Contoh Slogan dan Deskripsi Toko Online untuk Berbisnis

11 Oktober 2022

Ketika berbelanja online, apakah kamu memperhatikan slogan dan deskripsi toko online yang dituju? Slogan dan deskripsi toko online memberi informasi yang beragam dan terletak di halaman utama. Di marketplace, halaman utama dari setiap profil penjual atau seller biasanya diletakan di depan dan di posisi paling atas.

Sebelumnya, kamu harus tahu apa yang dimaksud dengan deskripsi toko dan bagaimana membuat slogan dan deskripsi toko online tersebut. Kamu ingin tahu bagaimana caranya? Yuk simak di bawah ini.

Cara Membuat Slogan dan Deskripsi Toko Online

Deskripsi toko yang baik dan menarik ialah yang bisa menjelaskan toko secara efektif dan dibumbui dengan slogan yang unik. Slogan bisa meningkatkan minat pelanggan untuk membaca keseluruhan isi deskripsi toko dengan lengkap. Dan membuat toko lebih mudah diingat soalnya punya slogan yang menarik dan menjual. 

Cara ini dapat membuat slogan dan deskripsi toko online dengan tepat agar pelanggan terus berdatangan. Ada banyak cara yang bisa dilakukan, di antaranya ialah: 

1. Nama toko

Pertama, hal yang paling penting ialah menuliskan nama toko kamu. Untuk nama toko, usahakan supaya kamu menggunakan nama yang dapat menggambarkan produk yang kamu jual. Contohnya, toko Electronic City yang menjual produk elektronik. Jika kamu ingin menjual produk kosmetik, dapat menyertakan kata kosmetik pada nama toko online kamu. 

Baca juga: Tips Jualan Aksesoris Agar Laris Manis Secara Online

2. Jenis-jenis produk yang dijual 

Misalnya, jika kamu menjual produk elektronik, perhatikan jenis produk apa saja yang kamu jual. Untuk lengkapnya, kamu bisa menulis “Menjual berbagai produk elektronik dari handphone, speaker, laptop, earphone sampai komputer” Kalau mau lebih detail lagi, kamu dapat menuliskan merk dari tiap produk.

3. Kontak 

Sementara itu, kamu juga dapat menyertakan detail kontak toko kamu. Contohnya seperti alamat fisik toko online kamu, nomor telepon, email, Instagram, Facebook hingga jam operasional toko. Dengan begitu, pelanggan kamu akan aware dengan toko yang kamu miliki.

4. Kenali target pembeli 

Cara yang pertama ialah dengan mengenal target pembeli. Hal ini penting buat menentukan gaya bahasa yang tepat. Gaya bahasa harus mengikuti gaya bahasa pada keseharian dari target pelanggan. Jika menyediakan produk untuk para ibu yang merawat bayi baru lahir, maka biasanya akan memakai panggilan mommies, mommy, atau bunda. Lalu padukan dengan kosakata yang sifatnya formal maupun semi formal.

5. Fokus dengan manfaat produk

Saat mendeskripsi toko online, perlu menjelaskan tentang produk yang berfokus pada manfaat atau keunggulan dari produk yang dijual. Contohnya, jika kamu menjual buku memasak, maka bisa fokus menjelaskan tentang kelebihan dari buku memasak yang kamu jual. Dapat dituliskan mengenai buku resmi atau asli dan bukan buku bajakan.

6. Kasih sentuhan emosional pada story telling

Saat membuat slogan dan deskripsi toko online, ada bagusnya kasih sentuhan emosional, yaitu dengan menggunakan teknik story telling. Hal ini bisa menyentuh sisi emosional pelanggan yang akan lebih mudah menarik keinginan mereka buat berbelanja. 

7. Bahasa interaksi

Cara atau tips selanjutnya untuk membuat slogan dan deskripsi toko online yaitu memakai bahasa interaksi. Maksudnya, kamu wajib menyusun kalimat di deskripsi toko supaya terciptanya interaksi. Saat menyusun kalimatnya, anggaplah calon pelanggan sedang duduk di satu meja dan mau kamu ajak berbicara.

Baca juga: Ini Beberapa Cara Jualan Online Laris di Facebook

8. Kosa kata yang bervariatif

Cara kelima ketika membuat slogan dan deskripsi toko online ialah dengan menggunakan kosa kata yang bervariatif. Hindari kalimat yang monoton dan pengulangan kata atau kalimat yang sama. Hal ini bisa membuat slogan dan deskripsi toko online menggunakan susunan kalimat kurang dan nggak efektif.

