Macam-Macam Kerajinan Tangan yang Inovatif dan Unik

14 Juni 2022

Siapa nih yang suka membuat kreasi kerajinan tangan? Menurut teori, kerajinan tangan merupakan karya seni yang bisa kamu buat dengan sekreatif mungkin di waktu yang senggang. Kamu bisa buat macam-macam kerajinan tangan hanya dari barang bekas saja, lho

Dengan memanfaatkan barang bekas yang sudah nggak terpakai lagi, kamu menjadi salah satu orang yang membantu melestarikan lingkungan. Dari sampah plastik, besi, dan botol kaca bisa kamu pakai kembali dengan fungsi yang lain. 

Kamu dapat membuat macam-macam kerajinan tangan dengan bentuk atau model sesukamu. Maka dari itu, kamu hanya perlu bahan-bahan sederhana untuk membuat macam-macam kerajinan tangan tersebut.

Ada pilihan yang bisa dicoba buat kamu yang ingin berkreasi dan berinovasi  untuk membuat macam-macam kerajinan tangan. Berikut contoh macam-macam kerajinan tangan yang inovatif dan unik.

1. Aksesoris

Aksesoris | Src Img: Pinterest
Aksesoris | Src Img: Pinterest

 

Aksesoris termasuk salah satu dari macam-macam kerajinan tangan yang nggak pernah padam dari jaman ke jaman, dari semua kalangan lintas usia. Mungkin, kebanyakan aksesoris dibuat dan diciptakan dari pabrik besar. Namun, ternyata nggak cuma bisa dibuat dari pabrik besar saja, tapi kamu juga bisa membuat aksesoris yang kamu inginkan dengan teknik tangan atau handmade.

Dari semua macam-macam kerajinan tangan, aksesoris yang dimaksud biasanya berupa gelang tangan atau kaki, cincin, kalung, dan jepitanan rambut. Sebenarnya nggak perlu keahlian khusus dalam cara membuatnya.

Misalnya, jika bahan dasar itu terbuat dari logam, maka kamu bisa menambahkan elemen plastik, batu mulia, kaca, atau manik-manik, sehingga bahan dasar tersebut terlihat lebih estetik dan berwarna. Wah, kalo dilihat-lihat mudah juga ya..

 

2. Pot tanaman dari botol bekas

Pot dari botol bekas | Src img: Pinterest
Pot dari botol bekas | Src img: Pinterest

 

Apakah kamu punya banyak botol bekas nggak terpakai di rumah? Eits, jangan langsung dibuang, ya! Ternyata, botol bekas bisa, lho, dipakai kembali sebagai pot tanaman di rumah. Apalagi bagi kamu yang suka bercocok tanam, daripada membeli pot baru yang harganya lumayan mahal, lebih baik kreasikan sendiri pot yang kamu inginkan.

Misalnya, jika kamu punya botol bekas sabun mandi, kamu hanya perlu memotong bagian atasnya saja. Setelah itu, kamu bisa menggambar atau melukis di seluruh bagian depan botol untuk mempercantik dan membuat botol tersebut lebih menarik.

Selanjutnya, kamu bisa mencoba masukkan tanah dan tanaman ke dalam botol. Taruh botol di tempat aman dan pastinya dekat dari sinar matahari. Atau jika ingin digantung, kamu bisa membuat lubang di botol tersebut dan pasangkan tali di kedua sisinya. Mudah sekali, bukan?

 

3. Lampu hias dari kain bekas

 Lampu hias dari kain bekas
Lampu hias dari kain bekas | Src img: Pinterest

 

Selanjutnya, ada lampu hias. Lampu hias di rumah kamu ternyata bisa didekorasikan secara unik, lho. Siapa sangka, hanya dengan bermodalkan kain bekas, lampu hias bisa terlihat unik dan cantik.

Tanpa harus ngeluarin biaya mahal, kamu bisa menyimpannya di ruang tamu yang bisa bikin rumah kamu jadi tambah modern.

Kamu cuma perlu kawat berbentuk lingkaran, kain perca berwarna atau bermotif yang sesuai selera, dan tali secukupnya. Setelah itu, bisa kamu tempelkan kain perca tersebut di atas lampu hias, lalu ikatkan kain tersebut dengan tali. 

