Apa itu Jastip: Pengertian dan Tips Agar Jastip Sukses

10 November 2022

Jastip menjadi salah satu jenis usaha yang cukup banyak diminati oleh masyarakat Indonesia. Ada banyak sekali masyarakat yang membeli kebutuhan barangnya lewat jastip karena dengan jastip mereka bisa dengan mudah mendapatkan produk tersebut. Jadi banyak sekali orang yang ingin mempelajari tentang apa itu jastip agar bisa mendapatkan keuntungan.

Di dalam artikel berikut ini, kamu bisa mempelajari tentang apa itu jastip mulai dari pengertian jastip dan juga tips-tips yang bisa dilakukan agar jastip bisa sukses dan lancar.

Pengertian Jastip

Jastip adalah kependekan dari Jasa Titip. Pengertian dari Jastip sendiri adalah mempercayakan seseorang untuk membeli suatu barang yang diperlukan. Jenis usaha ini sangat marak dilakukan untuk produk-produk atau barang yang jarang tersedia di Indonesia. Misalnya seperti pakaian, sepatu, obat-obatan, dan banyak lainnya. Ada juga jasa titip untuk produk lokal yang digunakan untuk produk oleh-oleh khas suatu wilayah. Peluang usaha jastip juga cukup besar selama produk yang diproses merupakan jenis produk yang khas dan jarang ditemukan.

Usaha jastip semakin marak ditemukan sejak masa pandemi. Karena banyak orang tidak bisa bepergian, mereka menggunakan jastip untuk membeli beberapa produk yang mereka perlukan. Meskipun sebenarnya usaha jastip sudah banyak dilakukan sebelum pandemi, produk yang dipakai untuk jastip cukup berbeda. Jika sebelum pandemi masyarakat ikut jastip untuk produk seperti fashion dan hobi, saat pandemi banyak orang mengikuti jastip untuk produk oleh-oleh yang khas. Ini karena bepergian keluar kota tidak banyak dilakukan.

Selain itu jastip untuk obat-obatan, vitamin, dan juga alat kesehatan rumahan seperti termometer juga cukup banyak dilakukan selama masa pandemi. Kesimpulannya, jastip memiliki peluang yang cukup besar untuk dijadikan jenis usaha. Hanya saja, prosesnya perlu selektif dan barang yang diproses juga harus jenis barang yang khas.

Baca Juga: Tips Membuat Kata-Kata yang Cocok untuk Jualan di WA

Kepercayaan Pelanggan Kunci Sukses Jastip

Jika kamu sudah mengerti pengertian dari apa itu jastip, kamu bisa mendapatkan gambaran tentang bagaimana jastip bekerja. Pada dasarnya pemilik usaha jastip akan mempromosikan jenis produk yang bisa mereka proses untuk jastip lalu mereka memberikan harga yang sesuai. Harga tersebut merupakan harga asli produk yang ditambahkan dengan biaya jastip. 

Biaya untuk masing-masing jastip berbeda satu sama lain. Biaya jastip tersebut tergantung dari dimensi barang, lokasi pembelian barang, proses pemaketan, dan juga ongkir barang. Barang yang dibeli dari luar negeri memiliki harga jastip yang berbeda dengan barang yang dibeli dalam negeri. Kamu bisa mengatur harga jastip tersebut sesuai dengan pengeluaran yang kamu habiskan dalam proses jastip.

Selain memahami apa itu jastip dan bagaimana cara jastip bekerja, memahami kunci sukses dari jastip adalah hal yang juga sangat penting. Agar usaha jastip bisa sukses, kamu perlu membangun kepercayaan dengan para pelanggan. Tentu saja kepercayaan pelanggan adalah kunci sukses semua jenis usaha. Tidak terkecuali dengan usaha jastip. Karena menurut pengertian apa itu jastip di atas, jastip adalah jenis usaha yang mempercayakan orang lain untuk membeli suatu produk.

Membangun kepercayaan pelanggan adalah salah satu strategi yang fokus pada pelanggan agar usahamu bisa tetap berjalan lancar dalam waktu yang lama. Dengan membangun kepercayaan pelanggan, kamu bisa mendapatkan banyak manfaat untuk usahamu. Misalnya seperti mendapatkan pelanggan tetap, repeat order dari pembeli, serta reputasi usaha yang bisa dipercaya.

