Alasan Mengapa Inventory Control adalah Hal Penting!

4 Agustus 2022

Inventory control adalah hal yang penting, apalagi kalau usaha yang kamu miliki mempunyai gudang sendiri. Inventory control adalah bagian dari inventory management.

Meskipun usaha tidak membutuhkan gudang, kamu perlu mempelajari seandainya usaha kamu semakin berkembang dan membutuhkan gudang. Lagipula, pengetahuan tentang inventory control adalah pengetahuan yang bisa kamu gunakan walaupun kamu tidak mempunyai bisnis sendiri. 

Belakangan ini, semakin banyak usaha-usaha yang bermunculan. Hal tersebut merupakan imbas dari pandemi. Banyaknya pemutusan hubungan kerja, pengurangan gaji, belum lagi mobilitas yang terbatas. Di tengah masalah-masalah tersebut, banyak yang memutuskan untuk membuka usaha sendiri.

Setidaknya untuk membantu membiayai kehidupan sehari-hari. Orang-orang memutuskan menggunakan skill yang mereka miliki untuk menjual barang ataupun jasa yang mereka bisa.

Baca juga: 6 Cara Jualan di IG untuk Pemula dan Keuntungannya

 

E-commerce pun hadir sebagai platform bagi para masyarakat tersebut berjualan. Membuka toko fisik tentunya akan sangat memakan modal serta tenaga. Di tengah pandemi, arus jual beli di e-commerce meningkat pesat. Selain mereka yang berjualan, masyarakat yang mobilitasnya terbatas karena pembatasan pun banyak melakukan pembelian melalui e-commerce maupun media sosial.

Hal tersebut membuat banyak yang ingin memulai usaha sendiri. Nyatanya, mengembangkan usaha tidak semudah itu. Saat membuat usaha, banyak variabel yang harus kamu pikirkan. Yang pertama tentunya adalah melakukan riset pasar untuk mengetahui keinginan pasar. Setelah itu kamu harus memikirkan ide dan konsep serta demografi pasar yang kamu tuju. Selain itu kamu harus menyiapkan modal yang cukup. Tidak harus banyak, namun cukup untuk membuat usaha dan bertahan hingga beberapa bulan ke depan. 

Saat usaha kamu sudah berjalan, tidak berarti kerja keras berhenti sampai di situ. Apalagi kalau bisnis kamu semakin berkembang. Semakin banyak yang harus kamu pikirkan. Salah satu yang paling utama adalah inventory. Kamu harus menggunakan sistem inventory management yang baik agar proses dari penyimpanan hingga penjualan stok barang dapat berjalan dengan lancar dan optimal. 

Baca juga: Tokoh Wirausaha yang Sukses dan Survive dalam Berbisnis

 

Inventory control adalah bagian penting dari inventory management. inventory control adalah proses pengaturan untuk memaksimalkan inventaris perusahaan secara optimal. Biasanya inventory control adalah proses yang fokus kepada bagian operasional dari inventory di gudang saja. Tujuan utama dari inventory control adalah agar barang yang ada pada persediaan dapat digunakan secara optimal dan proses produksi bisa berjalan secara lancar. Dengan begitu, barang yang tersimpan tidak akan berlebihan atau kekurangan.

 

Manfaat Inventory Control

Beberapa manfaat inventory control adalah sebagai berikut:

  • Jumlah Pesanan Cukup

Salah satu manfaat inventory control yang terasa adalah agar jumlah pesanan di gudang sesuai dengan jumlah yang dipesan konsumen. Dengan begitu, kamu tidak perlu mengecewakan konsumen jika ternyata barang yang sudah mereka pesan tidak bisa dipenuhi karena persediaannya tidak cukup.

  • Perhitungan Barang Akurat

Manfaat selanjutnya dari inventory control adalah dapat menunjukkan total nilai unit milik perusahaan secara tepat. Dengan menggunakan sistem barcode pada setiap barang masuk, kamu dapat mendapatkan jumlah akurat pada tiap unit secara real-time.

  • Sebagai Pertimbangan Pengambilan Keputusan

Bukan hanya sebatas angka saja, salah satu hal juga jadi manfaat inventory control adalah untuk sebagai bahan pengambilan keputusan. Dari angka-angka tersebut, kamu bisa melihat level perubahan barang yang keluar dan harus kamu isi kembali. Dengan begitu, kamu bisa menentukan apakah kamu perlu mempertimbangkan untuk menambah stok lebih dari biasanya.

  • Biaya Operasional Efisien

Dengan menggunakan inventory control yang tepat, kamu dapat membuat biaya operasional yang dikeluarkan menjadi efisien. Biaya pengiriman dan biaya material akan semakin terkendali jika kamu dapat mengelola persediaan dan gudang dengan benar.

