Pakai Strategi Buy 1 Get 1 Artinya Jualanmu Laris! Ini Alasannya

29 Agustus 2022

Menggunakan strategi buy 1 get 1 artinya usahamu akan mendapatkan pemasukan yang tinggi. Dengan menggunakan buy 1 get 1 artinya kamu menawarkan kepada pelanggan promo yang menarik dan membuat mereka lebih banyak berbelanja untuk produkmu. Memakai strategi buy 1 get 1 artinya juga usahamu bisa mengejar target pemasukan pada periode tertentu.

 

Pengertian Buy 1 Get 1

Buy 1 Get artinya adalah suatu strategi pemasaran yang menawarkan satu produk gratis kepada pelanggan sebagai ganti telah membeli suatu produk tertentu. Strategi buy 1 get 1 yang juga sering disebut dengan BOGO adalah strategi pemasaran yang cukup umum dilakukan. Saat suatu usaha melakukan strategi buy 1 get 1 artinya mereka sedang berusaha meningkatkan penjualan dalam waktu yang singkat.

Apakah menggunakan strategi buy 1 get 1 bisa berhasil meningkatkan penjualan?

Sama seperti strategi pemasaran lainnya, strategi buy 1 get 1 juga memerlukan perencanaan yang pas dan tepat. Menggunakan strategi buy 1 get 1 artinya kamu sudah siap dengan perencanaan pemasaran dan penjualan yang matang agar strategi tersebut bisa berjalan dengan lancar.

 

Alasan Strategi Buy 1 Get 1 Membuat Jualanmu Laris

Strategi buy 1 get 1 yang dilaksanakan dengan tepat tentunya akan meningkatkan penjualan produk dengan pesat juga. Tidak hanya itu saja, dengan menggunakan strategi buy 1 get 1 artinya setiap perhitungan harga juga telah diatur agar tetap bisa memberikan pemasukan kepada usaha.

Berikut ini adalah beberapa alasan mengapa usaha yang memakai strategi buy 1 get 1 artinya jualannya tetap laris:

1. Pembeli Menyukai Kata Free

Siapa yang tidak suka jika diberi barang gratis? Menggunakan strategi buy 1 get 1 artinya memberikan satu barang gratis kepada pelanggan. Ini membuat pelanggan merasa lebih senang dengan pembelian mereka. Bahkan pembeli bisa membeli lebih banyak produk.

Strategi ini membuat pelanggan merasa mereka telah menerima produk gratis. Cara ini efektif sekali terutama jika pembeli memang sangat menyukai promo seperti buy 1 get 1. Banyak riset yang telah membuktikan ketika suatu usaha yang menggunakan strategi buy 1 get 1 artinya mereka bisa menaikkan penjualan dengan cepat karena pelanggan lebih memilih mendapatkan barang secara gratis daripada membeli harga promo.

Strategi buy 1 get 1 tidak hanya untuk produk saja. Kamu juga bisa menawarkan jasa juga. Maksudnya adalah pembeli yang mengambil promo buy 1 get 1 artinya juga mendapatkan jasa gratis untuk produk tertentu. Misalnya adalah membeli alat elektronik kemudian gratis jasa pasang sampai selesai. Ini juga bisa menjadi cara jitu strategi buy 1 get 1.

Baca Juga: Cara Top Up Growtopia Tanpa Kartu Kredit
 

2. Menghabiskan Stok Barang

Saat melakukan strategi buy 1 get 1 artinya suatu usaha juga dalam kondisi di mana mereka perlu menghabiskan stok barang. Cara ini cukup umum dilakukan karena buy 1 get 1 adalah strategi yang paling mudah digunakan untuk menghabiskan stok barang.

Dengan menggunakan strategi buy 1 get 1 artinya kamu bisa mengatur mana produk yang bisa kamu jadikan bonus gratis untuk setiap pembelian. Maka dari itu, pengaturan harga dan perhitungan pendapatan juga harus cermat. Biasanya saat melakukan strategi buy 1 get 1 artinya usaha tersebut mengkombinasikan produk yang paling banyak diminati dengan produk yang tidak terlalu banyak diminati. Cara lainnya adalah dengan menggunakan produk pelengkap sebagai bonus gratis kepada pelanggan yang melakukan pembelian.