Kepercayaan pelanggan yang kuat juga bisa menjadi solusi agar pendapatan usaha bisa tetap lancar. Ada banyak hal yang perlu dilakukan jika kamu perlu meningkatkan kepercayaan pelanggan. Misalnya dengan transparansi yang jelas untuk setiap transaksi, layanan pelanggan yang selalu stand by untuk menjawab pertanyaan pelanggan, hingga pemrosesan transaksi yang jelas. Tentu saja hal-hal tersebut sangat mendukung suksesnya jastip berdasarkan pengertian dari apa itu jastip.

Baca Juga: Daftar Kata-Kata Motivasi Bisnis Online Shop

Tips Agar Jastip Bisa Sukses

Setelah kamu memahami apa itu jastip dan apa kunci suksesnya, kamu juga perlu mempelajari apa saja tips agar usaha jastip bisa sukses. Berikut ini adalah tips-tips agar jastip bisa sukses. 

  1. Minta Pelangganmu Memberikan Review
    Salah satu hal yang bisa membantu meningkatkan kepercayaan pelanggan pada usaha jastipmu adalah dengan adanya review dari pelanggan lain. Minta pelangganmu untuk memberikan review atas layanan jastipmu agar pelanggan lain bisa lebih percaya dengan usahamu. Kamu bisa menyimpan review dari pelanggan tersebut dan menjadikan review tersebut sebagai salah satu portofolio usahamu.

    Pastikan juga review dari pelangganmu bisa dilihat oleh yang lainnya dan jenis review yang positif dan relevan dengan usaha jastipnya. Review yang positif dan sesuai dengan usaha jastip akan sangat membantu mendukung kinerja apa itu jastip. Semakin banyak review yang membantu pelanggan lain, maka semakin mudah mereka percaya usahamu sebagai usaha jastip yang profesional.
     
  2. Hindari Clickbait
    Clickbait atau klik umpan adalah hal yang menyebalkan. Tidak hanya untuk pelanggan, dampak buruknya juga bisa fatal untuk usahamu. Pelanggan akan kecewa dan tidak akan bisa percaya dengan usaha jastipmu. Menggunakan klik umpan akan sangat merugikan usahamu. Jadi ada baiknya kamu mempromosikan usahamu dengan cara yang positif dan dengan cara yang baik. Karena pengertian dari apa itu jastip sepenuhnya adalah tentang kepercayaan pelanggan kepada usaha.
     
  3. Jangan Menghapus Review Negatif
    Seringkali beberapa usaha akan menghapus review yang negatif dari pelanggan. Sayangnya hal ini bisa menjadi salah satu cara yang tidak sehat untuk usaha. Faktanya, tidak ada usaha jastip yang sempurna dan memenuhi semua kebutuhan pelanggannya. Jadi memiliki review negatif satu atau dua saja tidak akan masalah selama kamu bisa bertanggung jawab atas review negatif tersebut.
     
  4. Perlakukan Pelanggan Seperti Teman
    Memperlakukan pelanggan dengan baik dan ramah merupakan salah satu bagian dari suksesnya apa itu jastip. Membangun kepercayaan bisa dimulai dari mengenal pelanggan dan ramah kepada pelanggan. Dengan bersikap ramah kepada pelanggan, kamu bisa membangun jenis usaha yang nyaman bagi pelanggan dan akan lebih mudah membangun kepercayaan dengan pelanggan.

    Kamu bisa berinvestasi pada layanan pelanggan yang bisa melayani pelangganmu selama 24 jam. Mulai dari menjawab pertanyaan mereka hingga melayani komplain pelanggan. Tidak hanya itu saja, kamu bisa juga membuat website yang mudah dimengerti oleh pelanggan. Pastikan informasi dalam website tersebut lengkap dan bisa dipahami oleh pelanggan dengan mudah. Jadi pelanggan bisa mengerti dengan mudah dan bisa lebih percaya dengan usahamu.
     
  5. Transparan Pada Pelanggan
    Bagian penting lainnya dalam apa itu jastip adalah transparansi pada pelanggan. Transparansi tersebut termasuk berapa harga asli produk, harga jastip, ongkir, hingga biaya lainnya yang mungkin ada selama proses jastip. Dengan adanya transparansi yang jelas, pelanggan akan lebih mudah mempercayai usahamu.


Setelah paham bagaimana konsep dan cara kerja jastip, kamu mungkin berniat memulai usaha jastip. Agar pengelolaan usahamu lebih lancar, kamu bisa menggunakan KoalaApp. KoalaApp memiliki fitur kontak pelanggan sehingga kamu bisa menghubungi pelangganmu dengan mudah kapan pun dan di mana pun. Langsung saja cek KoalaApp sekarang.