Fungsi Customer Relationship Serta Tips Membangunnya

8 November 2022

Penting bagi sebuah bisnis untuk memiliki customer relationship. Dengan begitu, sebuah bisnis memiliki ikatan dengan pelanggan dan begitu juga sebaliknya. Di tengah begitu besar dan kompetitifnya pasar, ada baiknya bagi sebuah bisnis untuk terus membangun dan menjaga customer relationship.

Seperti yang disebutkan sebelumnya, pasar yang ada kian besar dan kompetitif. Bagaimana tidak, sekarang akses untuk berjualan semakin mudah. Dengan kemajuan digital, manusia semakin dimudahkan di berbagai sektor. Yang termasuk dalam hal tersebut adalah kemudahan dalam mengakses berbagai sektor, termasuk berjualan.

Sekarang, bisnis online semakin familiar digunakan oleh masyarakat. Masyarakat tentu menyukai hal yang praktis dan bisnis online menyediakan hal tersebut. Orang bisa menghemat biaya, tenaga dan waktu dan berbelanja online. Hal-hal tersebut yang membuat semakin banyak orang yang melakukan transaksi secara online. 

Karena banyak pembeli yang menggunakan online, banyak juga penjual yang beralih atau ikut menggunakan platform online agar dapat meraih jangkauan secara luas. Karena yang seperti kita tahu bersama, melalui platform online, jangkauan yang bisa diraih sangat besar. Jadi sangat masuk akal jika banyak orang yang ingin berjualan online.

Namun, hal tersebut berarti semakin banyak yang berjualan sehingga persaingan pun semakin banyak. Pasar pun semakin kompetitif. Harga dan kualitas produk semakin bersaing dan hal tersebut menyenangkan pelanggan. Namun, tak begitu bagi para penjual. Hal tersebut berarti hanya detail yang dapat membedakan penjual satu dan lainnya.

Oleh karena itu, penjual harus memutar otak agar dapat bersaing di tengah ketatnya persaingan. Mulai dari gencar melakukan promosi, pelayanan yang berkualitas, promo-promo menarik, hingga menjaga hubungan dengan pelanggan. Menjaga hubungan baik dengan pelanggan pastinya akan membawa dampak baik bagi bisnis. Oleh karena itu, penting untuk menjaga customer relationship. 

Apa itu Customer Relationship?

Customer Relationship adalah sebuah strategi pemasaran yang digunakan untuk menjaga hubungan dengan para pelanggan. Menjaga hubungan baik dengan pelanggan sama pentingnya dengan mencari pelanggan baru. Malah, kamu bisa mendapatkan keuntungan dengan menjaga customer relationship.

Dengan menjaga hubungan baik, kamu bisa membuat pelanggan menjadi loyal dengan bisnis yang kamu miliki. Tentu untuk sampai ke tahap tersebut, kamu harus memuaskan pelanggan terlebih dahulu. Jika kamu tidak memuaskan pelanggan, mereka akan memiliki kesan yang kurang baik pada produk maupun bisnismu.

Jika pelanggan loyal dan merasa nyaman dengan bisnis kamu, kemungkinan ia melakukan repeat order tentu akan lebih besar. Di tengah gempuran pasar dan saingan, memiliki pelanggan yang loyal tentu akan melegakan. Dengan banyaknya opsi yang dimiliki para pelanggan, loyalitas mereka menjadi pertanda baik bagi bisnis kamu.

Untuk mencapai hal tersebut, kamu harus membangun customer relationship dengan pelanggan kamu. Kamu bisa membangunnya dengan beberapa hal, seperti:

Baca Juga: Mengenal Arti Repeat Order dan Cara Memaksimalkannya

Meminta Saran dari Pelanggan

Kamu bisa membangun hubungan baik dengan para pelanggan jika kamu meminta saran dari pelanggan. Komunikasi yang baik terjadi jika dilakukan dua arah. Jadi ada baiknya jika kamu menyediakan layanan di mana kamu meminta saran dari pelanggan. Tidak harus muluk, kamu dapat menyediakan kotak layanan saran.

Dari saran-saran tersebut, kamu bisa memanfaatkannya untuk meningkatkan kualitas produk dan layanan yang kamu miliki. Penting bagi para pelanggan agar merasa didengar oleh sebuah bisnis. Hal itulah mengapa banyak bisnis besar memiliki divisi yang mendengarkan keluhan dan membantu para pelanggan.

