Faktor Penyebab Kegagalan Wirausaha dan Cara Mengatasinya

3 April 2023

Sebelum memulai bisnis, kamu bisa mempelajari apa saja faktor penyebab kegagalan wirausaha agar tidak terjadi hal yang sama. Gagal menjalankan suatu usaha memang banyak dialami oleh pengusaha. Saat mengalami kegagalan, ada pengusaha yang bisa bangkit lagi tetapi juga ada yang benar-benar terpuruk.

Menjalankan suatu usaha memang bukanlah suatu yang mudah, terutama bagi pemula. Oleh karena itu, sebelum mulai menjalankan usaha diperlukan persiapan yang matang. Tujuannya, ketika ada kendala atau tantangan bisa mengambil keputusan yang tepat. Berikut beberapa faktor penyebab kegagalan suatu wirausaha dan cara mengatasinya.

7 Faktor Penyebab Kegagalan Wirausaha

1. Visi dan Misi yang Tidak Jelas

Faktor penyebab yang pertama adalah karena visi dan misi usaha yang tidak jelas. Usaha atau bisnis tanpa adanya visi dan misi yang jelas sangat mudah mengalami kegagalan. Pasalnya keduanya merupakan hal yang sangat fundamental. Visi dan misi sangat penting untuk mengkomunikasikan nilai hingga solusi kepada pasar bisnis Anda.

Selain itu, visi dan misi akan membantu kamu untuk terus bisa melangkah di arah maupun strategi yang tepat. Dengan begini maka semua keputusan yang diambil bisa sesuai dengan visi dan misinya. Jadi sebelum mulai menjalankan usaha, tentukan visi dan misinya terlebih dahulu. Pastikan visi dan misinya sudah jelas.

2. Pengalaman

Pemilik bisnis yang belum memiliki pengalaman tentu harus siap menghadapi rintangan yang bertubi-tubi. Jika sedang menghadapi rintangan, jangan sedih karena kamu harus tetap belajar untuk mengasah kemampuan. Menjadi pengusaha yang sukses tidaklah mudah dan perlu merasakan kegagalan agar memahami pola bisnis yang sedang dikembangkan.

Rintangan atau masalah yang dihadapi harus segera diselesaikan dengan baik. Untuk menyelesaikan masalah tersebut maka diperlukan keputusan yang tepat. Bisa menyelesaikan masalah dengan baik bisa menjadi pengalaman yang berharga yang tentunya sangat dibutuhkan dalam menjalankan suatu bisnis.

3. Kurang Memahami Pencatatan Transaksi Keuangan

Menjalankan usaha atau bisnis tidak hanya membutuhkan modal saja, tetapi juga perlu memiliki kemampuan yang mumpuni dalam pencatatan transaksi keuangan. Kurangnya pemahaman tentang pencatatan transaksi keuangan berarti akan kesulitan dalam menentukan aliran kas masuk maupun kas keluar dalam setiap periode.

Selain itu, juga akan kesulitan dalam mencatat rincian penerimaan maupun pengeluaran. Hal ini bisa menyebabkan nominal kas di tangan dengan jumlah kas yang dicatat dalam pembukuan menjadi tidak sama. Supaya hal ini tidak terjadi, disarankan sebelum menjalankan usaha untuk belajar pencatatan transaksi keuangan terlebih dahulu.

Baca Juga : Jenis Laporan Keuangan Untuk Kelola Online Shop Kamu

4. Lokasi Bisnis yang Kurang Memadai

Salah satu faktor suksesnya bisnis yang dijalankan adalah lokasinya bisnis berada di tempat yang strategis. Apabila lokasi bisnis tidak strategis dan berada di tempat yang sepi dan sulit dijangkau masyarakat, maka bisnis akan mudah mengalami kegagalan. Lokasinya yang sulit dijangkau membuat masyarakat malas berbelanja sehingga penjualannya sangat minim.

