Pengertian Penetrasi Pasar, Manfaat Beserta Contohnya

24 Juni 2023

Market penetration atau penetrasi pasar sangat dibutuhkan ketika perusahaan akan meluncurkan produk baru ataupun memulai bisnis baru. Kenapa dibutuhkan? Karena peluncuran produk maupun memulai usaha baru tidak bisa dilakukan begitu saja, butuh analisis pasar dan juga penyusunan strategi yang jitu agar langkah awal yang diambil sudah tepat.

Tujuan dilakukan market penetration adalah untuk membantu produk baru agar bisa masuk ke pasar dengan cara yang tepat. Dengan begitu, produk baru bisa dengan mudah dikenal banyak orang sehingga dilakukan pembelian. Bagi kamu yang belum tahu tentang penetrasi pasar, bisa langsung simak penjelasan dibawah ini.

Baca Juga : Mengenal Apa Itu Segmentasi Pasar Secara Lengkap

Pengertian Penetrasi Pasar

Secara umum, penetrasi pasar merupakan cara sebuah bisnis untuk mengukur seberapa banyak produk atau jasa digunakan oleh konsumen dibandingkan dengan jumlah total pasar dari produk yang ditawarkan tersebut.

Contohnya yaitu apabila kamu memperkirakan ada 500.000 orang yang akan membeli produk-mu dan perusahaan-mu hanya mampu menjual 25.000 unit saja. Ini berarti penetrasi pasar bisnis kamu adalah 5%.

Pengertian lain market penetration adalah cara yang digunakan untuk mengembangkan suatu strategi untuk memperluas cakupan pasar suatu produk ataupun jasa tertentu. Menurut Investopedia, apabila total pasarnya dinilai besar maka pendatang baru suatu industri akan memiliki harapan untuk mempunyai sejumlah proporsi pasar dari total potensi yang ada.

Dari angka tersebut, kamu juga bisa mengetahui potensi pertumbuhan suatu industri sehingga bisa memiliki kepercayaan diri lebih untuk mengoperasikan bisnis di ranah tersebut. Perlu diketahui jika market penetration ini sangat penting apabila kamu ingin bersaing dalam suatu industri.

Mengetahui potensi maupun kapasitas bisnis yang akan dibangun sebelum terjun ke dalam kompetisi pasar itu sangatlah penting. Terlebih lagi jika sudah ada brand atau merek dengan nama besar disana. Dengan menghitung serta memperkirakan potensi pasar dan menyusun strategi market penetration maka akan ada banyak keuntungan yang didapatkan.

Manfaat Penetrasi Pasar

Inilah beberapa manfaat penetrasi pasar yang harus kamu ketahui:

1. Meningkatkan Penjualan

Sebagian besar orang yang baru saja mendirikan usaha baru pasti akan fokus untuk meningkatkan penjualan. Tujuannya agar mendapatkan banyak keuntungan. Strategi penetrasi pasar yang dilakukan harus bisa meningkatkan laba perusahaan atau bottom line.

Laba perusahaan bisa diraih dengan cara mendukung produk agar bisa dipasarkan dengan cepat dan tepat sasaran. Strategi yang tepat tentu saja bisa memastikan produk ataupun jasa menjadi mudah ditemukan oleh konsumen yang menjadi targetnya dalam segmentasi pasar yang sesuai.

2. Positioning Produk yang Lebih Baik

Banyak pendatang baru yang mengalami kesulitan untuk bersaing dengan merek atau brand-brand besar yang sudah lebih dulu menguasai pasar. Salah satu kesulitan yang dialami adalah kesulitan dalam menetapkan harga atau positioning produk. Sangat sulit bagi pendatang baru untuk mematok harga yang lebih tinggi dari kompetitor yang lebih dipercayai oleh pelanggan.

Namun, kondisi tersebut bisa diatasi dengan adanya strategi market penetration. Dimana bisnis atau usaha baru bisa menjustifikasi harga yang ditawarkan. Meskipun harga yang dipatok lebih tinggi, jika bisa memposisikan brand atau mereknya dengan benar di pasar maka itu tidak akan menjadi kendala besar.

