Cara Retur Barang di Marketplace Lewat Aplikasi dengan Mudah

2 Agustus 2022

Pernah beli barang di marketplace, tapi tidak sesuai dengan pesanan? Nah, berarti kamu harus tahu cara retur barang di marketplace. Belanja secara online memang memiliki kelebihan dan kekurangan tersendiri. Kelebihannya, yaitu kamu tidak perlu menghabiskan waktu berjam-jam dan tenaga untuk membeli suatu barang. Namun, kekurangannya adalah adanya kemungkinan barang yang dibeli tidak sesuai dengan deskripsi yang tertera pada marketplace.

Makanya, sebelum melakukan belanja online, kamu harus pastikan terlebih dahulu apakah toko online tersebut ada melayani cara retur barang di marketplace atau tidak. Sehingga ketika barang yang dibeli tidak sesuai atau rusak, kamu bisa langsung mengajukan retur barang. Namun, cara pengembalian barang atau cara retur barang di marketplace memiliki ketentuan yang berbeda-beda. Untuk itu, cari tahu cara retur barang di marketplace berikut ini!

 

Baca juga: Ragam Ide Jualan Online Shop Menjanjikan Tanpa Ribet

 

Cara Retur Barang di Marketplace Bukalapak

Pihak pembeli dapat melakukan cara retur barang di marketplace Bukalapak selama 2x24 jam ketika barang sudah sampai sesuai dengan tracking jasa pengiriman. Kalau tidak ada melakukan pengajuan komplain sampai batas waktu, maka pembeli sudah tidak bisa mengajukan komplain lagi dan uang transaksi akan diteruskan ke penjual.

Cara retur barang di marketplace Bukalapak terdapat tiga tipe solusi, yaitu pengembalian uang, penggantian barang, dan penambahan barang. Berikut ini cara retur barang di marketplace Bukalapak.

  1. Buka aplikasi Bukalapak di handphone kamu.
  2. Pilih menu ‘Transaksi’ di bagian bawah aplikasi.
  3. Pilih transaksi barang yang ingin diajukan komplain.
  4. Setelah masuk ke dalam halaman detail transaksi, klik ‘Komplain’ untuk melakukan pengajuan komplain.
  5. Pilih alasan pengajuan komplain, seperti ‘Barang rusak/cacat/pecah’, ‘Jumlah barang kurang’, atau ‘Barang tidak sesuai pesanan’.
  6. Klik ‘Lanjutkan’.
  7. Kamu akan diarahkan masuk ke halaman pengajuan komplain lalu pilih solusi komplain yang diinginkan, di antaranya ‘Pengembalian uang’, ‘Penggantian barang’, atau ‘Penambahan barang’.


Cara Retur Barang di marketplace Bukalapak dengan Solusi Pengembalian Uang

Apabila kamu memilih penyelesaian komplain dengan tipe solusi pengembalian uang, maka kamu bisa mengikuti cara retur barang di marketplace Bukalapak di bawah ini.

  1. Cara retur barang di marketplace kamu akan diarahkan ke halaman solusi komplain kemudian pilih tipe solusi pengembalian uang lalu masukkan jumlah nominal pengembalian uang yang kamu inginkan.
  2. Klik centang pada kolom pernyataan “Saya setuju untuk menanggung ongkos kirim jika harus mengembalikan barang”.
  3. Klik ‘Kirim Komplain’.
  4. Setelah itu, kamu akan diarahkan ke halaman ‘Detail Komplain’ untuk melakukan diskusi komplain yang diajukan dengan penjual.
  5. Apabila penjual sudah menyetujui komplain pengembalian uang yang kamu ajukan, selanjutnya klik ‘Terima Solusi’.
  6. Kirim barang yang ingin diretur ke alamat penjual. Alamat penjual bisa kamu lihat di halaman ‘Detail Komplain’ pada menu ‘Informasi’.
  7. Klik ‘Masukkan Nomor Resi’ untuk memasukkan nomor resi paket pengiriman barnag yang kamu kirim.
  8. Klik ‘Kirim Nomor Resi’.
  9. Uang akan dikembalikan oleh Admin ke BukaDompet pembeli setelah penjual sudah melakukan konfirmasi terima barang.

 

Cara Retur Barang di marketplace Bukalapak dengan Solusi Penggantian Barang

Apabila kamu memilih penyelesaian komplain dengan tipe solusi penggantian barang, maka kamu bisa mengikuti cara retur barang di marketplace Bukalapak di bawah ini.