Bukan berarti dengan melakukan buy 1 get 1 artinya keuntungan yang didapat akan berkurang. Inilah pentingnya menghitung pendapatan dengan sangat cermat karena strategi buy 1 get 1 artinya juga membagi keuntungan dari dua produk.
 

3. Membagi Keuntungan dengan Pelanggan

Saat menggunakan strategi buy 1 get 1 artinya usaha tersebut sedang membagi keuntungan dengan pelanggan. Maksudnya adalah margin harga dua produk tersebut telah dihitung agar terbagi dengan baik sehingga pelanggan tetap mendapatkan harga yang terjangkau untuk dua buah produk. Cara ini justru lebih menguntungkan penjual dan pelanggan karena harga yang didapat cukup terjangkau bagi pelanggan dan penjual tetap mendapatkan pendapatan.

Sebelum melaksanakan strategi ini untuk usahamu, ada baiknya kamu memperhitungkan margin dan HPP untuk produk yang kamu jual. Jika kamu melakukan strategi buy 1 get 1 artinya kamu juga mengerti bahwa keuntungan tersebut dibagi dalam dua produk. Jangan sampai kamu membebani pelanggan hingga membuat mereka merasa produk terlalu mahal.

Tidak hanya itu saja, dengan melakukan strategi buy 1 get 1 artinya setiap pembelian yang dilakukan oleh pelanggan menjadi dua kali lipat lebih banyak. Kamu perlu mengawasi hal ini dalam pembukuan laporan keuangan juga agar penulisan laporan keuangan tetap sesuai dengan proses operasional kerja.
 

4. Respon Pelanggan Lebih Baik

Riset membuktikan bahwa usaha yang menjual produk dengan promosi buy 1 get 1 lebih disukai oleh pelanggan dibandingkan dengan promosi biasa. Selain karena pelanggan lebih menyukai produk gratis, promosi buy 1 get 1 ternyata juga dianggap lebih menguntungkan bagi pelanggan.

Alasannya adalah karena buy 1 get 1 merupakan jenis promosi yang memberikan lebih banyak barang kepada pelanggan. Pelanggan juga bisa mendapatkan produk lebih dengan harga yang lebih terjangkau. Cara ini lebih menguntungkan bagi pelanggan dibandingkan dengan promosi potongan diskon atau voucher dan kupon.

Tentu saja agar strategi ini berhasil, kamu juga perlu membuat strategi yang tepat juga. Misalnya kamu mengkombinasikan produk yang memang sangat dibutuhkan oleh pelanggan agar strategi buy 1 get 1 bisa berhasil. Contoh sederhana adalah menjual sepatu dan memberikan gratis tali sepatu cadangan atau kaus kaki kepada pelanggan. Ini lebih menguntungkan bagi pelanggan dibandingkan jenis promo yang lainnya.

Baca Juga: Cara Melihat Insight Instagram dan Menganalisanya
 

5. Cara Mudah Memperkenalkan Produk Baru

Melakukan strategi buy 1 get 1 artinya kamu juga bisa menarik perhatian para calon pembeli untuk mencoba produk barumu. Cara ini bisa kamu lakukan ketika kamu perlu memperkenalkan produk baru ke pasar. Kamu bisa menarik perhatian pelanggan dan membuat mereka lebih mengenal produk barumu.

Contoh sederhana yang bisa kamu lakukan adalah ketika kamu menjual minuman rasa jeruk, kamu bisa menggunakan strategi buy 1 get 1 untuk memperkenalkan rasa baru kepada pelanggan. Misalnya kamu menggratiskan minuman rasa stroberi untuk setiap pembelian minuman rasa jeruk. Dengan cara ini, pelanggan akan mengetahui bahwa kamu membuat rasa baru dan mereka akan mencoba produk tersebut secara langsung. Cara yang mudah untuk memperkenalkan produk dan mengajak pelanggan untuk mencoba produk tersebut.


Saat melakukan promosi buy 1 get 1 artinya kamu juga perlu mengatur strategi tepat agar cara tersebut sukses. Selain itu strategi ini juga akan lebih berhasil ketika kamu mengenali apa saja yang disukai pelangganmu dan mana produk favorit mereka. Agar proses jualanmu jadi lebih lancar, kamu bisa menggunakan KoalaApp. KoalaApp merupakan dashboard yang mempermudah usahamu dengan fitur keyboard jualan, website jualan, hingga pengelolaan transaksi. Langsung saja cek KoalaApp sekarang!