Cara Berjualan di Instagram Untuk Pemula yang Mudah

3 Maret 2023

Cara berjualan di Instagram untuk pemula yang wajib dicoba ada beragam. Media sosial yang mempunyai banyak pengguna ini memang cocok dijadikan media untuk berjualan atau berbisnis. Jumlah pengguna di tahun 2022 saja sudah mencapai 2 milyar dan itu masih akan terus bertambah setiap harinya. Jadi tidak heran jika banyak pebisnis yang menjadikan IG tempat jualan online.

Lalu bagaimana cara jualan di IG untuk pemula? Dalam artikel ini akan diulas secara jelas cara untuk bisa sukses berbisnis menggunakan platform IG. Bagi pemula yang sudah penasaran, langsung saja simak ulasannya berikut ini.

Cara Berjualan di Instagram untuk Pemula

Agar bisnis bisa berkembang dengan pesat dan keuntungan yang didapatkan bisa maksimal, lakukan beberapa cara berikut ini ketika berjualan di Instagram. Simak dengan baik-baik sampai selesai ya.

1. Gunakan IG Bisnis

Bagi yang sudah memiliki akun Instagram namun masih personal atau pribadi segera ubah menjadi Instagram Bisnis. Mengajukan perubahan akun ini ke pihak IG sangat mudah dan cepat. Hal ini sangat disarankan karena fitur pada IG bisnis jauh lebih banyak yang membantu dan memudahkan pengelolaan bisnis online yang dijalankan. 

Contoh fitur yang tidak ada di instagram personal yaitu insight overview, followers growth, total follower, interaction reach, dan masih banyak lagi. Semua itu nanti akan sangat berguna dalam memantau akun IG bisnis apakah mengalami kemajuan atau tidak. Jadi bisa menentukan strategi yang lebih sesuai di kemudian hari.

Untuk caranya sangat mudah, ketika sudah membuat akun personal atau sudah memilikinya cukup buka akun tersebut lalu masuk ke menu pengaturan yang ada di ikon garis berjajar tiga. Di situ nanti silahkan pilih opsi Account dan ketuk pada Switch to Business Account.

Baca Juga : Rekomendasi Nama Online Shop yang Bagus di Instagram

2. Membuat Konten yang Menarik dan Konsisten

Jika sudah mengubah akun personal menjadi akun bisnis maka selanjutnya adalah membuat konten untuk mempromosikan produk yang ingin ditawarkan dan dibagikan kepada follower atau user IG yang lain.

Konten yang menarik ini harus bermanfaat, unik, orisinil, dan mewakili citra dari brand yang dimiliki. Jadi disini harus menentukan warna sampai tone yang sesuai dengan brand atau citra perusahaan.

Jika konten yang dibuat sudah bagus, menarik, dan sesuai dengan brand serta produk maka selanjutnya adalah memposting konten secara rutin. Konsisten dalam mengupload konten pada Instagram sangat berpengaruh pada keberhasilan penyampaian produk dan layanan pada konsumen.

Buatlah jadwal dan ketahui waktu terbaik posting Instagram. Misalnya satu hari harus upload tiga konten yaitu di pagi hari, siang, dan malam hari. Tentukan juga jenis kontennya, bisa reels, video, atau gambar maupun story. Semakin konsisten maka nanti semakin baik untuk perkembangan bisnis ini.

3. Buat Caption yang Menarik

Tak hanya konten yang harus menarik atau bagus, tapi caption dari postingan tersebut juga perlu dipikirkan dan dibuat dengan sungguh-sungguh. Jangan asal membuat caption, sebab ini memiliki peran penting pada konten yang diposting pada feed IG.

Kunci dari menulis caption adalah menarik dan bisa membuat audiens fokus pada postingan tersebut. Misalnya saja menggunakan statement, kutipan, maupun pertanyaan. Pastikan untuk membuat yang mengundang rasa penasaran audience.

Gunakan rekomendasi hashtag IG banyak like juga yang sesuai dengan isi konten serta yang sedang viral. Emoji juga perlu disertakan meski tidak selalu ada. Ini untuk menarik perhatian pembaca agar membaca sampai akhir. Pastikan juga untuk selalu menggunakan kalimat aktif ketika membuat caption.

4. Memaksimalkan Penggunaan Reels dan Story

DI instagram, berjualan akan lebih mudah jika menggunakan fitur yang sudah ada misalnya reels dan story. Ini bisa dijadikan tempat untuk mempromosikan produk agar pembeli lebih jelas dalam mengenal produk dan brand yang ada. Detail produk akan lebih terlihat dengan adanya konten berupa video pendek yang diposting pada reels dan story.

Baca Juga : Tips dan Contoh Bio Instagram Olshop Pakaian untuk Bisnis!

5. Instagram Shopping

Sudah beberapa tahun terakhir ada fitur yang membantu pelaku bisnis berjualan di Instagram yaitu Instagram Shopping. Di sini pebisnis dapat mencantumkan produk beserta detail harganya sehingga user IG dapat melihatnya dengan lebih jelas. Namun perlu diingat, fitur ini hanya bisa digunakan pada instagram bisnis saja. Untuk akun personal perlu hijrah dulu ke akun bisnis agar bisa menggunakan fitur ini.

6. Pelayanan Profesional

Ketika sudah memutuskan untuk berjualan di Instagram maka yang harus dipikirkan juga adalah cara memberikan layanan pada pelanggan. Mengingat pengguna akun IG cukup banyak sudah pasti nanti ada banyak calon pelanggan yang akan bertanya mengenai produk atau melakukan order.

Itulah beberapa cara berjualan di instagram untuk pemula. Pastikan untuk selalu siap kapan saja untuk melayani pelanggan sehingga bisa memberikan rasa puas, nyaman, dan percaya pada bisnis yang dikelola. Agar lebih maksimal, gunakan aplikasi bisnis yang terintegrasi dengan Whatsapp Business API seperti Koala+ 

Aplikasi Koala+ ini memiliki fitur chatbot, serta template pesan yang bisa dijadikan solusi untuk memberikan pelayanan cepat kepada setiap pelanggan yang ingin menanyakan produk atau melakukan pemesanan.

Bahkan pada aplikasi Koala+ ini juga bisa mengatur masalah pesanan konsumen dengan sangat rapi sehingga pelayanan dapat dilakukan dengan maksimal. Aplikasi ini juga menyediakan fitur website jualan cocok untuk kamu yang baru memulai jualan online. Adanya website jualan ini bisa membantumu untuk menyediakan katalog produk yang bisa dilihat oleh pengguna.

Tunggu apalagi, yuk daftar dan download aplikasi Koala+ di Google Play Store dan App Store.