Berkomunikasi dengan Pelanggan

Kamu juga harus mampu berkomunikasi dengan pelanggan agar terciptanya suatu hubungan. Tidak mungkin suatu hubungan dapat berjalan lancar tanpa adanya komunikasi. Bisnis yang kamu miliki membutuhkan pelanggan. Jadi kamu harus melakukan komunikasi dengan pelanggan secara konstan.

Komunikasi tersebut bisa dimulai dari hal-hal kecil, dimulai dari bertanya apakah pelanggan mempunyai kesan yang baik. Kamu juga bisa berkomunikasi dengan berbagai saluran seperti email ataupun chat dari kontak mereka yang kamu miliki dan memberi update-update terbaru tentang bisnis atau produk yang ada.

Memberi Apresiasi

Jika kamu merasa senang karena pelanggan sudah loyal dengan bisnis kamu, tidak ada salahnya kamu memberikan apresiasi kepada para pelanggan tersebut. Apresiasi akan membuat mereka merasa dihargai meskipun sebenarnya kamu dan pelanggan sama-sama saling membutuhkan.

Apresiasi tersebut bisa dimulai dari hal kecil, dari mengucapkan terima kasih hingga memberikan hadiah. Salah satu contoh yang paling sering terlihat seperti ketika warung kelontong memberikan paket sembako ketika lebaran tiba sebagai bentuk apresiasi. Banyak apresiasi yang kamu bisa mulai bahkan dari gestur kecil. Hal-hal tersebut menunjukkan bahwa kamu menghargai mereka sebagai pelanggan.

Dengan mempunyai customer relationship, kamu berarti ingin memiliki hubungan baik dengan para pelanggan. Seperti yang disebutkan sebelumnya, banyak fungsi yang bisa kamu dapatkan dari customer relationship, yakni:

Fungsi Customer Relationship

Meningkatkan Penjualan

Dengan menjaga hubungan baik dengan para pelanggan, mereka tentu akan merasa dihargai meskipun mereka mengeluarkan uang untuk membeli produk tersebut. Dalam suatu hubungan apapun, penting bagi setiap pihak agar merasa dihargai. 

Jika merasa dihargai, mereka tentu akan semakin loyal kepada produk ataupun bisnismu. Dengan begitu, produk yang kamu jual tentu akan menjadi pilihan utama bagi dirinya. Hal tersebut akan memberikan dampak baik bagi penjualan. Semakin banyak pelanggan yang merasakan hal tersebut, tentu penjualan produk juga akan semakin meningkat.

Baca Juga: Cara Meningkatkan Penjualan baik Online Maupun Offline

Mampu Beradaptasi

Memiliki hubungan yang baik dengan pelanggan artinya kamu mampu berkomunikasi dengan baik. Selain membawa keuntungan, customer relationship juga mempunyai manfaatnya sendiri. Kamu jadi mampu beradaptasi dengan keinginan pelanggan karena kamu mengenali apa yang diinginkan pelanggan.

Di tengah kemajuan yang begitu pesat, penting bagi bisnis untuk mampu beradaptasi. Selain penting mengikuti tren, mengetahui karakteristik pelanggan akan mampu membuatmu menyesuaikan dengan pasar yang ada. Dengan begitu, model bisnis milikmu jadi tidak ketinggalan.

Memuaskan Pelanggan

Salah satu manfaat terbaik dari strategi customer relationship adalah kamu jadi mampu memuaskan pelanggan. Hal paling utama dari suatu bisnis adalah mampu memuaskan pelanggan. Pelanggan loyal dan melakukan repeat order dari pelanggan yang merasa puas dengan kualitas produk dan layanan.

Karena kamu mendengarkan saran dan kritik dari para pelanggan, kamu jadi mengetahui apa yang sebenarnya diinginkan pelanggan serta apa yang kurang dari bisnis kamu jalani. Dengan puasnya pelanggan, hanya akan ada dampak baik dari bisnismu. Kepuasan pelanggan juga dapat menjadi promosi bagi bisnismu. Pelanggan yang puas tentu akan menyebarkan dan merekomendasikan bisnismu.

Demikian adalah penjelasan singkat mengenai customer relationship, serta tips dan manfaat dari menggunakannya. Baik peningkatan kualitas maupun layanan harus dilaksanakan secara bersamaan agar optimal. Pelanggan yang senang dan nyaman akan bagus dan baik bagi bisnis secara keseluruhan. Dengan Koala, kamu dapat terbantu untuk memberikan kualitas layanan yang memuaskan bagi para pelanggan. Salah satunya dengan template chat untuk membalas chat para pelanggan. Tunggu apa lagi? Pakai Koala sekarang juga!