FB Bisnis.
  • Meningkatkan trafik webiste juga bisa dengan mudah dilakukan saat kamu mengetahui cara membuat FB Bisnis. Dalam FB Bisnis terdapat fitur call to action yang bisa kamu arahkan menuju website usahamu. Jadi trafik website akan lebih meningkat.
  • Promosi produk lewat iklan juga merupakan manfaat dari mengetahui cara membuat FB Bisnis untuk usahamu. Meta atau Facebook memiliki platform yang luas. Kamu bisa memasang iklan di Facebook dan mereka akan membantu usahamu meraih calon pembeli yang potensial.
  • Manfaat lain dari mengetahui cara membuat FB Bisnis adalah kamu bisa menggunakan FB bisnis tersebut sebagai layanan pelanggan. Pelanggan bisa menghubungimu lewat halaman Facebook Bisnis usahamu dan kamu juga bisa merespon dengan cepat.

 

Setelah kamu mengetahui cara membuat FB Bisnis untuk usahamu, kamu juga perlu konsisten dalam membagikan informasi seputar usahamu. Mengetahui cara membuat FB Bisnis saja tidak cukup, kamu juga perlu mengelola halaman Fb Bisnis tersebut agar pelanggan bisa lebih dekat dengan usahamu.


Selain mengetahui cara membuat FB Bisnis kamu juga bisa menggunakan KOALA untuk membantumu melayani pelanggan dengan baik. KOALA menyediakan fitur keyboard jualan agar kamu bisa membalas pesan pelanggan dengan mudah dan cepat.