Buat kalimat yang menarik, gunakan kosakata yang variatif, tambahkan majas atau bahasa kiasan di slogan dan deskripsi toko online kamu.

9. Pastikan gampang dibaca cepat

Pastikan slogan dan deskripsi toko online perlu dibuat singkat, padat, dan juga jelas. Saran saja agar nggak terlalu panjang untuk slogan. Usahakan disingkat tapi bisa mendeskripsikan toko online yang dimiliki dengan baik dan fokus utamanya ialah pada produk.

Kamu dapat membuat satu paragraf atau lebih tergantung dengan kebutuhan. Semakin kompleks informasi yang ingin dicantumkan, maka kamu dapat membuatnya lebih dari satu paragraf. 

10. Buatlah paragraf pertama

Paragraf pertama ialah paragraf yang bisa dibuat semenarik mungkin, karena menjadi penentu apakah pelanggan akan membaca deskripsi sampai tuntas atau nggak sama sekali. Sekaligus menentukan apakah pelanggan akan order produk atau sebaliknya. 

Jadi, buat kalimat pembuka yang menarik dengan memperkenalkan produk dan menjelaskan sekilas mengenai keunggulan toko yang dimiliki. Misalnya, ada penggunaan kata “official reseller”, “distributor terbesar di Jakarta”, atau sejenisnya. 

Contoh Slogan Toko Online

Sesudah mengetahui slogan dan deskripsi toko online di atas, dan ingin lebih mudah lagi untuk menyusun slogan dan deskripsi toko online, kamu dapat mengamati beberapa contoh berikut untuk inspirasi ide: 

  • “Big Choice, Big Deals” 
  • “Solusi Belanja Online Mudah & Hemat” 
  • “Pet STore Online International” 
  • “Situs Jual Beli Online Mudah & Terpercaya”
  • “Online Shopping Indonesia” 
  • “Jual Beli serta Belanja Online Aman” 
     

Contoh tersebut rata-rata menggunakan 4 kata yang mempunyai arti dasar hingga yang cukup dalam. Kamu dapat membuat slogan dan deskripsi toko online dengan mencontoh dan mengimprovisasi contoh di atas. Kamu dapat membuat slogan dengan menggunakan bahasa Indonesia, bahasa Inggris, maupun campuran. 

Contoh Deskripsi Toko Online

Nah, untuk deskripsi toko online, berikut ialah beberapa contoh dari sejumlah toko online yang telah dikenal luas di Indonesia: 

1. Unilever Indonesia Official Shop 

Unilever Indonesia Official Shop ialah akun resmi Unilever Indonesia. 

Unilever Indonesia membantu konsumen dengan nyaman dan bisa lebih menikmati hidup dengan menghadirkan bermacam produk berkualitas yakni Pond’s, Dove, TRESemme, Pepsodent, Clear, Vaseline, Rexona, dan lainnya. 

Selamat berbelanja! Tersedia 24 jam! 

2. Maybelline Indonesia Official Store 

Maybelline Indonesia Official Store ialah akun resmi dari Maybelline New York. 

Maybelline New York ialah merek make-up nomor satu di dunia yang tersedia di lebih dari 100 negara. Maybelline New York memberikan kesempatan untuk seluruh wanita yang menghadirkan energi dan gaya kota New York ke dalam tampilan mereka sehari-hari sehingga semakin percaya diri yang terinspirasi dari perempuan modern. 

Selamat berbelanja! Tersedia 24 jam! 

3. Erigo Official Shop 

ERIGO Official Shop ialah akun resmi dari Erigo Store di Platform Shopee. 

Erigo ialah salah satu brand fashion asal Indonesia yang mengedepankan kualitas dan desain produk yang cocok dan baik buat kegiatan sehari-hari maupun traveling

Nah, itulah contoh untuk membuat slogan dan deskripsi toko online yang baik. Kamu bisa membuat slogan dan deskripsi toko online yang khas dan mampu menonjolkan kelebihan toko online dan produk yang dijual.

Agar memudahkan kamu kelola transaksi dan produk, kamu bisa gunakan fitur keyboard jualan dan fitur kontak pelanggan supaya semua detail informasi pelanggan aman. Semua itu bisa kamu temukan hanya di Koala, Bahkan kamu juga bisa buat  website jualan kamu sendiri loh. Yuk download sekarang!