Strategi Mengelola Jualan dengan Menerapkan Marketing Mix 4P

2 Agustus 2022

Dalam menjalankan suatu bisnis, penting untuk melakukan strategi mengelola jualan, salah satunya dengan menerapkan marketing mix 4P. Strategi marketing mix 4P adalah landasan utama dalam menjalankan suatu bisnis supaya dapat mencapai target yang diinginkan.

Strategi marketing mix 4P yang harus diperhatikan, yaitu product, price, place, dan promotion. Kira-kira bagaimana sajakah cara untuk melakukan strategi mengelola produk yang baik supaya bisa maksimal? Yuk, simak ulasan di bawah ini!

1. Melakukan Market Research

Strategi mengelola jualan harus diawali dengan melakukan market research atau riset pasar. Hal ini dilakukan untuk mengetahui tren yang sedang disukai dan memahami kepuasan konsumen terhadap produk yang kamu tawarkan. Riset pasar ini juga bertujuan agar kamu dapat menentukan arah bisnis kedepannya. Setelah melakukan market research, kamu akan lebih mudah untuk menentukan strategi mengelola jualan selanjutnya.

2. Meningkatkan Brand Awareness

Di era digital ini, branding sangat penting untuk dilakukan pada awal bisnis dijalankan. Branding dilakukan untuk membangun citra yang baik dan untuk meningkatkan brand awareness supaya masyarakat mengetahui bisnis yang kamu jalankan. Salah satu cara ampuh untuk meningkatkan brand awareness, yaitu melalui sosial media, seperti Instagram dan Facebook.

3. Menerapkan Strategi Marketing Mix 4P

  • Product (Produk)

Strategi marketing mix 4P yang pertama adalah product. Dalam membuat bisnis, kamu bisa secara bebas membuat suatu produk atau jasa. Namun, pertanyaannya, apakah produk atau jasa yang kamu buat dapat diterima oleh masyarakat? Atau apakah produk yang kamu tawarkan sudah sesuai dengan kebutuhan konsumen? Untuk itu, sebelum mengembangkan suatu produk diperlukan melakukan analisis peluang pasar.

Hal ini bertujuan agar kamu tahu produk atau jasa apa saja yang sedang dibutuhkan, diperlukan, dan yang disukai oleh konsumen. Kamu bisa menggunakan Google Trends untuk mencari tahu produk atau jasa yang sedang ramai dibicarakan oleh masyarakat ataupun produk yang sedang trending di pasaran.

Dalam menerapkan strategi marketing mix 4P ini pun kamu perlu memperhatikan beberapa hal agar dapat menarik perhatian konsumen, seperti bentuk fisik produk, varian produk yang beragam, kemasan yang menarik dan estetik, serta memberikan garansi produk.

Minta kritik dan saran dari konsumen sebagai bahan evaluasi agar dapat memberikan produk atau jasa dengan kualitas yang lebih baik. Soalnya, kualitas produk atau jasa yang baik pastinya akan mendapatkan kepuasan dari konsumen. sebaliknya, produk atau jasa dengan kualitas yang buruk dapat membuat konsumen kecewa dan tidak mau untuk membelinya lagi.

Di bawah ini ada beberapa pertanyaan yang dapat membantu kamu untuk menentukan strategi marketing mix 4P untuk variabel product, yaitu sebagai berikut.

  • Produk atau jasa apa yang sedang dibutuhkan oleh konsumen?
  • Apakah produk atau jasa yang kamu tawarkan dapat memberikan solusi untuk konsumen?
  • Apa saja yang menjadi nilai unik dari produk atau jasa yang ditawarkan?
  • Apa yang menjadi ciri khas dari produk atau jasa yang kamu tawarkan?
  • Apa yang membedakan produk atau jasa kamu jika dibandingkan dengan pesaing lain yang menjual produk atau jasa yang serupa?

 

  • Price (Harga)

Strategi marketing mix 4P yang kedua adalah variabel price atau harga. Marketing mix 4P satu ini juga salah satu variabel yang harus dipertimbangkan dengan baik. Soalnya, harga menjadi salah satu faktor dalam membuat keputusan untuk membeli suatu produk atau jasa.

Tidak jarang, konsumen melakukan perbandingan harga dengan kompetitor lainnya untuk mendapatkan harga yang lebih terjangkau. Oleh karena itu, jangan asal-asalan dalam menentukan harga karena harga sangat berpengaruh terhadap penjualan dan permintaan pasar. Jangan sampai kamu salah menentukan harga sehingga membuat konsumen tidak tertarik untuk membeli produk kamu.

Selain itu, penentuan harga dalam strategi marketing mix 4P bertujuan untuk mencapai laba maksimum, stabilitas harga, serta untuk mempertahankan dan memperbaiki market share. Terdapat beberapa hal yang perlu dipertimbangkan dalam proses menentukan harga, seperti modal, keuntungan, diskon, kompetitor, serta perubahan kebutuhan pasar.

