Definisi dan Contoh Estimasi Pengiriman Wajib Diketahui

1 Januari 2023

Estimasi pengiriman adalah lama waktu barang akan sampai ke alamat tujuan. Umumnya jasa ekspedisi memberikan estimasi pengiriman. Jadi ada perkiraan waktu barang atau paket sampai di tempat tujuan.

Estimasi pengiriman menjadi salah satu indikator yang digunakan saat seseorang melakukan pengiriman barang dengan jasa ekspedisi. Setiap jenis ekspedisi mempunyai estimasi pengirimannya sendiri-sendiri. Penentunya jenis layanan yang dipilih customer.

Agar tidak membingungkan dan bisa lebih memahami apa itu estimasi pengiriman. Mari simak ulasan singkatnya di sini. Ada penjelasan singkat mengenai estimasi pengiriman sekaligus hal yang mempengaruhi proses pengiriman, hingga contohnya.

Definisi Estimasi Pengiriman Barang

Untuk bisa mengenal apa itu estimasi pengiriman barang, kamu harus tahu definisi atau pengertiannya. Estimasi pengiriman barang adalah perkiraan waktu yang dibutuhkan dalam proses mengirimkan barang dengan cara memperhitungkan waktu dan juga jarak sampai kepada si penerima.

Estimasi pengiriman barang biasanya akan diperoleh pihak pengirim di awal proses mengirim yang didasarkan kepada jarak tempuh barang terkait serta layanan yang digunakan untuk proses mengirim.

Pihak jasa ekspedisi pengiriman barang atau paket akan memberikan penawaran layanan yang tersedia. Pengirim akan diberitahu juga estimasi waktu lama pengiriman setiap layanan pengiriman yang ada. Ada yang sampai di hari yang sama, 1 hari, dan bisa lebih dari 3 hari tergantung alamat tujuan.

Jadi, arti estimasi pengiriman barang atau paket merupakan hasil penghitungan waktu dan jarak tempuh paket yang dibutuhkan oleh pihak pengirim dan juga penerima paket tersebut. Adanya estimasi ini membuat pengirim bisa menentukan jenis layanan mana yang sesuai dengan kebutuhan.

Baca Juga : Kenali Apa Itu Estimasi Pengiriman dan Faktor-Faktornya

Faktor yang Mempengaruhi Estimasi Pengiriman Paket

Setelah mengetahui arti dari estimasi pengiriman paket, kamu juga harus mengetahui faktor penentu waktu proses pengiriman barang. Layanan yang tersedia di jasa ekspedisi mempunyai estimasi waktu yang berbeda-beda. Hal tersebut karena ada faktor-faktor yang mempengaruhi estimasi pengiriman itu sendiri. Apa saja faktornya? Simak dibawah ini.

1. Layanan Pengiriman

Faktor yang pertama ada jenis layanan pengirim yang dipilih. Jasa ekspedisi mempunyai beragam pilihan layanan yang dapat dipilih sesuai kebutuhan pelanggan. Masing-masing produk mempunyai estimasi yang berbeda-beda.

Masing-masing jenis layanan pun tarifnya juga berbeda. Semakin cepat maka tarif semakin tinggi. Semakin lama estimasi barang sampai maka semakin murah juga tarifnya. Namun untuk barang yang memang urgent dapat dikirimkan dengan layanan same day dengan tarif sedikit mahal namun dijamin sampai di waktu yang sama.

2. Lokasi Penerima

Alamat tujuan juga menjadi salah satu faktor penentu untuk cepat atau tidaknya barang yang dikirim sampai kepada si penerima. Jasa ekspedisi akan menawarkan layanan produk premium namun terbatas pada wilayah tertentu.

Lokasi pengiriman yang sulit akan menambah lama waktu barang sampai ke tujuan. Meski sudah menggunakan layanan same day atau kilat, alamat dan lokasi yang dituju tetap menentukan cepat atau tidaknya barang tersebut sampai.

Umumnya untuk layanan kilat atau premium, hanya bisa diterapkan pada kota-kota besar jadi untuk tujuan di wilayah terpencil tidak dapat menggunakan layanan kilat. Semakin jauh lokasi yang dituju serta semakin sulit akses alamat penerima, tarif yang dibayar semakin mahal dan estimasi waktu sampai juga lama.

Baca Juga : Cara Membuat Label Pengiriman Olshop dan Aplikasinya

Contoh Estimasi Pengiriman Paket

Sekarang ini sudah ada banyak jasa ekspedisi yang bermunculan di tengah masyarakat. Hal tersebut membuat pelanggan bisa memilih jasa pengiriman barang atau paket yang pelayanannya paling sesuai kebutuhan.

Contohnya ada layanan same day artinya barang bisa sampai di hari yang sama dengan hari pengiriman. Lalu ada layanan reguler yang estimasi sampainya mulai 1 hingga 7 hari. Pihak ekspedisi nanti akan menanyakan barang apa yang dikirim, serta alamat penerima dan akan membuat penghitungan waktu sampai sekaligus tarifnya dengan software yang dimiliki.

Bagi pelaku bisnis mengetahui estimasi pengiriman barang atau paket ini cukup penting untuk bisa memberikan pelayanan maksimal kepada pelanggan. Jadi pastikan untuk tahu jasa ekspedisi mana yang sesuai kebutuhan pelanggan berikut tarif serta estimasi pengiriman.

Kesimpulan

Dari penjelasan di atas, dapat disimpulkan estimasi pengiriman adalah perkiraan waktu pengantaran paket atau barang ke alamat tujuan. Ini adalah salah satu hal penting yang perlu diketahui pengirim agar bisa memantau barang kirimannya sampai tujuan di waktu yang sudah diperkirakan.

Estimasi pengiriman ini juga penting untuk menentukan jenis barang apa yang bisa dikirim dalam waktu singkat dan mana yang tidak. Jika memang estimasi waktu yang terlalu lama lebih baik tidak mengambil resiko mengirim barang yang ketahanannya tidak lama.

Tak heran jika mengetahui estimasi pengiriman ini cukup penting bagi pelaku bisnis. Meski sekarang sudah semakin banyak jasa ekspedisi yang tersedia dengan jenis pelayanan masing-masing, pebisnis online tidak perlu bingung untuk menentukan mana jenis pengiriman yang cocok dan sesuai kebutuhan.

Selain memahami estimasi pengiriman, pelaku bisnis juga bisa menggunakan aplikasi bisnis seperti Koala. Aplikasi ini memiliki fitur Website Jualan yang memudahkan pelaku bisnis memiliki website sendiri. Cukup menambahkan produk atau menambahkan barang di katalog Atur Barang, website sudah jadi.

Setelah Website jadi, kamu bisa memilih jasa ekspedisi pengiriman terbaik dan terpercaya. Carilah platform yang dapat digunakan untuk mencari tahu estimasi pengiriman, jenis layanan, hingga ekspedisi yang sesuai. Pastikan untuk menentukan layanan pengiriman sesuai kebutuhan dengan memperhatikan jenis barang, lama waktu pengiriman, dan alamat penerima. Sukses selalu dan semoga informasi ini bermanfaat!