Manfaat Ekonomi Kreatif untuk Perekonomian Masa Depan

20 Juni 2023

Ada banyak manfaat ekonomi kreatif untuk perekonomian masa depan Indonesia. Pemerintah terus mendukung warganya untuk terus mengembangkan ekonomi kreatif. Ekonomi kreatif adalah konsep baru dalam ekonomi yang menjadikan ide dan juga kreativitas manusia sebagai faktor utama dalam menjalankan produktivitas kerja.

Ekonomi kreatif juga bisa diartikan sebagai kegiatan ekonomi yang digerakkan oleh ide, kreativitas dan pengetahuan manusia. Ekonomi kreatif tersebut nantinya akan menciptakan atau memunculkan inovasi baru yang bisa memenuhi permintaan pasar. Ekonomi kreatif memberikan banyak manfaat untuk perekonomian masa depan.

10 Manfaat Ekonomi Kreatif untuk Perekonomian Masa Depan

Inilah beberapa manfaat dari ekonomi kreatif untuk perekonomian masa depan:

1. Pengembangan Inovasi

Manfaat pertama ekonomi kreatif adalah mendorong terciptanya inovasi baru. Seperti yang diketahui bahwasanya kreativitas dan juga inovasi merupakan inti dari konsep ekonomi kreatif yang mewadahi ide-ide baru supaya bisa bersaing dengan sehat serta kompetitif.

Supaya kamu bisa terus berinovasi dan memenangkan persaingan, maka kamu harus pintar dalam membaca situasi maupun kondisi di pasaran. Kamu juga harus peka dengan trend yang sedang digemari oleh konsumen agar inovasi baru terus tercipta. Inovasi-inovasi baru yang terus tercipta akan membuat pasar lokal tidak akan pernah sepi karena kejenuhan konsumen.

Baca Juga : Ide Bisnis Makanan Kreatif yang Lagi Tren Saat Ini

2. Perbaikan Kualitas Produk

Inovasi-inovasi baru yang tercipta memiliki tujuan untuk mendapatkan lebih banyak pembeli yang suka dengan dinamika pasar ataupun tren. Ketika sudah berhasil menarik perhatian masyarakat luas, hal selanjutnya yang harus dilakukan yaitu mempertahankan mereka agar tidak berpaling.

Cara yang bisa dilakukan untuk membuatnya tidak berpaling adalah menjamin kualitas produk. Dengan begini maka industri kreatif harus selalu memperhatikan kualitas produk yang ditawarkan. Supaya tidak kalah dengan kompetitor maka industri kreatif akan memiliki motivasi lebih untuk selalu menciptakan produk dengan kualitas terbaik.

3. Tercipta Persaingan yang Sehat

Berbagai inovasi baru yang tercipta melalui ekonomi kreatif ternyata bisa membangun persaingan yang sehat antar bisnis-bisnis yang ada di dalam sebuah industri. Pasar yang semakin terbuka, jenis kompetisi menjadi semakin mungkin untuk terealisasi.

Adanya suatu persaingan dalam bisnis akan memunculkan banyak variabel kreatif yang membuat dunia bisnis menjadi lebih solid lagi.

4. Membuka Lapangan Kerja

Manfaat ekonomi kreatif selanjutnya yaitu akan membuka banyak lapangan kerja. Inovasi baru yang terus bermunculan berarti akan menciptakan barang atau produk baru yang bisa dijual. Produk baru ini membutuhkan ahli untuk memproduksinya maupun untuk memasarkannya.

Hal ini berarti untuk memproduksi produk baru tersebut, bisnis membutuhkan banyak karyawan. Selain itu, bisnis juga butuh banyak karyawan untuk memasarkan produk baru yang diciptakan. Kondisi ini tidak hanya dialami satu bisnis saja tetapi juga bisnis lainnya. Tentu saja ini akan membuka banyak lapangan pekerjaan.

5. Tingkat Pengangguran Menurun

Semakin banyak lapangan pekerjaan yang tersedia, tentu saja akan mendukung perputaran roda industri kreatif. Dengan begini maka tingkat pengangguran akan menurun. Tingkat pengangguran yang menurun juga akan diikuti dengan tingkat kriminalitas yang ikut turun. Ini dikarenakan kebutuhan bisa tercukupi setelah mendapatkan pekerjaan.

