Fungsi dan Jenis Platform Online yang Sering Digunakan

30 Desember 2022

Platform online adalah istilah yang sering terdengar sejak teknologi berkembang pesat. Kepopuleran platform online juga seiring dengan derasnya laju digitalisasi di seluruh aspek kehidupan. Hal ini membuat banyak perusahaan menciptakan platform digital untuk memenuhi kebutuhan masyarakat.

Bisa dikatakan platform online adalah sebuah wadah atau sarana yang memberikan fasilitas bagi bertemunya para pihak untuk bertukar informasi, menjual produk, atau menawarkan jasa dan layanannya. Saat ini, ada banyak jenis platform online yang siap memudahkan pekerjaan manusia.

Apa Fungsi Platform Online?

Setelah mengetahui apa itu platform online, muncul pertanyaan baru yang berkaitan dengan apa saja fungsi dari platform online tersebut. Secara umum, setiap platform dirancang atau didesain untuk mempermudah berbagai pekerjaan manusia.

Tujuan dibuatnya sebuah platform adalah sebagai wadah yang dapat menunjang kegunaan dari sistem lainnya. Dengan begitu, maka semua sistem yang ada dapat kita gunakan dengan baik. Pekerjaan yang dilakukan pun jadi lebih efektif dan efisien.

Selain itu, platform online adalah wadah yang berfungsi sebagai media untuk saling menghubungkan antara satu aspek dengan aspek lainnya. Contohnya, platform media sosial yang membuat semua orang dapat saling terhubung dengan mudah.

Kehadiran platform online membuat seluruh aktivitas bisa dilakukan pada satu tempat. Baik itu mempertemukan langsung penjual dengan pembeli, penerima dan pemberi informasi, atau pengguna dan penyedia jasa. Karena bisa dilakukan dalam satu tempat, maka lebih praktis dan efektif.

Karena sifatnya yang sangat luas, platform online mempunyai jenis yang berbeda. Perbedaan tersebut muncul seiring dengan keberagaman fungsi serta tujuan diciptakannya platform digital tersebut. Lalu, apa saja jenis platform online yang sering digunakan? Berikut penjelasannya.

Baca Juga : Tips Kelola Aplikasi Jualan Online Tanpa Modal Besar

Inilah 5 Jenis Platform Online yang Sering Digunakan

Perlu dipahami bahwa jenis platform online adalah sangat beragam. Keberagaman jenis platform online dibedakan berdasarkan fungsi atau kegunaan yang dimiliki. Dari sekian banyak jenis platform online yang ada, berikut ini adalah 5 jenis platform online yang sering digunakan.

1. Platform Online E-Commerce/Marketplace

Istilah e-commerce dan marketplace tentu sudah tidak asing lagi ditelinga kita, terutama jika suka belanja online. Baik e-commerce maupun marketplace, keduanya merupakan jenis platform digital yang memungkinkan kamu dapat melakukan jual beli barang atau jasa secara online.

Dengan kata lain, marketplace dan e-commerce adalah platform bisnis online. Beberapa marketplace di Indonesia terpopuler yang merupakan platform online adalah Shopee, Lazada, dan Tokopedia. Adanya platform ini dapat memudahkan transaksi antara pebisnis online dengan konsumennya.

2. Platform YouTube

Bisa dikatakan bahwa YouTube merupakan platform online yang paling hits dan populer. YouTube merupakan sebuah platform digital yang memungkinkan semua orang dapat membagikan videonya. Selain itu, YouTube juga bisa digunakan untuk menemukan berbagai video yang ingin ditonton.

Platform digital ini dapat digunakan untuk berbagai kebutuhan. Baik untuk sarana promosi produk atau jasa, edukasi, hiburan, dan berbagai bidang lainnya. Sampai saat ini, YouTube masih menduduki peringkat tertinggi sebagai platform digital untuk berbagi dan menonton video.

Baca Juga : Cara Membuat Logo di HP dan Aplikasi yang Digunakan

3. Platform Investasi

Belakangan ini, investasi menjadi trend tersendiri yang mulai merambah ke berbagai generasi. Khususnya bagi generasi milenial dan juga generasi Z. Tren ini pun berbanding lurus dengan banyaknya platform online yang memberikan kemudahan berinvestasi bagi penggunanya.

Kelebihan investasi di platform online adalah mudah digunakan oleh pemula. Bahkan, angka investasi juga dapat dimulai hanya dengan puluhan ribu rupiah saja. Tentu saja, adanya platform investasi seperti ini sangat membantu bagi generasi muda yang ingin mulai belajar berinvestasi.

4. Platform Media Sosial

Dalam penggunaan smartphone sehari-hari pastinya tidak terlepas dari berbagai platform media sosial. Jenis platform media sosial yang paling banyak digunakan adalah Instagram, WhatsApp, Twitter, Facebook, TikTok, dll. Platform media sosial ini bisa digunakan untuk berbagai kebutuhan.

Fungsi media sosial sebagai platform online adalah untuk berbagi pesan dengan orang lain, berkomunikasi via telepon, melakukan konferensi video, berbagai foto dan video, dan berbagai aktivitas lainnya. Media sosial juga menjadi platform terbaik untuk mengembangkan bisnis online.

5. Platform Omnichannel

Omnichannel merupakan sebuah platform paling canggih yang bisa digunakan saat ini. Terutama jika sekarang kamu sedang mengelola bisnis online produk atau jasa. Dengan menggunakan platform omnichannel, kamu lebih mudah dalam menjalankan usaha atau bisnis online.

Bagaimana platform omnichannel dapat memudahkan orang mengelola bisnisnya? Jadi, omnichannel adalah sebuah software yang dapat menggabungkan semua saluran komunikasi bisnis dalam satu platform. Hal ini akan membuat semua data pelanggan bisa tersinkronisasi dengan baik.

Itulah beberapa jenis platform online yang sering digunakan. Platform online adalah hal penting yang harus kamu pelajari dan gunakan. Salah satu platform online untuk bisnis yang wajib digunakan adalah Koala+. Aplikasi ini fitur menarik di dalamnya. Semua fitur akan membuat transaksi bisnis lebih efisien.

Beberapa fitur yang tersedia pada platform Koala Plus adalah chatbot, broadcast message, manajemen produk dan transaksi, serta live customer service. Fitur kelola produk dan transaksi dalam satu dashboard akan membuat penjual 6x lebih produktif, sehingga penjualan bisa naik.

Fitur chatbot memberikan respon otomatis kepada pelanggan 3x lebih cepat, sehingga bisa meringankan tugas penjual. Platform ini juga memungkinkan kamu bisa lebih hemat biaya operasional sampai 52%. Hal ini karena promosi produk lebih direct dan massal serta memiliki website sendiri.

Koala Plus juga telah dipercaya oleh berbagai perusahaan besar di Indonesia. Jadi, tidak perlu ragu menggunakan platform ini demi kemudahan bisnis. Yuk, nikmati kemudahan dalam mengelola bisnis menggunakan aplikasi Koala Plus.