Lokasi memiliki peran yang penting dalam kesuksesan suatu bisnis. Maka dari itu, cari lokasi bisnis di tempat yang strategis dan mudah dijangkau oleh masyarakat. Pastikan juga lokasi yang dipilih berada di tempat yang ramai.

5. Bukan Didorong Oleh Kemauan Sendiri

Faktor penyebab kegagalan wirausaha selanjutnya yaitu membuka usaha bukan didorong oleh kemauan sendiri. Selama ini banyak orang yang terjun ke dunia usaha bukan karena kemauan sendiri tetapi karena dorongan orang di sekitarnya. Hal ini bukanlah suatu yang baik karena memulai suatu usaha diperlukan persiapan dan perencanaan yang matang.

Minimnya pengetahuan perihal dunia usaha seperti teknik marketing, penentuan target pemasaran dan konsumen, penentuan pangsa pasar, keterampilan mengelola SDM dan sebagainya sebaiknya dihindari. Kalau memang tertarik dengan dunia usaha sebaiknya lakukan persiapan dan perencanaan yang matang agar usahanya bisa berkembang.

6. Tidak Segera Beradaptasi dengan Perkembangan Zaman

Ketika mendirikan usaha, kamu harus siap dengan segala perkembangan zaman yang semakin cepat. Contohnya jika sebelumnya penjualan produk hanya dilakukan secara offline dengan membuka toko, saat ini kamu harus mulai berjualan produk secara online dengan membuka toko online di marketplace.

Alasannya karena kemajuan zaman akan mempengaruhi perkembangan teknologi yang semakin canggih. Segera beradaptasi dengan perkembangan zaman bisa memberikan banyak keuntungan. Pasalnya banyak masyarakat yang suka belanja online sehingga penjualan akan meningkat. Jika tidak segera beradaptasi berarti harus siap rugi dan gulung tikar.

7. Strategi Pemasaran yang Buruk

Wirausaha yang sukses tidak hanya bisa memproduksi produk yang berkualitas baik saja, tetapi juga harus bisa menentukan strategi pemasaran yang tepat. Berbagai produk berkualitas yang diciptakan tidak ada gunanya jika tidak bisa memasarkannya kepada konsumen dengan tepat.

Cara mengatasi masalah ini yaitu harus menentukan strategi pemasaran yang tepat. Penggunaan strategi pemasaran yang tepat tentu akan mempengaruhi penjualan. Dimana penjualan akan terus meningkat sehingga keuntungan yang didapatkan juga semakin besar.

Baca Juga : Perbedaan Pemasaran dan Penjualan yang Wajib Diketahui

Cara Mengatasi Kegagalan Wirausaha

Ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi wirausaha. Berikut beberapa cara mengatasinya:

  • Memiliki harapan yang realistis.
  • Mampu untuk mengembangkan usaha serta memiliki tujuan yang jelas.
  • Memiliki kemauan untuk membuat rencana secara detail.
  • Bekerja keras.
  • Memiliki tujuan pribadi yang jelas.
  • Mampu mengatasi kekhawatiran.
  • Mudah beradaptasi dengan perkembangan zaman maupun teknologi.

Itulah beberapa faktor penyebab kegagalan wirausaha dan cara mengatasinya. Setiap kegagalan wirausaha yang dialami pasti ada cara untuk mengatasinya. Meski begitu, kegagalan bisa dihindari dengan melakukan persiapan dan perencanaan yang matang sebelum memulai usaha.

Salah satu cara mengembangkan usaha yang harus kamu lakukan adalah menggunakan Koala+ yang memudahkan pengelolaan jualan online bagi pemilik toko online. Dengan Koala+, pengelolaan transaksi jualan online bisa dilakukan dengan mudah dan otomatis.

Berbagai keuntungan yang didapatkan saat menggunakan Koala+, tidak terlepas dari berbagai fitur yang dimilikinya. Koala+ dilengkapi oleh fitur-fitur seperti Broadcast Message, Chatbot, Manajemen Produk & Transaksi dan Live Customer Service. Jadi tunggu apalagi daftar Koala+ sekarang juga.