6. Kesejahteraan Meningkat

Sebagai konsep dasar berbagai industri kreatif, keberadaan ekonomi kreatif akan membuat penyerapan tenaga kerja menjadi lebih baik lagi. Tentu saja ini berdampak pada kesejahteraan masyarakat yang meningkat. Kesejahteraan yang meningkat akan membuat angka kemiskinan menurun.

Manfaat dari ekonomi kreatif satu ini tidak bisa muncul hanya dalam satu atau dua bulan saja. Seiring berjalannya waktu ketika industri semakin maju maka akan berdampak pada kesejahteraan dan juga menurunnya angka kemiskinan.

7. Meningkatnya Kualitas Sumber Daya Manusia (SDM)

Ekonomi kreatif selalu memotivasi para penggeraknya untuk terus menciptakan inovasi baru  serta berkembang melalui kemampuan intelektual yang dimiliki. Tuntutan inilah yang menjadikan para pemilik bisnis menjadi lebih rajin dalam meningkatkan kemampuan serta kualitas SDM yang dimiliki.

Tujuan dari hal ini adalah agar usaha yang dijalankan bisa berkembang dan bertahan di tengah persaingan pasar kreatif yang semakin ketat. Cara yang bisa dilakukan bisnis untuk meningkatkan mutu SDM adalah memberikan pelatihan, kursus dan juga workshop.

Baca Juga : 5 Contoh Ide Usaha Rumahan Kreatif yang Dapat Dicoba!

8. Mendorong Pertumbuhan Ekspor

Kreativitas memungkinkan para pebisnis untuk menciptakan produk dan jasa yang beragam serta sesuai dengan kebutuhan manusia. Kondisi ini bukan tidak mungkin produk dan jasa yang tercipta bisa diekspor ke banyak negara di dunia karena dianggap sesuai dengan kebutuhan manusia.

9. Terciptanya Berbagai UMKM

Perlu diketahui jika UMKM memberikan pengaruh yang sangat besar pada perekonomian negara. Dengan adanya ekonomi kreatif maka akan mendorong peningkatan peran masyarakat dalam pembangunan. Salah satu contohnya yaitu terciptanya UMKM sehingga membuat roda perekonomian terus berputar.

10. Keberagaman Komoditas

Kamu harus tahu jika dahulu komoditas bisnis yang disukai masyarakat hanya itu-itu saja. Akan tetapi, sejak muncul konsep ekonomi kreatif masyarakat mulai putar otak untuk menemukan ide bisnis yang bisa laku keras.
Hal ini tentu saja akan membuat komoditas yang ada di pasaran menjadi lebih banyak dan beragam. Dimana komoditas-komoditas tersebut akan memenuhi permintaan konsumen yang dari waktu ke waktu semakin variatif.

Nah itulah 10 manfaat ekonomi kreatif untuk perekonomian masa depan. Informasi mengenai manfaat dari ekonomi kreatif tidak hanya untuk orang yang sudah terjun di dunia bisnis saja, tetapi juga buat kamu yang akan dan baru saja mulai menekuni bisnis.

Ada banyak cara yang bisa kamu lakukan untuk meningkatkan penjualan, salah satunya dengan menggunakan Koala+. Koala+ dilengkapi dengan banyak fitur-fitur canggih yang akan memudahkanmu dalam menjalankan bisnis. Chatbot menjadi salah satu fitur yang dimiliki Koala+.

Fitur chatbot ini sama seperti chat otomatis WA sehingga bisa membantu kamu memberikan layanan pelanggan yang tersedia 24 jam. Tentu saja ini akan membuat bisnismu bisa melayani pelanggan kapan saja tanpa perlu menambah staf.

Kustomisasi chatbot di Koala+ bisa kamu lakukan untuk meningkatkan efisiensi layanan customer service (CS), seperti membantu menjawab pertanyaan-pertanyaan umum dan tentunya sudah terintegrasi dengan WhatsApp Business API.