Definisi dan Manfaat Brand Activation Untuk Promosi

30 Desember 2022

Brand activation penting diketahui pebisnis pemula. Saat ini kompetisi bisnis jadi terasa lebih sulit terutama dalam hal mengembangkan sebuah produk. Mempertahankan ciri khas dan keunikan dari perusahaan yang dimiliki butuh usaha keras agar masyarakat bisa menerima dengan baik. Oleh karena itu pelaku bisnis penting mengetahui tentang definisi dan manfaat brand activation terutama dalam promosi bisnis.

Strategi ini memiliki peran yang cukup penting untuk kemajuan sebuah bisnis seseorang. Singkatnya ini adalah cara untuk membuat pelanggan lebih dekat dengan brand yang dimiliki. Pelaku bisnis sendiri juga perlu melakukan kegiatan promosi dengan pengalaman yang nyata untuk meraih kepercayaan pelanggan. Untuk lebih lengkapnya, simak ulasan dibawah ini.

Baca Juga : Strategi Mengelola Jualan dengan Menerapkan Marketing Mix 4P

Apa Itu Brand Activation?

Sebelum membahas lebih jauh tentang manfaat dari strategi ini, sebaiknya ketahui dulu apa pengertian atau definisinya. Brand Activation adalah proses dalam membuat sebuah brand agar bisa lebih dikenal masyarakat. Meningkatkan kesadaran masyarakat sekitar tentang brand dan memaksimalkan engagement dengan beberapa jenis kegiatan promosi brand.

Kegiatan promosi tersebut membantu perusahaan bisa berinteraksi lebih dekat dengan pelanggan atau pengguna produknya. Berbagai kegiatan pengalaman akan suatu brand atau merk yang menarik perhatian menjadi proses yang harus dilakukan.

Tak hanya itu, perusahaan juga harus menciptakan kesan yang cukup kuat serta membuktikan bahwa janji atau klaim dari produk adalah fakta dan bisa dibuktikan. Untuk menciptakan strategi ini sendiri, perusahaan harus bisa membangun sebuah hubungan emosional dengan pelanggan.

Semakin kuat hubungan emosional pelanggan dengan brand, interaksi pun bisa berkualitas. Hasil dari hal itu adalah pelanggan lebih sering membeli produk terkait. Berhasil atau tidaknya brand activation ditentukan dari seberapa baik pelaku bisnis mengetahui apa yang disukai pelanggan dengan cara melakukan riset.

Kegiatan ini bisa memberikan pengaruh atau dampak dalam jangka waktu panjang namun bisa juga dalam waktu singkat. Untuk jangka pendeknya diharapkan brand activation ini bisa meningkatkan jumlah penjualan serta pendapatan. Sementara untuk jangka panjang, harapannya brand awareness dan brand loyalty bisa terus naik dalam jangka waktu yang lebih lama.

Baca Juga : Mengelola Jualan Menggunakan Strategi Pemasaran Produk

Manfaat Brand Activation

Dari pengertian atau definisinya maka dapat ditarik beberapa poin penting yang bisa disebut sebagai manfaat, diantaranya:

1. Menguatkan Posisi Brand

Untuk manfaat yang pertama adalah memperkuat posisi sebuah brand. Hal ini selaras dengan fungsi dari strategi ini memang untuk menaikkan brand awareness dan brand loyalty. Meningkatnya hal tersebut secara otomatis menguatkan posisi brand di pasaran.

Konsumen akan semakin mengenal brand terkait dan memungkinkan untuk terjadi repeat order pada produk dengan brand tersebut. Semakin banyak calon konsumen yang mengenal brand terkait, semakin besar kesempatan terjadinya penjualan produk dengan brand itu.

2. Menjangkau Pelanggan Baru

Jika brand awareness dan loyalty bisa meningkat, secara otomatis jangkauan untuk menambah pelanggan baru juga ikut terpengaruh. Ini juga termasuk contoh loyalty program untuk mempertahankan pelanggan. Namun di sini untuk mendapatkan lebih banyak pelanggan baru selain dari brand awareness tadi, perlu memperhatikan dari kualitas produk terkait. Pastikan tidak asal menjual produk ketika nama brand sudah dikenal. Pertahankan kualitas agar semakin banyak yang menjadi pelanggan loyal.

Strategi ini sendiri memang dilakukan untuk bisa menjangkau lebih luas pelanggan baru. Banyaknya pelanggan baru nanti akan membuat citra brand semakin baik apalagi jika kualitas produk atau jasanya juga bagus. Jadi pastikan strategi pemasaran dengan kualitas produk bisa seimbang.

3. Memperoleh Feedback

Feedback dari pelanggan ini juga penting bagi sebuah brand. Dari kegiatan inilah perusahaan bisa memperoleh feedback secara langsung dari para pelanggan. Misalnya ada testimoni produk atau review dari barang yang telah dibeli pelanggan.

Feedback ini bisa dijadikan bahan untuk evaluasi produk serta bisnis yang sedang dijalankan. Kumpulkan kritik dan saran sebanyak mungkin untuk bisa terus melakukan langkah yang bisa mengembangkan produk sesuai kebutuhan masyarakat.

Semakin banyak orang membutuhkan produk dari brand tersebut, maka semakin tinggi permintaan barangnya dan ini adalah sesuatu yang baik bagi perusahaan.

4. Terus Menjaga Kualitas

Sudah dijelaskan di poin sebelumnya, kualitas produk atau jasa juga memegang peran penting. Jadi setelah brand awareness sudah terbentuk dan terus meningkat, maka selanjutnya harus menjaga kualitas.

Semakin baik kualitas sebuah produk atau jasa maka akan semakin tinggi kepercayaan pelanggan pada brand terkait. Kepercayaan pelanggan ini nanti secara otomatis bisa meningkatkan angka penjualan dan memaksimalkan pendapatan.

5. Tunjang dengan Pelayanan yang Baik

Jika strategi ini sudah berjalan dengan baik dan mencapai tujuannya dengan sempurna. Disarankan untuk pelaku bisnis lebih menjaga pelayanan yang diberikan kepada pelanggan.

Misalkan ada pelanggan loyal yang melakukan pembelian secara online, maka maksimalkan pelayanan online tersebut. Selain mempekerjakan staf yang terlatih, cobalah untuk menggunakan aplikasi yang bisa membantu proses pemesanan tersebut.

Itulah definisi dan manfaat brand activation untuk promosi bisnis. Setelah mempelajari istilah tersebut, kamu bisa mengembangkan bisnis lebih besar lagi. Selain itu, kamu bisa menggunakan aplikasi bisnis seperti Koala+ yang memiliki fitur canggih yang membantu proses order dan pengiriman jadi lebih cepat dan lebih mudah.

Aplikasi ini akan membantu pelaku bisnis untuk membuat pembukuan. Tentunya ini sangat baik dalam pengelolaan bisnis online yang sedang dijalankan. Ada juga fitur Broadcast Message yang berguna untuk menyebarkan promosi toko atau produk melalui pesan broadcast Whatsapp Business API. Tunggu apalagi, yuk daftar Koala sekarang juga!