Daftar Kata-kata Motivasi Bisnis Online Shop

11 Oktober 2022

Bagi para pengusaha baru ataupun sedang berjuang di online pasti membutuhkan kata-kata motivasi bisnis online shop. Hal tersebut tak lepas dari keadaan bisnis yang bisa naik turun. Apalagi bisnis online, karena itu para pelaku usaha tersebut membutuhkan kata-kata motivasi bisnis online shop.

Tiap pelaku usaha tentu mempunyai alasannya masing-masing dalam membuat sebuah bisnis. Ada mereka yang ingin melakukan perubahan, ada yang sekedar mencari nafkah, ada yang memang mempunyai keinginan di situ atau justru tidak sengaja terjebak dalam dunia bisnis yang digelutinya.

Baca Juga: Jenis-Jenis Wirausaha yang Perlu Dipahami Pebisnis

Apalagi saat ini, semakin banyak orang yang memulai bisnis. Kemajuan teknologi banyak membuat apapun menjadi lebih praktis. Termasuk dalam berbisnis. Kemajuan teknologi mengakomodasi para pelaku usaha sehingga tidak hanya dapat membuat dan mengelola lebih praktis, namun juga dalam memasarkan.

Jualan Online

Termasuk keadaan pandemi belakangan ini. Mobilitas yang terbatas karena penyebaran virus yang masif membuat masyarakat dibuat bingung. Mau tak mau masyarakat dibuat beradaptasi. Semua kegiatan dilakukan secara online, mulai dari kegiatan sehari-hari hingga pekerjaan. Karena itu, transaksi jual beli online semakin meningkat saat terjadi pandemi.

Karena alasan itu pula marketplace makin menjamur. Tidak hanya masyarakat perkotaan, bahkan masyarakat pedesaan. Jangkauan melalui platform online sangat besar. Kamu bahkan tak perlu repot ke kota tertentu. Kamu bisa memesannya melalui media sosial ataupun marketplace. Hal tersebut bukan hanya menguntungkan penjual namun juga pembeli.

Namun, tak berarti jualan online itu mudah. Seperti layaknya berjualan di toko fisik, para pelaku usaha tentu mempunyai hambatan yang dialami saat sedang berjualan. Berikut adalah beberapa hambatan yang dialami oleh pelaku usaha online:

Banyak Kompetitor 

Kemudahan yang didapat bagi para pelaku usaha yang ingin berjualan secara online tentu didapat semua orang. Jadi meskipun ada kemudahan, tapi semua orang mempunyai hal tersebut. Jadi tergantung bagaimana para pelaku usaha memanfaatkannya. Karena itu, hal ini juga dapat menjadi hambatan. 

Kemudahan mengakses berlaku bagi semua masyarakat. Meskipun mudah untuk memulai berjualan, hal itu juga menjadi hambatan bagi para pelaku usaha karena semakin banyaknya kompetitor. Membuat akun marketplace juga bisa dilakukan dalam hitungan menit. Jadi jika sewaktu-waktu pelanggan beralih ke kompetitor, pelaku usaha mesti memutar otak.

Kemungkinan Salah Kirim

Pada toko fisik, pelaku usaha akan memberikan barang yang sesuai dengan keinginan pelanggan karena pelanggan berada di depannya. Berbeda dengan pesanan online, kemungkinan salah memberikan barang bisa terjadi apalagi jika banyak pemesanan dalam suatu waktu. Hal tersebut akan memperbesar kemungkinan terjadinya kesalahan.

Belum lagi jika kesalahan terjadi di pihak ekspedisi. Hal tersebut juga bisa terjadi dengan banyaknya paket yang ada di ekspedisi. Atau barang sampai dengan keadaan yang tidak sempurna atau rusak. Hal itu tentu akan mengganggu para pelanggan.

Banyak Penipuan

Penipuan juga bisa terjadi di toko fisik seperti pemberian uang palsu, maupun pemesanan fiktif. Namun penipuan juga lebih bisa terjadi di jualan online. Malah terkadang bukan hanya pembeli yang bisa menipu, namun juga perantara yang mengantar barang tersebut. Apalagi jika pemesanan tidak dilakukan menggunakan pihak ketiga, kemungkinan terjadi penipuan dan semacamnya sangat besar.

Apalagi jika melalui online, kita tidak dapat melihat fisik orang tersebut. Biasanya informasi yang diberikan juga palsu. Tak jarang bahkan yang memberikan bukti pembayaran palsu jika pelaku usaha tidak hati-hati. Ada juga perantara yang membawa kabur barang yang seharusnya diantarkan ke pelanggan. Hal-hal seperti itu memaksa para pelaku usaha untuk terus berhati-hati. 

