Contoh Bio Instagram yang Menarik Followers untuk Bisnismu

2 Agustus 2022

Buat kamu yang ingin memiliki bisnis secara online di Instagram, mengetahui contoh bio Instagram yang menarik followers bisnis adalah hal yang penting. Tujuan ini adalah untuk kamu memasarkan suatu produk yang sedang kamu pasarkan.

Nama ‘Instagram’ sendiri diambil dari kata “Insta” yang berasal dari kata “Instan”. Nama tersebut diambil dari kamera polaroid atau kamera instan. Sementara untuk kata “gram” diambil dari kata “Telegram” yang bisa mengirimkan informasi dengan cepat.

Secara umum, Instagram (IG) adalah aplikasi yang memiliki fungsi sebagai media sosial untuk membagikan foto dan video dalam suatu jejaring sosial, dengan begitu pengguna dapat mengambil foto dan video, serta bisa menambahkan filter agar foto dan video yang dibuat semakin menarik.

Instagram dapat kamu akses melalui perangkat smartphone, seperti Android maupun iOS. Seperti media sosial lainnya, Instagram memiliki konsep interaksi antar pengguna dengan adanya following dan followers. Selain itu, pengguna juga bisa memberikan komentar pada postingan foto dan video, likes, share, dan menyimpan.

Instagram adalah salah satu media sosial yang paling terkenal ketiga setelah YouTube dan WhatsApp. Hal ini membuat Instagram sebagai platform yang digunakan untuk promosi bisnis. Pengguna aktif Instagram juga memiliki lebih dari satu miliar di seluruh dunia.

Maka dari itu, pengguna hampir setiap hari mengakses Instagram. Jumlah pengguna yang banyak ini memberikan kamu peluang yang baik untuk berjualan di Instagram. Namun, pastikan kamu membuat akun Instagram bisnis yang profesional, agar pengguna media sosial Instagram menjadi calon konsumen yang berpotensial dalam bisnis kamu. 

Salah satu hal yang penting yang harus kamu perhatikan dalam membuat akun Instagram bisnis adalah mengisi kolom bio yang terdapat pada profil Instagram.

Bio Instagram adalah kolom yang terdapat di bagian profil, kamu hanya mengisinya dengan mencantumkan deskripsi singkat dari bisnis yang sedang kamu jalankan. Dengan membuat contoh bio Instagram yang menarik followers, akun bisnis Instagram kamu akan terlihat lebih kredibel, hal ini bisa meningkatkan brand awareness.

Pengguna hanya bisa menulis isi bio sebanyak 150 karakter yang menggunakan kombinasi huruf, angka, dan emoji agar lebih menarik. Selain itu, kamu juga bisa mencantumkan lokasi, alamat email, hingga nomor telepon. Dengan begitu, pengguna atau calon konsumen dari bisnis kamu akan lebih mudah untuk menemukan lokasi fisik, serta dapat menghubungi melalui media komunikasi lainnya.

 

Contoh Bio Instagram yang Menarik Followers

Berikut contoh bio Instagram yang menarik followers yang bisa kamu ikuti:

1. Membuat Nama Akun yang Jelas

Contoh bio Instagram yang menarik followers yang pertama adalah membuat nama akun yang jelas dan mudah diingat. Sebaiknya, kamu memakai nama brand sebagai nama akun Instagram kamu. Contoh bio Instagram yang menarik followers ini akan membuat pengguna maupun calon konsumen memudahkan dalam mencari produk kamu. Jangan membuat nama akun yang mengkombinasikan huruf atau simbol ya.. 

Baca juga: Rekomendasi Nama Online Shop yang Bagus di Instagram

2. Pakai foto Profil yang Menarik

Untuk menarik followers, kamu bisa memakai foto profil bisnis yang menarik. Agar akun bisnis kamu terlihat lebih profesional, kamu bisa menggunakan logo brand maupun foto produk yang kamu tawarkan. Dengan contoh bio Instagram yang menarik followers ini juga bisa meningkatkan brand awareness, yang mana pengguna bisa melihat nama brand, logo, ataupun produk secara bersamaan. 

