Quotes Bisnis yang Bisa Jadi Inspirasi Pengusaha Muda

9 November 2022

Mencari quotes bisnis yang bisa jadi inspirasi untuk berwirausaha bisa didapatkan dari mana saja. Quotes bisnis yang bersifat motivasi maupun bersifat wawasan tentunya akan sangat membantu para pengusaha muda untuk menjalankan usaha yang telah mereka bangun. Apalagi dengan semakin banyaknya informasi yang bisa didapat dari internet, quotes bisnis akan lebih mudah didapat dan dipelajari.

Berikut ini adalah macam-macam quotes bisnis yang bisa menjadi inspirasi dan motivasi untukmu membangun usaha. 

  1. Madam C.J. Walker
    “Jangan hanya duduk dan menunggu datangnya kesempatan. Bangun dan buat kesempatan itu”. Madam C.J. Walker adalah milyuner perempuan pertama setelah membangun bisnisnya pada tahun 1905. Quote tersebut bisa digunakan untuk membangkitkan semangat para pemilik usaha yang akan memulai bisnisnya. Tujuannya agar mereka langsung beraksi tanpa menunggu kesempatan.
     
  2. Dhirubhai Ambani
    “Jika kamu tidak membangun mimpimu, orang lain akan mempekerjakanmu untuk membangun mimpi mereka. Ambani merupakan seorang pengusaha sukses yang berasal dari India. Meskipun tidak ada yang salah ketika bekerja untuk membangun mimpi orang lain, tapi hal tersebut bisa membuat diri sendiri tidak menyadari mimpi dan cita-cita. Quotes bisnis di atas dimaksudkan agar setiap orang menyadari mimpinya dan mau bersemangat untuk mengejar cita-citanya. Jadi akan sangat cocok untuk pengusaha muda yang memiliki mimpi membangun usaha sukses.
     
  3. Sheryl Sandberg
    “Apa yang akan kamu lakukan jika kamu tidak takut?” Quotes bisnis ini merupakan quote yang sangat terkenal dari Sheryl Sandberg, mantan COO Meta. quote tersebut dibuat untuk para perempuan untuk bisa sukses mencapai puncak. Quote ini juga sangat bagus untuk ditanyakan kepada para pemilik usaha yang mungkin mengalami kebingungan untuk memulai usahanya.
     
  4. Steve Jobs
    “Kamu harus memiliki banyak ide atau masalah atau kesalahan yang membuatmu ingin menjadi benar. Jika kamu tidak cukup bersemangat di awal, kamu tidak akan bertahan hingga akhir.” sebagai salah satu pengusaha yang sukses membangun Apple, Steve Jobs selalu memiliki quote yang selalu diingat oleh semua orang. Salah satunya adalah quote bisnis di atas. Tentu saja quote tersebut akan sangat sesuai dengan para pengusaha muda yang memulai usahanya. Mereka akan membutuhkan banyak semangat untuk memulai usaha, jadi quote ini akan menjadi penyemangat dan pengingat usaha mereka. Apalgi memulai usaha bukanlah hal yang mudah dan pasti banyak kendala. Jadi mereka harus memiliki semangat yang membara.

    Baca Juga: Daftar Kata-Kata Motivasi Bisnis Online Shop
  5. Shonda Rhimes
    Shonda Rhimes yang merupakan seorang produser sukses memiliki quote yang artinya, “Mimpi tidak akan menjadi kenyataan karena kamu memimpikannya. Mimpi adalah kerja keras yang diwujudkan. Mimpi adalah kerja keras yang menciptakan perubahan.” Shonda Rhimes menekankan bahwa bermimpi itu penting bagi seorang pengusaha. Hanya saja ia juga mengingatkan bahwa mimpi adalah kerja keras juga. Jadi bukan sekedar mimpi saja. Quote yang cocok untuk meningkatkan semangat pengusaha muda mengejar mimpinya dengan semangat dan kerja keras.
     