Hambatan-hambatan di atas adalah sedikit dari banyaknya hambatan atau masalah yang bisa ditemui ketika seseorang membuka usaha secara online. Oleh karena itu, seseorang harus terus mempelajari dan waspada agar bisa mengatasinya. Karena semakin majunya zaman, tentu masalah baru yang akan dihadapi.

Baca Juga: Rekomendasi Buku Tentang Bisnis untuk Para Calon Pengusaha 

Kata-kata Motivasi Bisnis Online Shop

Namun tak jarang, hambatan-hambatan tersebut bukan hanya menguras energi namun juga mental. Biar bagaimanapun, memang tak mudah untuk berjualan. Diperlukan mental yang kuat bagi para pelaku usaha tidak hanya untuk sukses, namun juga untuk sekedar bertahan. Berikut beberapa kata-kata motivasi bisnis online shop yang bisa dijadikan pegangan:

Steve Jobs

Mendiang Steve Jobs merupakan salah satu pionir ataupun innovator terkenal di bidang teknologi. Perusahannya, Apple, merupakan salah satu perusahaan besar dan bergengsi di dunia. Produknya pun dipakai oleh masyarakat luas. Ia sendiri mempunyai kata-kata yang bisa dijadikan kata-kata motivasi bisnis online shop:

“Saya yakin bahwa sebagian dari yang membedakan pengusaha sukses dengan pengusaha yang tidak sukses adalah kegigihan yang luar biasa.”

Hal itu menandakan bahwa untuk menjadi seorang pengusaha sukses, dibutuhkan kegigihan yang luar biasa. Kegigihan tersebut berarti dapat menaklukkan semua halangan yang bisa menjatuhkannya. Dengan gigih, kamu tidak akan terus terjatuh. Kamu dapat terus bangkit dan mampu mengatasinya.

Bill Gates

Salah satu mantan orang terkaya di dunia ini pasti dikenal banyak orang dengan perusahaannya, Microsoft. Ia sempat bertahan lama menjadi salah satu orang terkaya di dunia. Ada kata-kata yang ia sebut yang bisa jadi kata-kata motivasi bisnis online shop:

“Pelanggan yang tidak puas dapat menjadi sumber pembelajaran terbaik.”

Kata-kata tersebut mengingatkan para pelaku usaha untuk selalu mendapatkan pelajaran. Sebesar apapun sebuah bisnis, akan selalu ada orang yang merasa tidak puas. Dibandingkan menjadi kecewa ataupun sedih karena hal tersebut, akan lebih baik jika hal tersebut dijadikan pembelajaran untuk meningkatkan kualitas produk maupun pelayanan.

Drew Houston

Drew Houston merupakan CEO dan co-founder dari Dropbox, sebuah layanan yang menyediakan penyimpanan dan backup data. Dropbox memiliki lebih dari 500 juta pengguna. Dropbox juga merupakan layanan yang kerap dipakai oleh masyarakat. Ia sudah mendirikannya sejak umur 24 tahun. Kata-kata motivasi bisnis online shop dari Drew adalah sebagai berikut

“Jangan takut akan kegagalan, kamu hanya perlu benar satu kali.”

Hal tersebut mengajarkan para pelaku usaha agar tidak takut akan sebuah kegagalan. Kegagalan adalah sebuah hal yang biasa. Jadi jika seorang wirausahawan mengalami kegagalan, tidak lantas ia tidak bisa berjualan. Ia bisa terus mencoba dan menjadikan pengalaman tersebut sebagai gurunya. Pada akhirnya, ia akan bisa menemukan keberhasilan jika pantang menyerah.

Demikian adalah kata-kata motivasi bisnis online shop yang semoga bisa membantu kamu tetap semangat dalam menghadapi hambatan-hambatan yang pasti akan ditemui. Jangan pernah menyerah dan selalu jadikan semua hal pelajaran agar dapat memperbaiki kesalahan dan kekurangan yang ada.

Kalau sebelumnya adalah kata-kata motivasi bisnis online shop untuk membantu kamu tetap semangat, tapi kamu perlu sebuah sistem yang baik juga agar secara teknis dapat menjalankan usaha tersebut dengan baik.

Dengan Koala, kamu bisa menyimpan kontak pelanggan. Selain itu, kamu juga bisa mengatur transaksi serta mendapatkan template chat dalam satu aplikasi! Tunggu apalagi, langsung aja pakai Koala.