Apa Itu Flash Sale? Ini Cara Membuat dan Meningkatkannya

31 Maret 2023

Pelaku bisnis wajib tahu apa itu flash sale mulai dari cara membuat hingga cara meningkatkan penjualan. Bagi konsumen, flash sale merupakan momen yang ditunggu dan dinantikan karena bisa belanja lebih hemat. Bisa dibilang, flash sale adalah momen spesial bagi pecinta shopping

Dari sisi pengusaha, momen ini bisa menjadi saat-saat penting untuk meningkatkan penjualan. Dengan flash sale, produk-produk akan banyak terjual dan kamu bisa mendapatkan pembeli dengan cepat. Untuk lebih memahami apa itu flash sale, mari simak ulasannya dibawah ini.

Apa Itu Flash Sale? 

Flash sale dapat diartikan sebagai upaya promosi yang biasanya diberikan pelaku usaha dalam waktu tertentu dengan durasi yang sudah ditentukan juga. Kebanyakan pelaku usaha online shop di e-commerce yang menggunakan program ini.

Umumnya flash sale ini dibuat dengan memberikan harga diskon yang lebih besar daripada diskon yang biasanya. Hal ini membuat stok produk jadi terbatas. Secara tidak langsung, konsumen akan dituntut memilih dan membeli barang atau produk flash sale dalam waktu singkat.

Penetapan waktu yang singkat ini membuat aksi impulse buying pada konsumen. Cara ini menjadi strategi yang menarik bagi pasar kepada toko atau produk terkait. Tujuan dari flash sale ini sendiri disesuaikan dengan masalah yang ada pada perusahaan. Ada yang membuat flash sale untuk memaksimalkan penjualan jangka pendek, ada juga untuk menghabiskan stok, hingga untuk meningkatkan brand awareness di tengah masyarakat.

Baca Juga : Brand Positioning: Arti, Jenis dan Manfaat untuk Bisnis

Cara Membuat Flash Sale dan Meningkatkan Penjualan

Melihat dari pengertian dari apa itu flash sale serta tujuan adanya program ini, maka pelaksanaannya tidak boleh asal-asalan. Flash sale ini membutuhkan strategi yang disesuaikan dengan tujuannya.

Jika strategi yang digunakan tepat, flash sale bisa berjalan sesuai dengan rencana. Hasilnya akan memuaskan dan mendatangkan keuntungan. Flash sale adalah bagian dari strategi marketing yang bisa digunakan untuk mendapat keuntungan maksimal. 

Tentunya ada cara yang perlu diketahui supaya program flash sale berhasil serta mendatangkan keuntungan maksimal. Berikut ini beberapa cara membuat dan meningkatkan penjualan melalui flash sale.

1. Tentukan Target Pasar

Hal pertama yang perlu diperhatikan adalah menentukan siapa saja yang menjadi target pemasaran. Ini sangat penting karena setiap target pasar memerlukan pendekatan dan strategi yang berbeda.

Contohnya saja jika ingin mengadakan flash sale untuk toko tas wanita yang model tasnya hanya untuk pelanggan wanita remaja dan dewasa. Maka flash sale harus dilakukan sesuai dengan wanita usia produktif.  Diskon atau potongan harga produk tas remaja dan dewasa yang kekinian harus sesuai.

2. Jumlah Stok

Jika target pasar sudah jelas, selanjutnya pastikan jumlah stok barang flash sale mencukupi permintaan pelanggan yang ada. Ini menjadi faktor penentu, apakah flash sale berjalan dengan lancar atau sebaliknya.

Jadi, harus ada stok persediaan yang aman agar penjualan di saat flash sale tidak ada kendala. Umumnya untuk stok ini dapat mencapai tenggat waktu agar potensi penjualan yang meningkat bisa terbantu. Positifnya pelaku usaha tidak perlu khawatir lagi kehabisan stok suatu produk.

3. Memantau Proses Transaksi

Proses transaksi menjadi salah satu faktor penting dalam mengadakan flash sale. Ketika sedang dalam rangka flash sale usahakan untuk menyediakan beberapa cara pembayaran.

Selain itu coba menyediakan jasa kirim yang variatif juga agar pelanggan bisa menyesuaikan dengan harga kirim sesuai kebutuhan. Hal ini perlu persiapan dengan cukup rinci sehingga pelanggan bisa melakukan proses pembayaran dengan mulus.

4. Berikan Pelayanan Maksimal

Momen flash sale ini akan menarik banyak sekali pelanggan. Hal ini harus diimbangi dengan layanan pelanggan yang memadai. Misalnya saja dengan memberikan layanan customer service yang responsif.

Ketika ada pertanyaan, kritik, atau keluhan yang masuk dari pelanggan harus ada penanganan atau solusi yang baik dan memuaskan. Contohnya dengan mencegah terjadinya keterlambatan pengiriman, mengatasi masalah pelanggan yang kesulitan mengakses produk. 

Masalah yang mungkin terjadi ketika flash sale perlu ditangani oleh Customer Service yang selalu standby. Jangan lupa untuk sabar dalam memberikan pelayanan.

Utamakan kepuasan pelanggan agar bisa membangun citra lebih baik lagi pada perusahaan. Berikan solusi yang cepat dan tepat untuk setiap masalah yang ada. Bila perlu latihan dulu sebelum menyelenggarakan flash sale.

Baca Juga : Cara Follow Up Customer Supaya Cepat Closing

5. Manfaatkan Teknologi

Saat ini promosi lebih mudah dilakukan terutama dengan bantuan teknologi. Salah satu cara yang bisa dilakukan untuk kesuksesan flash sale adalah menggunakan aplikasi canggih sesuai kebutuhan.

Itulah beberapa penjelasan apa itu flash sale secara lengkap mulai dari pengertian, cara membuat dan cara meningkatkan penjualan menggunakan strategi flash sale. Pastikan kamu bisa menyebarkan promosi flash sale dengan maksimal agar strategi ini berjalan lancar. Jika tidak ada yang tahu, tentunya promosi flash sale akan sepi peminatnya.

Sebagai pemilik usaha, penting menggunakan Koala+ yang memiliki berbagai fitur untuk membantu kamu dalam promosi seperti Broadcast Message untuk menyebarkan promosi toko atau produk. Kemudian Chatbot untuk balas pesan pelanggan lebih cepat dan otomatis.

Selain itu, kamu juga bisa menggunakan fitur Manajemen Produk & Transaksi untuk mengelola produk, transaksi, dan membuat website jualan yang terintegrasi dengan Koala+ hanya di satu dashboard. Ada juga fitur Live Customer Service untuk melayani pelanggan dengan cepat.

Fitur-fitur canggih pada Koala+ ini sangat mendukung program flash sale. Yuk, pakai Koala+ dan gunakan fitur-fiturnya untuk membantu bisnismu.