  1. Pada halaman solusi komplain, pilih tipe solusi penggantian barang kemudian pastikan alamat kamu yang tertera sudah benar. Kalau belum sesuai, klik ‘Ubah Alamat’.
  2. Klik centang pada kolom pernyataan “Saya setuju untuk menanggung ongkos kirim jika harus mengembalikan barang”.
  3. Klik ‘Kirim Komplain’.
  4. Setelah itu, kamu akan diarahkan ke halaman ‘Detail Komplain’ untuk melakukan diskusi komplain yang diajukan dengan penjual.
  5. Apabila penjual sudah menyetujui komplain penggantian barang yang kamu ajukan, selanjutnya klik ‘Terima Solusi’.
  6. Kirim barang yang ingin diretur ke alamat penjual. Alamat penjual bisa kamu lihat di halaman ‘Detail Komplain’ pada menu ‘Informasi’.
  7. Klik ‘Masukkan Nomor Resi’ untuk memasukkan nomor resi paket pengiriman barang yang kamu kirim.
  8. Klik ‘Kirim Nomor Resi’.
  9. Penjual akan mengirimkan barang yang diganti ke kamu setelah penjual sudah melakukan konfirmasi terima barang.
  10. Kalau barang yang diganti sudah kamu terima, klik tombol ‘Konfirmasi Terima Barang’.
  11. Setelah itu, akan muncul dua opsi, yaitu:
  • Apabila barang yang diganti sudah sesuai, klik opsi ‘Ya. Silakan teruskan uang pembayaran ke pelapak’ dan klik ‘Konfirmasi’. Setelah itu, uang transaksi akan diteruskan ke BukaDompet penjual oleh Admin.
  • Apabila barang yang diganti tidak sesuai, klik opsi ‘Tidak. Kembalikan uang saya’ dan klik ‘Konfirmasi’. Setelah itu, akan dilakukan pengecekan ulang oleh Admin. Apabila benar barang yang diganti tidak sesuai, Admin akan membantu menyelesaikan dengan solusi pengembalian uang.

 

Cara Retur Barang di marketplace Bukalapak dengan Solusi Penambahan Barang

Apabila kamu memilih penyelesaian komplain dengan tipe solusi penambahan barang, maka kamu bisa mengikuti cara retur barang di marketplace Bukalapak di bawah ini.

  1. Pada halaman solusi komplain, pilih tipe solusi penambahan barang kemudian pastikan alamat kamu yang tertera sudah benar. Kalau belum sesuai, klik ‘Ubah Alamat’.
  2. Klik centang pada kolom pernyataan “Saya setuju untuk menanggung ongkos kirim jika harus mengembalikan barang”.
  3. Klik ‘Kirim Komplain’.
  4. Setelah itu, kamu akan diarahkan ke halaman ‘Detail Komplain’ untuk melakukan diskusi komplain yang diajukan dengan penjual.
  5. Apabila penjual sudah menyetujui komplain penggantian barang yang kamu ajukan, selanjutnya klik ‘Terima Solusi’. Setelah itu, penjual akan mengirimkan barang yang ditambahkan ke alamat pembeli.
  6. Kalau penambahan barang yang dikirim sudah kamu terima, klik tombol ‘Konfirmasi Terima Barang’.
  7. Setelah itu, akan muncul dua opsi, yaitu:
  • Apabila barang tambahan yang dikirim sudah sesuai, klik opsi ‘Ya. Silakan teruskan uang pembayaran ke pelapak’ dan klik ‘Konfirmasi’. Setelah itu, uang transaksi akan diteruskan ke BukaDompet penjual oleh Admin.
  • Apabila barang tambahan yang dikirim tidak sesuai, klik opsi ‘Tidak. Kembalikan uang saya’ dan klik ‘Konfirmasi’. Setelah itu, akan dilakukan pengecekan ulang oleh Admin. Apabila benar barang yang diganti tidak sesuai, Admin akan membantu menyelesaikan dengan solusi pengembalian uang.

 

Baca juga: 7 Cara Membuat Website Toko Online Gratis bagi Pemula

 

Itu dia cara retur barang di marketplace yang bisa kamu ikuti untuk melakukan pengajuan komplain. Caranya gampang banget kan? Jadi, diusahakan untuk selalu foto dan video setiap unboxing, ya! Agar bisa dijadikan bukti saat melakukan cara retur barang di marketplace.

Teruntuk kamu sebagai penjual pemula di marketplace, kamu bisa menggunakan aplikasi Koala untuk membantu membangun usaha kamu dengan lebih mudah. Hanya dengan satu aplikasi kamu bisa membuat transaksi lebih cepat, balas chat lebih cepat, mengelola pesanan, hingga kirim barang pesanan lebih mudah dan aman.