Baca juga: Ide Jualan Online Shop 

 

4. Lilin aromaterapi

Lilin aromaterapi
Lilin aromaterapi | Src img: Pinterest

 

Saat ini, lilin pengharum ruangan memang lagi populer di masyarakat, nih. Nah, lilin ini dikenal dengan sebutan lilin aromaterapi atau wax sachet. Lilin ini merupakan salah satu dari macam-macam kerajinan tangan yang mempunyai berbagai wangi bunga-bungaan atau buah-buahan yang bikin segar.

Selain wangi, ternyata lilin aromaterapi ini punya manfaat saat dihirup, yaitu dapat memberikan ketenangan. Kamu bisa menyimpannya di kamar tidur, ruang tamu, atau tempat yang membutuhkan keharuman. 

Cara membuat lilin aromaterapi ini ternyata sangat mudah. Kamu hanya perlu menyiapkan beberapa alat dan bahan seperti bee wax, cetakan lilin, minyak aromaterapi, bunga atau rempah kering.

Kamu juga bisa memilih cetakan khusus lilin yang bentuknya menarik dan sudah dilengkapi dengan lubang untuk dimasukkan tali. Salah satunya adalah cetakan dari green leaf.

Hanya butuh kreativitas dan tempat cetakan lilin estetik, kamu bisa membuat varian lilin aromaterapi yang beragam. Nah, kalau sudah tahu caranya, kamu bisa buat sendiri dan pilih wangi yang kamu inginkan.

 

5. Miniatur dari kardus

Miniatur dari kardus
Miniatur dari kardus | Src img: Pinterest

 

Selanjutnya, ada miniatur dari kardus yang unik dan ternyata banyak diminati oleh masyarakat. Miniatur ini bisa digunakan sebagai pajangan, atau bisa untuk kado pernikahan serta ulang tahun seseorang.

Karena bahan yang sangat mudah didapatkan tersebut, kamu bisa mencoba membuat berbagai macam bentuk sesuai kebutuhan yang diinginkan.

Jika miniatur itu untuk anak-anak, kamu bisa buat mobil-mobilan, rumah-rumahan, sampai bentuk boneka. Lucu, bukan? Cara membuatnya juga sangat mudah, hanya membutuhkan kardus dan lem yang kuat. Hayo, sudah terbayang ingin membuat apa?

 

6. Bouquet bunga dari kain flanel dan kertas

Bouquet bunga dari kain flanel dan kertas
Bouquet bunga dari kain flanel dan kertas | Src img: Pinterest

 

Contoh lain dari kerajinan tangan adalah bouquet bunga. Yup, bouquet bunga paling laris di pasaran. Biasanya, orang-orang akan membutuhkan bouquet bunga di momen ulang tahun, wisuda, lamaran, dan sebagainya.

Nggak perlu bunga asli, bouquet bunga bisa dibuat dengan hanya memakai kain flanel dan kertas saja. Apalagi, bouquet bunga bisa disimpan tahan lama dan nggak layu seperti bunga asli pada umumnya.

Cara membuatnya, kamu hanya memerlukan kain flanel untuk membentuk bunga serta kertas pembungkus dan pita untuk mempercantiknya. Sederhana, bukan?

 

7. Aneka rajutan

Aneka rajutan
Aneka rajutan | Src img: Pinterest

 

Berbeda dari macam-macam kerajinan tangan sebelumnya, kerajinan tangan dari benang wol ini bisa dibuat dengan berbagai macam bentuk, seperti tas, boneka, sweater, selimut, syal, dan lainnya.

Karena bahan ini bisa dipakai sebagai pakaian sehari-hari, cara membuatnya memang agak sedikit sulit, namun fungsinya akan sangat berguna untuk pemakainya. Kamu bisa memilih benang wol yang nggak mudah terurai, kuat dan cukup tebal. 

 

Nah, itu dia macam-macam kerajinan tangan yang bisa kamu buat sendiri di rumah. Apakah kamu sudah terpikirkan untuk membuat salah satu kerajinan tangan di atas? Usut punya usut, selain bermanfaat, kerajinan tangan di atas ternyata bisa menghasilkan penghasilan tambahan, lho. Apalagi, jika kamu sebagai pemula, yang masih bingung mau bisnis apa, macam-macam kerajinan tangan ini bisa dijadikan patokan.

Kalau kamu sudah terjun di bisnis ini, pilihlah sistem penjualan yang terpercaya agar semua alur bisnis kamu berjalan lancar. Pakai Koala, sistem satu genggaman yang nggak perlu pindah ke aplikasi lain. Langsung cek saja di sini, yuk!