Cara Membuat Link Whatsapp yang Menarik untuk Usahamu

7 November 2022

Membuat link whatsapp adalah salah satu tugas sederhana tapi penting untuk dilakukan. Dengan memiliki link whatsapp, kamu bisa menyebarkan link whatsapp tersebut ke platform manapun yang kamu inginkan. Jadi kamu bisa menjangkau lebih banyak pelanggan dengan tampilan link whatsapp yang menarik juga. Dibandingkan dengan link whatsapp yang panjang dan susah diingat, tentunya link whatsapp yang singkat dan mudah diingat akan lebih mudah bagi pelanggan. Jadi penting sekali untuk mengetahui bagaimana cara membuat link whatsapp yang menarik untuk usahamu.

Ekspansi Whatsapp dengan menambahkan Whatsapp bisnis yang bisa digunakan semua usaha baik kecil maupun besar, memberikan kesempatan baru untuk pemilik usaha meningkatkan kinerja usahanya. Mereka menggunakan Whatsapp bisnis untuk bisa menghubungi pelanggan dengan mudah dan cepat. Tidak hanya itu saja, whatsapp bisnis juga digunakan untuk promosi usaha secara langsung kepada pelanggan. 

Dengan banyaknya manfaat yang bisa diberikan oleh whatsapp bisnis, kamu juga perlu mempertimbangkan untuk menggunakan Whatsapp bisnis dan meningkatkan kinerjanya dengan membuat link whatsapp yang menarik.

Baca Juga: Rekomendasi Situs Gratis Membuat Logo Online Shop Fashion

Cara Membuat Link Whatsapp

Dengan memiliki link whatsapp yang menarik, tentunya akan lebih mudah membagikan link tersebut kepada pelanggan. Mereka akan lebih mudah mengakses link whatsapp dan berkomunikasi dengan admin untuk pemesanan. Untuk bisa membuat link whatsapp kamu bisa mengikuti langkah berikut ini.

  1. Membuat Akun Whatsapp Bisnis
    Salah satu fitur yang akan sangat dibutuhkan untuk komunikasi antara usaha dan pelanggan adalah Whatsapp. Sebagai platform komunikasi yang memiliki 2 miliar pengguna, menggunakan Whatsapp jauh lebih mudah dan cepat dibandingkan dengan menggunakan email. Untuk itu lah kamu perlu menggunakan Whatsapp bisnis untuk memudahkan proses ini.

    Kamu hanya tinggal mendaftar akun Whatsapp bisnis dengan menggunakan nomor usahamu atau jika usahamu sudah memiliki nomor Whatsapp, kamu bisa mengubah status akun dari pribadi menjadi akun bisnis. Selanjutnya kamu bisa memaksimalkan penggunaan fitur Whatsapp bisnis untuk usahamu.

    Dalam Whatsapp bisnis ada banyak fitur bermanfaat. Mulai dari broadcast pesan, pesan otomatis, hingga kamu bisa memanfaatkan API Whatsapp untuk memaksimalkan kinerja whatsapp bisnismu. Whatsapp API akan memberikan lebih banyak fitur untuk komunikasi dengan pelanggan yang menghubungimu.

    Penggunaan Whatsapp API ini juga memberikan banyak manfaat untuk usahamu. Misalnya seperti atur transaksi, kelola pesan, pelayanan pelanggan, dan lainnya. Jadi kamu bisa memanfaatkan fitur tersebut agar komunikasi dengan pelanggan dapat berjalan jauh lebih lancar.
     
  2. Membuat Link Whatsapp Sendiri
    Selanjutnya setelah nomor dari Whatsapp bisnis usahamu telah aktif, kamu bisa membuat URL yang menarik untuk whatsapp bisnismu. URL tersebut nantinya jika di klik oleh pelanggan akan langsung mengarah ke kolom chat yang bisa langsung dikirim ke nomor Whatsapp bisnismu.

    Untuk membuat link whatsapp tersebut, kamu perlu mengikuti format “https://wa.me/<number>”. Untuk <number> yang ada di dalam format tersebut perlu diisi dengan nomor telepon yang kamu gunakan untuk whatsapp bisnismu. Format yang digunakan adalah format kode negara dan nomor telepon. Contohnya adalah https://wa.me/<6213456789> dengan nomor whatsapp bisnis yang telah diaktifkan.

 

Selanjutnya kamu bisa mendapatkan link Whatsapp yang menarik untuk usahamu. Link tersebut akan sangat memudahkan promosi dan kamu juga bisa menggunakan link tersebut di platform manapun kamu melakukan promosi usaha.