3. Mendeskripsikan Bisnis Dengan Singkat

Bio Instagram yang menarik followers adalah dengan menulis deskripsi bisnis dengan singkat. Contohnya, bisa memilih kategori di akun olshop yang benar. Baik itu ritel, kesehatan, kecantikan, dan lainnya. Dengan contoh bio Instagram yang menarik followers ini, pelanggan bisa tahu jenis olshop kamu secara mudah. Deskripsi ini juga akan lebih gampang dimengerti oleh pengguna dari berbagai usia. 

4. Tambahkan Deskripsi Penting Lain

Jangan lupa untuk menambahkan beberapa deskripsi pendukung lain. Contohnya, deskripsi tentang tempat, telepon, email, website, sampai link ke e-commerce. Deskripsi penting ini bisa ditulis di halaman profil olshop kamu, lho. Jadi, calon konsumen bisa langsung menghubungi kontak olshop dengan mudah. Dengan begitu, akun olshop Instagram kamu makin terlihat profesional. Pengguna Instagram juga bisa lebih gampang mengerti jenis bisnis atau olshop yang sedang kamu jalankan.

5. Sertakan Link atau CTA

Menyertakan link atau CTA juga bisa menjadi contoh bio Instagram yang menarik followers. Kamu jadi lebih maksimal mempromosikanya bisnismu dengan link atau CTA (Click-to-Action). Contoh bio Instagram yang menarik followers ini bisa mempermudah pengguna atau calon konsumen untuk masuk ke profil Instagram kamu. Bisa langsung masuk ke websitee-commerce, chat, aplikasi, dan platform lainnya. Dengan begitu, pengguna dapat melihat berbagai produk yang kamu jual.

6. Pakai Bahasa yang Cocok dengan Target Pelanggan

Memakai bahasa yang cocok dengan target pelanggan adalah juga contoh bio Instagram yang menarik followers. Bahasa yang cocok membuat pelanggan mudah mengerti dengan apa yang kamu sampaikan. Ada baiknya juga tentukan terlebih dahulu target pelanggan kamu. Jika target kamu adalah kalangan muda, sebaiknya gunakan bahasa gaul yang trending saat ini. 

Baca juga: Rekomendasi Hashtag IG Banyak Like yang Bisa Digunakan

7. Tambahkan Tagline atau Slogan

Pastikan untuk menyertakan tagline atau slogan brand. Hal ini bertujuan agar brand kamu memiliki ciri khas di mata pengguna atau calon konsumen, sehingga mereka akan lebih mudah mengingat brand yang kamu miliki. Tagline atau slogan yang ditulis dalam bentuk hashtag. Dengan begitu, pengguna IG dapat menemukannya di kolom pencarian.

8. Membuat Konten atau Postingan yang Unik

Contoh bio Instagram yang menarik followers yang terakhir adalah membuat konten atau postingan yang unik. Biasanya, pengguna yang mem-follow akun Instagram bisnis, dilihat dari kontennya yang menarik perhatian. Pengguna ingin melihat konten yang disukainya, muncul di feeds Instagram. Oleh karena itu, dengan membuat konten yang menarik akan memungkinkan pengguna yang satu dan lainnya saling membicarakan akun bisnis kamu, sehingga semakin banyak orang yang melihat postingan kamu. 

 

Dengan mengikuti contoh bio Instagram yang menarik followers tersebut berpotensi untuk mengubah para pengguna Instagram yang melihat kontenmu menjadi tertarik untuk mengikuti akun kamu. Wah, siap-siap viral, nih! Hahaha..

Nah, itulah berbagai contoh bio Instagram yang menarik followers. Penting juga untuk membangun brand awareness, yang mana bisa membuat pengguna tertarik hingga memutuskan untuk membeli produk kamu. Buat juga sistem yang bisa mengelola transaksi, balas chat, sampai cek ongkir untuk bisnismu. Semua bisa kamu dapatkan hanya di Koala. Yuk download sekarang!