3. Meningkatkan Ekuitas Merek

Ekuitas merek adalah suatu hal yang diakui oleh perusahaan. Ekuitas merek ini bisa dicapai perusahaan dengan strategi market penetration yang rinci. Hal ini dikarenakan ekuitas merek bisa meningkatkan nilai bisnis maupun perusahaan secara keseluruhan.

Kondisi tersebut tentu saja bisa membuka kesempatan untuk perluasan bisnis. Selain itu, merek atau brand yang dimiliki akan membantu perusahaan menekan biaya pemasaran maupun mematok harga yang lebih tinggi dibandingkan produk kompetitor.

Baca Juga : Contoh dan Cara Membuat Broadcast Dinamis Whatsapp di Koala+

Contoh Penetrasi Pasar

Berikut beberapa contoh strategi market penetration yang bisa dilakukan:

1. Penyesuaian Harga

Strategi penyesuaian harga menjadi market penetration yang paling banyak digunakan. Contohnya yaitu dengan memberikan diskon atau potongan harga pada produk maupun jasa dengan tujuan untuk meningkat penjualan. Contoh lainnya yaitu perubahan (kenaikan maupun penurunan) harga suatu produk setelah menganalisis produk pesaing.

Strategi market penetration satu ini harus dilakukan dengan bijaksana. Jika dilakukan secara berlebihan bisa membuat keuangan perusahaan menjadi rugi. Terlalu sering menurunkan harga produk akan membuat konsumen berpikir bahwa kualitas produk yang kamu jual kurang bagus.

2. Meningkatkan Kualitas Produk

Contoh strategi lainnya yaitu meningkatkan kualitas produk. Terkadang membicarakan tentang keunggulan produk yang kamu ciptakan dibandingkan produk lainnya dengan konsumen juga menjadi salah satu trik marketing.

Hal ini dikarenakan banyak konsumen yang terdorong untuk membeli suatu produk hanya karena daya tariknya dan tidak memeriksa klaim iklan dari produk tersebut. Jadi kamu perlu melakukan sedikit penyesuaian pada produk dan juga kemasannya agar bisa menarik minat konsumen sehingga meningkatkan penjualan.

3. Promosi

Mempromosikan produk melalui iklan salah satunya bertujuan untuk meningkatkan kesadaran merek. Dalam hal ini perusahaan bisa melakukan promosi dalam jangka waktu yang pendek maupun panjang. Semua itu tergantung dengan kebutuhan serta  jumlah anggaran promosi yang dimiliki.

Salah satu hal yang perlu diperhatikan dalam strategi market penetration ini adalah sebesar apapun promosi yang dilakukan harus direncanakan dengan baik. Jangan sampai promosi produk yang kamu lakukan mudah di counter oleh kompetitor.

4. Diversifikasi Produk

Diversifikasi produk adalah salah satu strategi market penetration agar perusahaan bisa masuk ke pangsa pasar yang baru. Strategi ini bisa dilakukan dengan cara membuat produk baru yang sesuai dengan pasar yang dituju.

5. Kolaborasi dengan Perusahaan Lainnya

Supaya market penetration menjadi lebih mudah, ada beberapa perusahaan yang memilih untuk melakukan kerjasama dengan perusahaan lainnya. Sebelum memutuskan untuk menjalin kerjasama dengan perusahaan tertentu, kamu harus mempertimbangkannya dengan serius terlebih dahulu.

Itulah informasi tentang pengertian penetrasi pasar, manfaat beserta contohnya. Bagi kamu yang baru terjun di dunia bisnis harus tahu tentang penetrasi pasar. Dengan strategi penetrasi pasar, kamu bisa meningkatkan penjualan produk.

Untuk memaksimalkan penetrasi pasar, kamu bisa memanfaatkan fitur Broadcast Message dari Koala+. Dengan fitur ini, kamu bisa mengirim pesan ke banyak pelanggan sekaligus sehingga menjadi lebih cepat dan efisien. Selain itu, juga bisa mempromosikan produk baru, pengumuman perubahan jam operasional serta informasi diskon yang sedang berlangsung.

Pesan yang nantinya kamu kirim bisa dibuat lebih personal dengan menyebutkan nama pelanggan maupun informasi lainnya. Hal ini bertujuan untuk meningkatkan konversi dan engagement. Semua broadcast bisa dengan mudah kamu atur di dashboard Koala+ yang sudah terintegrasi dengan WhatsApp Business API.