 

Inventory control juga dapat berpengaruh pada seluruh proses transaksi bisnis yang akan dilalui perusahaan nantinya, termasuk juga omset. Hal tersebut tidak lepas dari persediaan inventory yang berpengaruh pada penjualan. Selain itu, kamu atau perusahaan tempat kamu bekerja dapat mengetahui pola mengelola inventori yang baik untuk digunakan pada bisnis yang digeluti. 

 

6 Metode Inventory Control

Berikut ini merupakan 6 metode inventory control:

1. Quality Control

Dengan Quality Control, perusahaan akan mudah untuk melakukan pengawasan produk yang dipesan dari pihak penyedia. Selain itu, perusahaan akan mudah menentukan keputusan jika ada suatu hal terkait pesanan konsumen ataupun terdapat masalah pada produk yang dimiliki. Hubungan quality control dengan inventory control adalah akan menjadi lebih mudah jika persediaan yang tersedia dapat diketahui letak dan jumlah pasti.

2. Pelacakan Persediaan (Tracking Inventory)

Metode kedua inventory control adalah pelacakan unit-unit yang tersedia agar diketahui lokasi tepatnya di dalam gudang. Dengan proses pelacakan secara real-time, dengan begitu pesanan dari konsumen dapat diakomodir secara cepat dan tepat agar bisa langsung dikirimkan. Dengan begitu, jika kamu tidak dapat memberikan pesanan karena unitnya sedang kosong, kamu dapat melakukan tindakan yang harus diambil terkait pesanan konsumen tersebut. Kamu juga dapat melakukan tindakan lain seperti membeli unit yang sama dari tempat lain.

3. Menentukan Reorder Point

Menentukan Reorder Point pada inventory control adalah kegiatan di mana perusahaan harus memesan persediaan lebih agar mengantisipasi ketika persediaan yang ada di gudang habis. Tindakan tersebut dilakukan pada semua SKU atau Stock Keeping Unit. Dengan begitu, pemantauan manual bisa dilakukan secara minimal dan pemesanan persediaan dapat dilakukan pada waktu yang sesuai.

4. Menentukan Persediaan

Metode selanjutnya pada inventory control adalah menentukan persediaan. Perusahaan-perusahaan terutama yang sudah berjalan untuk beberapa waktu sebaiknya harus memanfaatkan persediaan yang ada secara maksimal. Karena beberapa produk tentunya akan mengalami fluktuasi.

Apalagi jika perusahaan tersebut bergerak pada lini bisnis yang musiman. Persediaan yang tersisa tentunya membutuhkan inventory control yang baik agar tidak terbuang begitu saja. Apalagi SKU yang dipesan tentu berbeda jumlah pemesanannya. Inventory control yang tepat akan membuat perusahaan dapat menentukan jika suatu SKU sudah tidak ada potensinya.

5. Zonasi

Salah satu metode yang biasa digunakan perusahaan besar dengan inventory control adalah zonasi. Biasanya jika perusahaan tersebut mempunyai berbagai jenis SKU yang membutuhkan kebutuhan yang tentunya berbeda. Metode ini relevan dengan tata letak gudang serta peletakan produk-produk terkait. Dengan begitu, flow operasional di gudang juga menjadi lebih baik sehingga akan lebih produktif.

Salah satu contohnya adalah jika perusahaan menjual produk yang membutuhkan penyimpanan pada suhu tertentu. Perusahaan kemudian dapat menentukan letak yang strategis untuk menyimpan produk tersebut.

Contoh lain dari zonasi adalah memisahkan produk dengan jenis yang sama namun memiliki nomor batch berbeda. Memisahkan produk berdasarkan tanggal kedaluwarsa atau memisahkan produk berdasarkan frekuensi pemisahan, termasuk pemberlakuan zonasi dalam pengendalian inventaris.

6. Audit Teratur 

Hal Yang terasa manfaatnya dengan inventory control adalah audit. Buah dari pengelolaan yang baik dari inventory control adalah audit pun dapat berjalan lebih mudah. Zonasi yang sudah diterapkan membuat ruang penyimpanan menjadi lebih efektif dan tertata. Ditambah jika menggunakan sistem modern seperti perangkat lunak inventaris, audit dapat dilakukan secara optimal.


Nah, sekarang kamu sudah tahu kan pentingnya inventory control bagi perusahaan, apalagi sistem yang terorganisasi bakal membantu kamu lebih mudah untuk mengelola. Dengan kemajuan digital, ada sebuah aplikasi yang bernama Koala yang bisa bantu kamu.  Dengan Koala kamu dapat sebuah aplikasi yang bisa melakukan berbagai transaksi, mulai dari chat hingga kirim barang. Yuk, cek info lebih lengkapnya di sini.