Baca Juga: Tips Membuat Kata-Kata yang Cocok untuk Jualan di WA

Tips Membuat Link Whatsapp Sukses

Kemudahan membuat link whatsapp yang bisa dilakukan oleh siapa pun membuat banyak usaha memanfaatkan fitur ini untuk meningkatkan promosi mereka. Hanya saja tidak semua cara yang dilakukan bisa sukses dengan mudah. Ada beberapa tips dan trik tentang cara membuat link whatsapp agar bisa sukses berikut ini. 

  1. Menambahkan Pre-Filled Message
    Menambahkan pre-filled message adalah salah satu tips yang akan sangat berguna saat kamu membuat link whatsapp. Pre-filled message akan sangat membantu proses pengiriman pesan dan memudahkan pemilik usaha untuk melacak dari mana asal pelanggan tersebut. Misalnya, saat kamu membuat promosi link whatsapp di beberapa platform dan kamu ingin mengetahui mana platform yang promosinya paling berhasil maka kamu bisa menggunakan fitur pre-filled message.

    Cara membuat pre-filled message adalah dengan mengikuti format https://wa.me/<number>/?text=urlencodedtext, di mana <number> adalah nomor Whatsapp bisnis dan urlencodedtext adalah teks pre-filled message yang ingin kamu masukkan.

    Contohnya ketika kamu ingin memasukkan pesan “Halo, saya ingin memesan kue” di chat whatsapp bisnis milikmu, maka kamu bisa memasukkan: https://wa.me/6213456789/?text=halo,%20saya%20ingin%20memesan%20kue

    Saat pelanggan melakukan klik pada URL tersebut, maka secara otomatis pesan sudah tertulis dalam kolom pesan dan pelanggan hanya tinggal mengetik kirim. Ini juga menjadi cara yang efektif untuk menilai platform mana yang memiliki kesuksesan promosi. Caranya adalah dengan memasukkan pre-filled message yang berbeda di setiap platform sehingga kamu bisa menilai mana platform yang sukses promosinya.
  2. Masukkan Link Whatsapp Online
    Selanjutnya agar link whatsapp yang kamu buat sukses, kamu bisa memanfaatkan platform online. Misalnya seperti iklan dan media sosial. Sebarkan link whatsapp tersebut agar pelanggan bisa lebih mudah menghubungi usahamu untuk keperluan mereka.

    Jika kamu menggunakan website, pastikan kamu membuat tombol khusus yang menjelaskan bahwa tombol tersebut akan mengarah ke whatsapp bisnis dan pelanggan bisa menghubungi kapan saja. Jika kamu menggunakan media sosial, pastikan kamu membuat call to action yang menarik agar pelanggan lebih tertarik.
     
  3. Pendekkan URL
    Karena fitur pre-filled message, URL link whatsapp terkadang lebih panjang dari biasanya, untuk itu kamu bisa menggunakan tools untuk memendekkan URL secara gratis via online. Ini akan memudahkanmu mempersingkat waktu pengetikan dan tentunya membuat URL link jauh lebih menarik. Apalagi jika penempatan URL link sering dibatasi oleh jumlah karakter. Maka kamu akan memerlukan tools untuk memendekkan URL tersebut.

    Beberapa tools untuk memendekkan URL yang bisa kamu gunakan adalah Bit.ly, TinyURL, S.id, dan juga BL.INK. tools tersebut dapat kamu gunakan secara gratis untuk memendekkan URL link whatsapp usahamu. Kamu juga bisa mengelola tulisan untuk URL link tersebut sesuai dengan yang kamu mau. Misalnya S.id/tokokueberkah dan lainnya. Kamu juga perlu mengetahui bahwa fitur merubah URL tersebut berlaku untuk layanan berbayar. Jika kamu menggunakan layanan yang gratis maka kamu tidak akan bisa melakukannya.


Setelah mengetahui bagaimana membuat link whatsapp kamu bisa memaksimalkan kinerja whatsapp bisnismu sekarang. Memanfaatkan fitur link whatsapp dari whatsapp bisnis dan juga fitur pre-filled message adalah cara yang tepat agar kamu bisa berkomunikasi dengan pelanggan kapan pun dan di mana pun. Agar lebih maksimal lagi, kamu bisa menggunakan KoalaApp untuk meningkatkan kinerja whatsapp bisnismu. Dengan fitur Koala Plus, kamu dapat membuat broadcast message ke pelanggan, kelola transaksi pelanggan, hingga menikmati fitur chatbot. Yuk , langsung aja cek KoalaApp sekarang!