Pengertian Key Opinion Leader (KOL), Jenis dan Manfaat

25 Juni 2023

Perkembangan media sosial yang sangat pesat, membuat Key Opinion Leader atau KOL semakin bermunculan. KOL adalah seseorang atau individu yang dipercaya, memiliki pengalaman maupun keahlian di bidang tertentu serta bisa memberikan pengaruh yang besar untuk banyak orang.

Biasanya seorang yang berpengaruh di media sosial akan bekerjasama dengan suatu brand atau perusahaan tertentu. Nantinya KOL akan membuat konten menarik di media sosial, seperti Youtube, Instagram, TikTok dan sebagainya. Kerjasama diantara dua pihak bisa meningkatkan kredibilitas brand atau merek.

Apa Itu Key Opinion Leader (KOI)?

Key Opinion Leader atau KOI adalah seseorang yang mempunyai status sosial yang kuat dan tinggi sehingga memiliki pengaruh yang cukup besar di masyarakat. Hal ini membuat rekomendasi maupun pendapat yang diberikan bisa mempengaruhi orang lainnya dengan kredibilitas serta personal branding yang dimiliki.

Key Opinion Leader juga bisa diartikan seorang tokoh yang memiliki pengalaman, keahlian dan juga pengetahuan mendalam terhadap suatu bidang tertentu. Dimana pengalaman dan keahlian yang dimiliki sudah terbukti. Rekomendasi maupun pendapat KOL akan selalu dianggap penting dan didengar calon konsumen sebelum membeli suatu produk.

Seorang KOI bisa berasal dari berbagai latar belakang, misalnya tokoh politik, tokoh sejarah, selebriti, seorang ahli dan sebagainya. Perlu diketahui jika saat ini istilah KOL lebih dikenal dengan sebutan influencer atau pemengaruh. Alasannya karena mereka memiliki kekuatan yang bisa dimanfaatkan untuk mempengaruhi orang lain, terutama para pengikutnya.

Di dalam dunia marketing, keberadaan KOL banyak digunakan untuk meningkatkan brand awareness. Selain itu, juga digunakan untuk menjangkau lebih banyak calon pembeli di pasaran dan untuk mendapatkan kredibilitas merek atau brand melalui pemasaran yang dilakukan dari mulut ke mulut.

Baca Juga : Pengertian, Strategi dan Manfaat Marketing Funnel

Jenis-Jenis Key Opinion Leader (KOL)

Key Opinion Leader akan memiliki posisi yang penting di dunia marketing. Maka dari itu, saat kamu akan menggunakan jasanya berarti harus memilihnya dengan bijak. Berikut ini beberapa jenis KOL berdasarkan kekuatannya dalam mempengaruhi massa:

1. Nano-influencer

Nano-influencer merupakan individu atau seseorang yang memiliki pengikut minimal 1000 dan paling banyak memiliki 10.000 pengikut. Kamu bisa menggunakan jasa dari jenis KOL dengan kisaran pengikut tersebut, asalkan masih ada keselarasan dengan brand campaign.

2. Micro-influencer

Jenis KOL ini memiliki jumlah pengikut yang lebih besar dibandingkan jenis yang pertama. Micro-influencer memiliki pengikut antara 10.000 sampai 50.000. Pada jenis KOL ini, tugas dari KOL bisa saja lebih efektif dari Nano-influencer. Akan tetapi, jangan lupa untuk selalu mempertimbangkan jenis KOL lain dengan pengikut yang lebih banyak.

3. Mid tier influencer

Dibandingkan dengan Micro-influencer, pengaruh Mid tier influencer jauh lebih besar. Ini dikarenakan, jenis KOL ini memiliki jumlah pengikut yang jauh lebih besar yaitu berjumlah 50.000 sampai dengan 500.000.

4. Macro influencer

Macro influencer merupakan jenis KOL dengan jumlah pengikut minimal 500.000 dan maksimal 1.000.000. Contoh Key Opinion Leader ini bisa kamu temui di media sosial seperti Instagram.

5. Mega influencer

Seseorang bisa dikatakan sebagai KOI jenis Mega influencer apabila memiliki pengikut lebih dari 1.000.000 followers. Contoh dari KOI jenis ini adalah tokoh yang aktif di media sosial, tokoh yang sering diundang di berbagai acara dan juga dokter pada acara TV swasta.

Meskipun jenis KOL ini memiliki jumlah pengikut yang banyak, kamu harus memastikan jika engagement ataupun interaksi dengan penggunanya juga cukup tinggi.

Baca Juga : Pengertian Advertising Digital Beserta Jenis dan Cara Kerjanya

Manfaat Key Opinion Leader (KOI)

Inilah beberapa manfaat Key Opinion Leader (KOI) yang harus kamu ketahui:

1. Menaikkan Kredibilitas Brand

Perlu diketahui jika KOI bukanlah orang random yang tiba-tiba viral lalu dikenal oleh banyak orang. Seseorang dikatakan sebagai KOI jika memiliki pengalaman dan ahli di bidangnya masing-masing. Hal ini berarti ketika sebuah merek atau brand menggunakan jasanya dalam strategi marketing maka kredibilitas brandnya menjadi naik.

2. Membantu Aktivitas Promosi Brand atau Produk

Manfaat Key Opinion Leader selanjutnya yaitu membantu aktivitas sebuah brand atau produk. Caranya yaitu dengan mengunggah konten di media sosial, blog ataupun Youtube pribadinya. Dimana jumlah pengikut yang mereka miliki bisa membantu brand ataupun produk yang dipromosikan menjadi dikenal banyak orang.

Hal ini dikarenakan sekian persen dari pengikutnya mungkin saja membuka akun bisnis, melakukan pencarian di Google atau membeli brand ataupun produk tersebut karena memang tertarik.

3. Meningkatkan Followers dan Pelanggan

Manfaat KOI yang ketiga adalah bisa meningkatkan jumlah followers dan pelanggan. Maksudnya yaitu setelah kredibilitas suatu brand naik karena menggunakan KOI dalam strategi pemasarannya, maka jumlah followers maupun pelanggannya akan ikut mengalami peningkatan.

Alasannya cukup banyak, seperti karena pengaruh KOI tersebut. Bisa juga karena cara promosi tradisional seperti promosi dari mulut ke mulut atau promosi dari satu pelanggan memengaruhi orang-orang di sekitarnya untuk ikut menggunakan suatu brand atau produk yang dipromosikan oleh KOL.

Itulah informasi tentang pengertian Key Opinion Leader (KOL), jenis dan juga manfaatnya. Kesimpulan dari penjelasan diatas adalah keberadaan KOI sangat penting dalam strategi pemasaran karena bisa membantu promosi produk, meningkatkan kredibilitas produk dana tentunya bisa membantu meningkatkan penjualan.

Selain menggunakan KOL, kamu juga bisa menggunakan Koala+ untuk mengembangkan bisnis mulai dari layanan pelanggan hingga meningkatkan penjualan. Koala+ sudah terintegrasi dengan Whatsapp Business API. Selain itu, Koala+ juga menjadi partner bisnis resmi Facebook (FB) yang akan membantu bisnis-mu agar lebih mudah dalam menjalankan transaksi online berbasis layanan pesan.

Koala+ dibekali beberapa fitur seperti Broadcast Message, Chatbot, Manajemen Produk, Manajemen Transaksi, dan Live Customer Service. Jadi, jangan lupa untuk segera menggunakan Koala+ ya!