Cara Berjualan di TikTok Shop agar Jualan Laris Manis

29 Agustus 2022

TikTok semakin naik daun menjadi platform sosial media sehingga banyak usaha yang mencari cara berjualan di TikTok Shop agar jualan mereka bisa tetap laris. Viralnya TikTok yang menjadi sosial media untuk generasi muda saat ini membuat cara berjualan menjadi berubah dibandingkan dengan sosial media lain. 

Dibandingkan dengan sosial media lain seperti Facebook dan Instagram, cara berjualan di TikTok Shop sedikit berbeda dengan yang lain. Ini karena konten yang ada di TikTok juga memiliki konsep yang berbeda dengan sosial media lainnya. TikTok bermula sebagai sosial media yang khusus untuk video pendek. Sehingga untuk cara berjualan di TikTok Shop tidak bisa disamakan dengan yang lain.
 

Cara Berjualan di TikTok Shop

Di artikel kali ini akan dibahas seputar bagaimana cara berjualan di TikTok Shop dan apa strategi yang bisa digunakan agar jualan bisa laris.

  1. Daftar Akun TikTok
    Langkah pertama yang perlu kamu lakukan adalah mendaftar akun TikTok. Jika kamu tidak memiliki akun TikTok maka kamu tidak akan bisa berjualan di TikTok Shop. Cara daftar TikTok cukup mudah. Kamu hanya perlu memasukkan data seperti email untuk sign up.
     
  2. Mengubah Akun Menjadi Akun Bisnis
    Langkah selanjutnya adalah mengubah akun yang telah kamu buat menjadi akun bisnis. Mengubah akun TikTok menjadi akun bisnis merupakan salah satu cara berjualan di TikTok Shop yang paling penting. Hanya akun bisnis yang bisa berjualan di TikTok Shop sehingga pastikan kamu mengubah status akun yang kamu buat.
     
  3. Buat Bio yang Menarik
    Bio adalah poin yang menjelaskan apa bisnis dan usaha yang kamu kelola. Jadi pastikan bio dari akun TikTok mu merupakan bio yang mampu menjelaskan apa itu usahamu. Misalnya jika usahamu bergerak di bidang retail, kamu bisa menjelaskan apa yang kamu jual seperti “Jual pakaian wanita ala Korea TERMURAH se TikTok Raya”

    Bio tersebut cukup singkat tetapi siapapun yang mampir ke TikTok Shop milikmu pasti akan penasaran dengan produk yang kamu jual. Jangan lupa untuk menggunakan bahasa yang cukup umum digunakan oleh pengguna TikTok agar bisa mengikuti trend.

 

Tiga langkah di atas merupakan langkah awal untuk cara berjualan di TikTok Shop. agar jualanmu sukses dan laris manis, kamu juga perlu menerapkan strategi untuk cara berjualan di TikTok Shop agar lebih mudah menaikkan penjualan.
 

Baca Juga: Mengenali Arti Repeat Order dan Cara Memaksimalkannya

 

Strategi Cara Berjualan di TikTok Shop agar Laris Manis 

Cara berjualan di TikTok Shop cukup berbeda dengan sosial media lainnya. Kamu perlu memahami siapa saja audience TikTok dan membuat konten yang sesuai dengan mereka. Berikut ini adalah cara berjualan di TikTok Shop agar laris manis.

  1. Rajin Buat Konten
    Cara berjualan di TikTok Shop tentu saja dengan membuat konten yang sebanyak-banyaknya. TikTok memiliki halaman FYP atau For Your Page yang berisi konten-konten yang memang direkomendasikan TikTok untuk audience tertentu. Dengan memanfaatkan FYP atau For Your Page, kamu bisa menarik perhatian banyak calon pembeli.

    Cara agar konten yang kamu buat bisa tampil di FYP adalah dengan membuat konten sebanyak-banyaknya dan membuat konten yang menarik. Karena video TikTok cukup pendek, jadi pastikan 3 detik pertama kontenmu mampu menarik perhatian. Misalnya kamu bisa mencantumkan tulisan “tonton sampe habis buat hasilnya!” atau “ending nya keren banget!”. Pastikan juga menggunakan kata dan kalimat yang sesuai dengan audience TikTok.
     
  2. Mendeskripsikan Produk dengan Jelas
    Ini juga merupakan langkah jitu cara berjualan di TikTok Shop. jika membuat konten yang menjelaskan tentang apa produkmu, pastikan penjelasan tersebut jelas dan singkat. Ingat bahwa video TikTok cukup pendek sehingga kamu harus bisa menarik perhatian paling tidak di 3 detik pertama.