  6. Drew Houston
    Drew Houston yang merupakan co-founder dari Dropbox memiliki quote yang artinya, “Jangan khawatir dengan kegagalan. Kamu hanya harus menjadi benar sekali saja.” kegagalan adalah hal yang akan sering dihadapi oleh pemilik usaha, terutama usaha kecil yang baru dibangun. Quotes tersebut dimaksudkan untuk menyemangati para pengusaha yang mengalami kegagalan tersebut. Kegagalan adalah bagian dari berkembangnya usaha. Tidak ada yang salah dari kegagalan saat menjalankan usaha. Jadi sebagai pemilik usaha, mereka perlu mencobanya lagi dengan belajar dari kegagalan tersebut. Karena pantang menyerah pada kegagalan adalah salah satu kualitas penting dari seorang pengusaha.
     
  7. Walt Disney
    Quotes bisnis dari Walt Disney selalu menjadi salah satu quote yang diminati oleh pengusaha. Arti dari quote dari Walt Disney adalah “Cara untuk memulai adalah berhenti bicara dan mulai bekerja.” quote tersebut langsung pada poin yang ingin disampaikan. Tidak terlalu rumit untuk dimengerti dan hanya fokus pada melakukan aksi daripada berbicara. Penting sekali untuk pemilik usaha langsung fokus pada aksi agar mereka bisa langsung membangun usaha yang sukses.

    Baca Juga: Tips dan Contoh Bio Instagram Olshop Pakaian
     
  8. Richard Branson
    Richard Branson yang merupakan founder dari Virgin Group memiliki quote yang artinya, “Latih orang-orang sebaik mungkin agar mereka bisa pergi, perlakukan mereka sebaik mungkin agar mereka tidak ingin pergi.” Quote tersebut ditujukan untuk pengelola sumber daya manusia yang ada dalam suatu usaha. Dari quote tersebut, kamu bisa mengetahui bahwa penting sekali melatih pekerja secara maksimal agar bisa melakukan pekerjaannya dengan baik. Selain itu, penting juga untuk memperlakukan mereka dengan baik agar mereka tetap loyal dengan pekerjaan. Quotes ini bisa menjadi salah satu tips untukmu mengelola SDM di dalam usahamu.
     
  9. Indra Nooyi
    Quotes bisnis dari Indra Nooyi yang merupakan mantan CEO PepsiCo memiliki arti, “Penting sekali bagi seorang pemimpin untuk selalu konsisten. Kamu bisa berubah pikiran, tapi berubah pikiran terhadap kerangka yang konsisten.” quote ini akan sangat cocok untuk pemilik bisnis yang baru. Tidak jarang perubahan akan banyak terjadi dalam suatu usaha yang baru dimulai. Bahkan kadang pemilik usaha perlu merubah pikirannya agar bisa menyesuaikan dengan pasar yang mereka tuju. Untuk itulah diperlukan kerangka yang konsisten dalam satu usaha. Pemilik usaha perlu memiliki tujuan yang jelas dan langkah-langkah yang tepat. Jadi jika terjadi perubahan rencana dalam usaha, mereka masih bisa kembali ke langkah yang tepat dan menjalankan usaha seperti seharusnya. Jadi usaha tetap bisa berjalan tanpa goyah dengan perubahan yang dibuat.
     
  10. Bill Gates
    Quotes bisnis dari Bill Gates selalu memenuhi daftar quotes bisnis untuk pengusaha. Misalnya seperti quote yang artinya, “Pelangganmu yang paling tidak bahagia adalah sumber pelajaran yang terbaik.” Sayangnya, quote ini tidak selalu berhasil untuk diterapkan. Tetap saja kamu bisa mempelajari banyak hal dari pelanggan yang tidak bahagia tersebut. Misalnya dari alasan mereka, latar belakang mereka, bahkan kamu juga bisa mempelajari bagaimana cara mengatasi pelanggan yang tidak bahagia dengan produkmu. Kekuatan suara konsumen sangatlah penting untuk membangun usaha yang lebih sukses. Dengan adanya timbal balik positif dari pelanggan, kamu bisa meningkatkan kualitas usahamu dan memberikan produk yang terbaik untuk pelangganmu.


Quotes bisnis di atas bisa menjadi inspirasi yang bagus untuk memulai usaha dan mengelola usaha. Mendapatkan inspirasi menarik perlu dilakukan agar kamu bisa mendapatkan ide-ide dan penyemangat untuk menjalankan usahamu. Untuk memudahkan pengelolaan usaha, kamu bisa pakai KoalaApp. Terdapat fitur atur transaksi, keyboard jualan, chatbot, dll yang akan memudahkan proses usaha. Langsung cek KoalaApp sekarang.