Intip Cara Jualan di TikTok Shop dari FYP hingga Viral

2 Agustus 2022

Para pengguna aplikasi TikTok, sudah pada tahu belum cara jualan di TikTok Shop? Yup! Seiring dengan kemajuan teknologi, saat ini TikTok nggak sekadar media sosial untuk menonton dan mengunggah video saja, tapi TikTok mulai menambahkan fitur belanja online yang biasa disebut TikTok Shop. TikTok Shop ini, kamu bisa dengan mudah berjualan dan mempromosikannya melalui video di TikTok. 

Seperti diketahui, TikTok merupakan aplikasi jejaring sosial atau platform video music yang mana pengguna bisa membuat, mengedit, dan membagikan video-video pendek yang bisa menggunakan filter maupun musik sebagai pendukungnya.

Dengan begitu, setiap pengguna dapat membuat yang unik, serta bisa dilihat oleh orang banyak hingga ke seluruh dunia. Pengguna bisa membuat video yang berdurasi lebih panjang, yaitu sekitar 60 detik atau 1 menit. Di Indonesia sendiri, aplikasi TikTok sebagai platform yang memiliki pengguna terbanyak dengan total jumlah unduhan lebih dari 2 miliar kali per tiga bulan pertama pada tahun ini secara global.

Aplikasi TikTok sebagai media promosi yang mendukung kamu untuk berjualan online, dikarenakan aplikasi tersebut multifungsi dan memiliki fitur menarik. Oleh karena itu, kamu harus tahu terlebih dahulu bagaimana cara jualan di TikTok Shop. Berikut cara jualan di TikTok Shop yang harus kamu ikuti. Cekidot!! 

 

Cara Jualan di TikTok Shop

Dalam memulai jualan di TikTok Shop, kamu harus mengikuti langkah-langkah sebagai berikut:

  1. Untuk bisa mengetahui cara jualan di Tiktok Shop, buka aplikasi TikTok dan sign up ataupun log in pada akun TikTok kamu terlebih dahulu.
  2. Kemudian, klik profil dan klik garis tiga pada pojok kanan atas, lalu pilih Creator Tools dan TikTok Shop.
  3. Syarat dan ketentuan bisa kamu sesuaikan dengan memiliki followers lebih dari 2000, berumur 18, dan memposting video paling terakhir dari 28 hari yang lalu.
  4. Setelah syarat dan ketentuan sesuai dengan akun yang kamu punya, klik tautan Become a Seller.
  5. Diarahkan untuk mengisi beberapa informasi data diri yang dibutuhkan sesuai dengan kolom yang tersedia. Kolom isian tersebut mencakup nama akun, nomor telepon, dan email.
  6. Setelah itu, kamu bisa langsung isi profil TikTok Shop Seller Center sesuai dengan keinginan, seperti nama toko dan jenis bisnis yang sedang dijalankan. Pastikan nama toko yang digunakan mudah diingat dan mudah dicari oleh calon konsumen.
  7. Setelah semua data diisi dengan lengkap, lalu lakukan konfirmasi agar Tiktok Shop Seller Center bisa langsung membuka akses kamu untuk berjualan.
  8. Ketika sudah mengisi data dan konfirmasi, sebaiknya kamu melakukan verifikasi dokumen terlebih dahulu dengan mengklik Upload Documents. Jika untuk menambahkan produk yang akan dijual, kamu bisa klik menu Add First Product dan kemudian Add Product di halaman Homepage
  9. Selain itu, kamu bisa melakukan klik pada menu Products, kemudian tap Add New Product guna menambahkan produk barang yang kamu tawarkan.

 

Mudah bukan, untuk bisa mengikuti cara jualan di TikTok Shop? Nggak cuma itu, kamu juga bisa menggunakan fitur Live Streaming. Cara jualan di Tiktok Shop lewat live Streaming ini berfungsi sebagai ajang mempromosikan produk sekaligus menjual produk yang kamu jual.

Baca juga: Rekomendasi Nama Olshop Korea Aesthetic Bermakna Indah

 

Cara Jualan di TikTok Shop yang Bisa Menarik Calon Konsumen

Untuk kamu yang penjual baru mulai maupun yang sudah lama berjualan di TikTok Shop, kamu juga harus mengetahui bagaimana cara jualan di TikTok Shop agar semakin laku dan menarik perhatian calon konsumen. Berikut tips yang bisa kamu ikuti.