Sistem pemberian diskon dan cicilan juga harus dipertimbangkan dengan baik karena kedua hal ini sangat berpengaruh terhadap ketertarikan konsumen untuk membeli suatu produk.

Strategi marketing mix 4P untuk menentukan harga yang baik dapat dihitung dari HPP (Harga Pokok Penjualan) dan keuntungan yang ingin didapatkan. Selanjutnya, bandingkan harga yang didapatkan apakah sudah sesuai dengan harga yang beredar di pasaran atau belum. Harga yang ditentukan harus sebanding dengan kualitas produk atau jasa yang diberikan, kondisi produk atau jasa, serta harganya harus masuk akal.

Di bawah ini terdapat beberapa hal yang harus dipikirkan dengan matang dalam penentuan strategi marketing mix dalam variabel harga, yaitu sebagai berikut.

  • Berapa harga pasaran yang beredar untuk produk atau jasa yang kamu tawarkan?
  • Apakah harga yang ditawarkan sebanding dengan kualitas dan nilai dari produk atau jasa?
  • Bagaimana perbandingan harga yang kamu pasang terhadap kompetitor?
  • Berapa jumlah maksimal potongan harga yang bisa kamu berikan agar tetap mendapatkan keuntungan?
  • Diskon apa saja yang dapat menarik perhatian konsumen?

 

Baca juga: 5 Cara Menentukan Harga Jual Makanan

 

  • Place (Tempat)

Strategi marketing mix 4P selanjutnya datang dari variabel place atau tempat. Tempat yang dimaksud adalah tempat produk didistribusikan sehingga konsumen bisa mendapatkan produk atau jasa yang kamu tawarkan dengan mudah. Ada banyak sekali tempat yang bisa dipilih untuk tempat distribusi produk, mulai dari melalui outlet, franchise, reseller, dropshipper, atau bahkan melalui e-commerce.

Apabila kamu memilih untuk menggunakan outlet sebagai tempat distribusi produk kamu maka kamu harus memilih lokasi yang strategis. Lokasi strategis adalah lokasi yang ramai dan dilalui banyak orang. Hal ini agar calon konsumen dapat dengan mudah menemukan tempat jualan kamu.

Salah satu strategi marketing mix 4P variabel place yang paling banyak digunakan adalah e-commerce. Di era yang serba digital ini, kebanyakan konsumen mencari produk yang diinginkan melalui e-commerce sehingga menjual produk di e-commerce dapat menjangkau konsumen lebih luas.

Selain menentukan tempat, menentukan sistem proses distribusi juga tidak kalah penting dalam melakukan strategi marketing mix 4P. Hal ini agar produk yang ditawarkan dapat sampai ke tangan konsumen dalam keadaan yang baik dan tidak rusak. Tiga aspek pokok untuk menentukan proses distribusi dalam strategi marketing mix 4P, yaitu sistem penyimpanan, sistem transportasi distribusi, dan pemilihan sistem saluran distribusi.

Beberapa hal yang perlu kamu perhatikan dalam menentukan strategi marketing mix 4P, yaitu sebagai berikut.

  • Di mana tempat yang biasanya pembeli paling banyak mencari suatu produk?
  • Apakah lokasi yang dipilih terdapat kompetitor?
  • Apakah tempat yang ditentukan dapat dijangkau dengan mudah?
  • Bagaimana sistem distribusi produk yang baik dan benar?

 

  • Promotion (Promosi)

Strategi marketing mix 4P yang terakhir, yaitu variabel promotion. Promosi adalah salah satu variabel penting yang tidak dapat diabaikan dalam melakukan strategi marketing mix 4P. Promosi dilakukan untuk mendorong konsumen untuk membeli produk kamu sehingga dapat meningkatkan permintaan atau penjualan terhadap suatu produk.

Sekarang ini, kamu dapat melakukan promosi yang baik dengan mudah, yaitu dengan cara memanfaatkan sosial media, seperti Instagram, Facebook, memasang adsense, serta melakukan kerja sama dengan influencer.

Beberapa hal yang dapat membantu kamu untuk menentukan strategi marketing mix 4P variabel promosi yang sesuai, yaitu sebagai berikut.

  • Kapan waktu terbaik untuk melakukan promosi?
  • Media mana saja yang dapat banyak menjangkau konsumen?

 

Baca juga: Cara Menentukan Target Pemasaran dalam Berbisnis Online

 

Itu dia cara untuk melakukan strategi mengelola jualan dengan menerapkan marketing mix 4P. Walaupun terlihat mudah, tapi strategi ini sangat penting dan harus dilakukan dengan baik agar dapat bersaing di pasaran.

Pastinya juga masih banyak strategi lainnya yang harus dilakukan supaya suatu bisnis dapat berjalan dengan maksimal. Salah satunya, seperti menggunakan aplikasi Koala yang dapat membantu kamu untuk mengelola semua transaksi dan cek ongkos kirim dengan mudah.