Sales Force Adalah: Pengertian, Tugas, Manfaat dan Fungsinya

31 Maret 2023

Sales force adalah bagian perusahaan yang memantau semua kegiatan tim penjualan selama promosi dan menjalankan strategi pemasaran. Ini artinya bagian tersebut berperan penting dalam kesuksesan perusahaan. Dalam dunia bisnis, promosi memang menjadi satu kunci untuk meraih kesuksesan. Agar promosi berjalan lancar, kehadiran sales force sangat dibutuhkan. Agar bisa lebih memahami apa itu sales force, mari langsung saja simak ulasannya disini sampai selesai.

Apa Itu Sales Force?

Sales force adalah sekelompok orang yang biasanya memiliki tugas serta tanggung jawab dalam penjualan serta layanan perusahaan. Dapat dikatakan, sales force ini merupakan tenaga penjualan utama.

Mengapa menjadi tenaga penjualan utama? Karena tanggung jawabnya untuk menopang kelangsungan proses bisnis di sebuah perusahaan. Tak hanya itu, fungsi utama sales force adalah menjaga semua komponen dalam kegiatan penjualan.

Profesi ini juga harus menjaga hubungan baik dengan para pelanggan, menyusun serta merancang strategi penjualan dengan terperinci. Bahkan juga perlu melakukan pengumpulan insight yaitu umpan balik dari konsumen.

Tak jarang juga, sales force menjadi staf yang mengelola teknologi penunjang peningkatan penjualan pada satu produk perusahaan. Oleh karena itu, sales force menjadi aspek penting untuk manajemen pemasaran, penjualan, serta customer relations.

Baca Juga : Fungsi Customer Relationship Serta Tips Membangunnya

Tugas Sales Force

Tugas sales force adalah menjual produk secara efektif agar bisa mencapai target penjualan perusahaan. Selain itu, ada beberapa tanggung jawab lain yang juga harus dipenuhi staf sales force sebagai berikut:

1. Melakukan Penjualan

Tugas sales force yang pertama adalah sebagai departemen penjualan yang mempunyai kewajiban untuk menawarkan produk perusahaan kepada calon pelanggan.

Terkait dengan penjualan sales force juga harus memastikan produk yang dijual sampai ke pelanggan dengan kondisi yang masih baik.

2. Memenuhi KPI (Key Performance Indicator)

Pada sebuah bisnis ada KPI atau target pencapaian besar yang perlu diwujudkan dalam waktu atau periode tertentu. Dimana KPI ini tidak hanya berorientasi sektor pendapatan saja tapi mencakup kinerja tim penjualan.

Dapat dikatakan sales force juga berkaitan erat dengan besaran insentif yang nanti diterima setiap karyawan yang dilihat berdasarkan evaluasi kinerja.

3. Berhubungan Baik dengan Konsumen

Tugas penting lain sales force adalah menjaga hubungan baik dengan para pelanggan. Ini menjadi faktor utama dari keberhasilan bisnis. Jadi penting untuk memperhatikan konsumen secara maksimal.

Memikirkan bagaimana caranya bisa membuat pelanggan atau konsumen merasa nyaman dan terpuaskan.

Manfaat Sales Force

Dari tugas-tugas sales force dapat diatas dapat terlihat apa saja manfaat dari sales force tersebut. Dengan menerapkan aspek-aspek tersebut, sales force bisa memberikan peningkatan pada pertumbuhan bisnis.

Secara tidak langsung pelaku usaha bisa memperoleh informasi secara langsung tentang customer journey. Nantinya dapat digunakan untuk evaluasi agar bisa lebih berkembang lagi.

Perusahaan juga otomatis melakukan pemantauan efektivitas dari KPI. Serta mengotomatisasi komunikasi dengan konsumen. Hingga mendapatkan laporan penjualan secara komprehensif. Pengelolaannya pun jadi lebih mudah untuk sales dan marketing.

Baca Juga : Cara Follow Up Customer Supaya Cepat Closing

Fungsi Sales Force

Sebelumnya sudah dijelaskan fungsi sales force adalah melakukan penjualan sehingga bisa meningkatkan pendapatan perusahaan secara signifikan. Untuk mengetahui fungsi lainnya, kamu bisa simak dibawah ini:

1. Membangun Brand Awareness

Pengguna yang memiliki potensi menjadi konsumen membutuhkan interaksi serta kesempatan dalam menggunakan serta mencari tahu tentang produk perusahaan. Sales force dapat mewujudkan ini dengan memanfaatkan media sosial dan website.

2. Menaikkan Loyalitas Konsumen

Dengan membangun brand awareness secara tidak langsung sales force juga meningkatkan pelayanan dan loyalitas pelanggan. Hal ini karena ketika membangun brand awareness maka harus berinteraksi langsung dengan konsumen melalui medsos atau website perusahaan.

Selain itu tugas membuat compensation plan juga turut membantu dalam menaikkan loyalitas konsumen. Untuk sales force, compensation plan yang sering digunakan antara lain menjalin komunikasi, memberi reward, hingga mengadakan giveaway.

3. Berperan sebagai Sales Support

Fungsi lain sales force adalah sebagai sales support yang memiliki tugas dalam membantu tim penjualan agar lebih cepat mencapai kesepakatan dengan pelanggan.

Sales support pun juga memiliki fungsi dalam menginvestigasi calon pelanggan, membuat profil dari pelanggan, melakukan riset hingga mengumpulkan informasi pelanggan.

4. Memberikan Layanan Konsumen

Sales force memastikan semua permintaan pelanggan dapat terpenuhi serta bisa menjalin hubungan baik. Jadi sudah menjadi kewajiban bagi sales force untuk memberikan pelayanan terbaik sebagai upaya meningkatkan kepuasan dan loyalty pelanggan.

Itulah penjelasan lengkap mengenai sales force mulai dari pengertian, tugas, manfaat dan fungsinya. Dimana sales force adalah aspek penting yang tidak bisa diremehkan dalam sebuah bisnis. Adanya sales force sangat berpengaruh pada perkembangan bisnis yang sedang dikelola.

Untuk mengembangkan usaha, kamu perlu menggunakan Koala+ yang memiliki fitur premium unggulan mulai dari Broadcast Message, Chatbot, Manajemen Produk & Transaksi hingga Live Customer Service yang siap digunakan untuk mengembangkan bisnis.

Koala+ cocok untuk para pelaku bisnis pemula yang ingin mengelola usahanya jadi lebih efektif. Koala+ bisa membantu meningkatkan penjualan dengan respon cepat chabot dan hemat biaya operasional 52% karena bisa promosi produk lebih direct & massal.

Pelayanan kepada pelanggan jadi lebih mudah dan maksimal karena adanya fitur tersebut. Pelanggan akan terasa lebih diperhatikan dan dihargai. Citra perusahaan pun akan turut terbentuk dengan baik di tengah masyarakat.