1. Membuat konten yang menarik di TikTok

TikTok sebagai salah satu platform yang berfokus pada membagikan konten video dan video tersebut memiliki durasi 15 detik hingga 3 menit. Dengan mengikuti cara jualan di TikTok Shop ini, kamu bisa membuat beberapa cuplikan video produk yang menarik. Guna dilirik calon konsumen, kamu juga bisa menambahkan cara jualan di TikTok Shop dengan latar musik yang sedang trending.

Pada dasarnya, penjual akan membuat video seputar product launching, tutorial, hingga review. Oleh karena itu, pengguna TikTok maupun calon konsumen dapat memberikan komentar, like, serta membagikan video ke platform media sosial lainnya.

2. Menggunakan hashtag pada video yang ingin diunggah

Cara jualan di TikTok Shop yang konten videonya bisa dilihat oleh orang banyak adalah memakai hashtag, agar video kamu muncul di for your page (FYP). Hashtag menjadi bagian dari informasi video, sehingga memungkinkan pengguna untuk membagikan video tersebut kepada pengguna lainnya.

Seperti contohnya, jika produk yang kamu jual skincare, kamu dapat menggunakan hashtag #tutorialskincare atau #skincarechallenge. Selain itu, kamu bisa membuat hashtag sendiri sebagai campaign brand dari jualan kamu, hal ini untuk mempromosikan event atau promo yang sedang berjalan.

3. Konsisten dalam mengunggah konten video

Cara jualan di TikTok Shop yang bisa meningkatkan brand awareness adalah kamu harus konsisten dalam mengunggah konten video. Hal ini membuat konten video yang kamu buat akan terus muncul di beranda pengguna ataupun followers dan pastinya mereka bisa melihat video kamu.

Selain itu, mereka juga bisa saja menyukai konten video tersebut dan bahkan memberikan komentar terhadap konten yang kamu buat. Cara jualan di TikTok Shop satu ini bisa membuat banyak orang yang menyukainya dan bisa tampil di halaman FYP. Dengan begitu, akan menambah awareness pengguna TikTok lainnya.

Baca juga: Cara Bisnis Online Shop Tanpa Modal dan Rekomendasinya

 

4. Bekerja sama dengan influencer TikTok

Agar memikat calon konsumen, cara jualan di TikTok Shop ini bisa kamu ikuti dengan bekerja sama influencer atau content creator di TikTok. Eitss tapi jangan asal pilih influencer ya, kamu juga harus memperhatikannya untuk memenuhi target konsumen dan tujuan dari promosi kamu. Seperti contohnya, jika kamu jualan fashion, kamu bisa pilih influencer yang memahami mix and match fashion agar terlihat simpel dan sebagainya. Bentuk video bisa berupa video review saat memakai produk yang kamu tawarkan.

5. Penggunaan iklan pada TikTok Ads

Cara jualan di TikTok Shop biar laku dan dilihat oleh banyak orang adalah penggunaan iklan TikTok atau bisa disebut TikTok Ads. Nggak cuma menargetkan konsumen yang membutuhkan saja, cara jualan di TikTok Shop ini bertujuan untuk menjangkau calon konsumen yang lebih besar lagi. TikTok ads menyediakan empat jenis iklan yang dapat kamu pilih, yakni: 

  • InFeed Ads: Iklan yang muncul ketika pengguna scroll feed.
  • Promotes Hashtag Challenge: Iklan untuk mengajak user menggunakan hashtag challenge.
  • Branded Filter: Adanya efek khusus yang berisikan informasi produk.
  • Brand Takeover: Iklan eksklusif dalam bentuk image, gif, hingga video yang akan muncul satu kali sehari saat membuka aplikasi.


Nah, itulah cara jualan di TikTok Shop dan bagaimana menarik perhatian calon konsumen. Buat kamu yang ingin ngumpulin pundi-pundi tambahan dari TikTok, mending langsung aja coba terjun dan ikutin cara jualan di Tiktok Shop di atas. Kamu bisa atur dan kelola transaksi, balas chat, cek ongkir tanpa harus pindah lokasi hanya dengan Koala. Yuk, download sekarang!