    Contoh sederhananya adalah jika usahamu merupakan usaha retail yang menjual pakaian wanita ala Korea, kamu bisa menjelaskan di 3 detik pertama “Pilihan baju yang bisa bikin kamu mirip Han So Hee”. Kalimat tersebut cukup menarik perhatian calon pembeli sehingga mereka akan bertahan menonton videomu sampai habis.
     
  3. Mengikuti Challenge
    TikTok selalu memiliki challenge setiap bulannya. Cara berjualan di TikTok Shop agar bisa laris manis salah satunya adalah membuat konten untuk mengikuti challenge tersebut. Misalnya adalah challenge tebak lagu atau mengikuti gerakan dance. Mengikuti challenge berarti kamu memiliki kesempatan untuk tampil di FYP dan menarik perhatian calon pembeli.

    Cara berjualan di TikTok Shop ini akan membutuhkan usahamu untuk berinvestasi pada pekerja yang mampu membuat konten TikTok dan selalu update dengan tren yang ada di TikTok.

    Baca Juga: Ini Alasan Bisnis Ritel Cocok Untukmu
     
  4. Gunakan Hashtag
    Salah satu hashtag yang paling sering digunakan adalah #FYP. Dengan menggunakan hastag ini, kesempatan tampil di FYP semakin besar sehingga bisa menjadi strategi cara berjualan di TikTok Shop yang ampuh. Selain hashtag #FYP, TikTok juga memiliki hastag lain yang mereka promosikan. Hastag tersebut berbeda-beda tergantung event yang dilaksanakan.
     
  5. Buat Filter
    Strategi cara berjualan di TikTok Shop yang juga jitu adalah dengan membuat filter untuk usahamu. Filter yang bisa viral di TikTok adalah filter lucu dan unik. Sehingga kamu perlu menyesuaikan dengan usaha yang kamu jalankan. Jika kamu memutuskan untuk memilih strategi cara berjualan di TikTok Shop satu ini, kamu perlu merekrut orang yang mampu membuat filter TikTok. Sehingga filter tersebut dapat dibuat dengan baik.
     
  6. TikTok Live
    TikTok Live adalah strategi cara berjualan di TikTok Shop yang juga ampuh untuk menaikkan penjualan. Dengan melakukan TikTok Live, kamu akan menarik perhatian calon pembeli karena TikTok selalu merekomendasikan Live para penggunanya.

    Buat acara Live TikTok usahamu lebih seru. Misalnya dengan berjualan secara live streaming atau melakukan proses tes produk pada saat Live. sehingga pengunjung yang penasaran mau menonton Live TikTok mu. Salah satu contoh yang sering ditemukan di TikTok adalah creator yang Live menggunakan produk sponsor. Creator tersebut akan menautkan link untuk membeli produk sehingga pengikut creator bisa membeli produk tersebut secara langsung. 
     
  7. Bekerja sama dengan Influencer TikTok
    Cara berjualan di TikTok Shop yang juga bisa kamu lakukan adalah bekerja sama dengan para influencer TikTok. Terdapat berbagai jenis kerjasama yang ada di TikTok. Misalnya paid partnership dan afiliasi. Untuk afiliasi, penjual akan mengirimkan contoh produk secara gratis kepada influencer. Kemudian influencer tersebut akan membuat konten dimana ia sedang menggunakan produk tersebut. Dalam video, influencer akan mencantumkan link untuk membeli.

    Sedangkan untuk paid partnership adalah kerjasama berbayar dimana penjual menyewa secara khusus influencer tersebut untuk mereview produknya. Jika influencer tersebut memiliki jumlah pengikut yang tinggi, maka kesempatan produk terjual juga akan tinggi.
     
  8. Pasang Iklan
    Cara berjualan TikTok Shop yang terakhir adalah dengan memasang iklan. Cara ini bisa kamu lakukan untuk menjangkau calon pembeli lebih luas. Mengiklankan produk lewat TikTok juga memerlukan video. Jadi pastikan video yang kamu buat cukup menarik perhatian.

 

Setelah mengetahui bagaimana cara berjualan di TikTok Shop apakah kamu akan memutuskan berjualan di TikTok Shop juga?


Strategi cara berjualan di TikTok Shop di atas bisa kamu gunakan agar jualanmu laris manis. Setelah jualanmu laris, pastikan kamu memberikan pelayanan terbaik kepada pelanggan menggunakan KoalaApp. KoalaApp memiliki fitur keyboard jualan yang akan membantumu melayani pelanggan 24 jam. Langsung coba KoalaApp sekarang juga!