Contoh Usaha Perdagangan dan Jenis yang Paling Diminati

30 Desember 2022

Banyak contoh usaha perdagangan yang bisa kamu coba. Sebelum mengetahui contohnya, pelajari dulu apa itu usaha perdagangan. Usaha perdagangan adalah usaha yang melakukan aktivitas transaksi jual beli dengan tujuan untuk mencari keuntungan antara pembeli dan penjual.

Dalam berdagang, terdapat beberapa kemampuan yang harus dimiliki seperti kemampuan persaingan antar sesama pedagang, peningkatan kualitas produk perdagangan, dan kemampuan mendapatkan konsumen melalui peningkatan pelayanan. Berikut ini contoh usaha perdagangan dan jenisnya yang paling diminati.

Contoh Usaha Perdagangan

1. Usaha Laundry

Usaha laundry kiloan adalah peluang usaha yang juga tak memerlukan modal terlalu banyak. Pasalnya, ini termasuk usaha yang paling banyak dibutuhkan oleh orang-orang.

Terlebih, jika mereka adalah wanita karir yang selalu pergi pagi dan pulang malam, sudah pasti tidak punya banyak waktu untuk mencuci baju.

Di awal, kamu cukup membutuhkan setrika dan parfum laundry saja. Apabila bisnis sudah berkembang, barulah bisa beli mesin cuci yang lebih bagus atau mungkin setrika uap untuk mempermudah pekerjaanmu.

2. Pulsa dan Kuota

Usaha pulsa dan kuota kini sudah tidak perlu lagi pakai agen seperti dulu kala. Sebab, pulsa dan kuota bisa kamu beli sendiri di berbagai aplikasi seperti internet banking dan dompet digital.

Bahkan, kamu juga bisa mendapatkan keuntungan lebih dari sini. Ini karena ada promo yang diberikan oleh aplikasi tersebut. Keuntungannya memang sedikit, tetapi jika kamu berhasil dapatkan promo, tak tanggung-tanggung keuntungan yang diperoleh.

Baca Juga : Contoh dan Manfaat Tabel Penjualan Harian untuk Bisnis

3. Usaha Jasa Pariwisata

Jika berkunjung ke daerah-daerah yang baru atau masih asing, pastinya kamu memerlukan jasa pariwisata untuk membantumu.

Umumnya, usaha jasa pariwisata lebih diminati oleh kalangan menengah ke atas. Ini karena mereka menginginkan liburan yang praktis dan siap mengantarkannya kemana saja.

Biasanya, akan tertera beberapa paket yang disediakan dengan keunggulan yang berbeda-beda. Jika ingin melirik lebih banyak pelanggan, maka kamu harus cerdas dalam menentukan komponen di setiap paket pariwisata tersebut.

Selain itu, usaha seperti ini juga mempunyai layanan yang super dengan jangkauannya lebih luas.

Jika ada wisatawan yang baru pertama kali mengunjungi tempat tersebut, kamu wajib menyediakan tour guide agar perjalanan wisatanya lebih menyenangkan. Ini adalah paket wisata yang paling banyak dicari-cari oleh wisatawan luar kota maupun asing.

4. Sembako

Hampir setiap hari orang berlalu-lalang membeli sembako. Keuntungan yang diperoleh dari berjualan sembako sangatlah besar.

Sembako yang dapat kamu jual seperti beras, telur, minyak, kebutuhan bumbu masak, dan sebagainya. Tertarik untuk mencobanya?

5. Thrift

Pernah mendengar istilah thrift fashion? Thrift digunakan untuk istilah barang yang sudah tidak digunakan lagi, tetapi masih layak pakai.

Umumnya barang-barang yang dijual sebagai thrift ini adalah barang-barang branded. Bukan hanya kelas menengah ke bawah saja, tetapi menengah ke atas pun kadang juga suka mengincar barang thrift.

Cukup memulai usaha thrift secara online saja dulu. Jika harus menyewa tempat, mungkin akan memerlukan lebih banyak modal.

Namun, sebelum memulai usaha ini, pastikanlah kamu tahu mana kode ball thrift yang bagus. Ini bisa didapatkan dari pedagang thrift yang sudah berpengalaman.

Baca Juga : Contoh dan Manfaat Laporan Penjualan Wajib Diketahui

6. Les Privat

Dengan pendidikan dan ilmu yang lebih tinggi, mungkin kamu bisa membuka jasa les privat ataupun rombongan. Apabila kamu sudah punya pengalaman mengajar, ini pastinya sangat berguna.

Apabila kamu membuka les untuk tes kelulusan, mungkin salah satu cara agar banyak orang yang tertarik, kamu juga bisa menyediakan garansi jika memang ia tidak lulus ujian.

Saat ini tidak semua tempat les ataupun bimbingan belajar menyediakan fasilitas ekstra seperti garansi ini. Oleh karena itu, ini bisa jadi trik jitu untuk membedakan bisnismu dari yang lainnya.

7. Budidaya Ikan Hias

Tak mudah untuk menemukan bibit ikan hias yang bagus. Namun, kamu bisa mencari tahu dari internet seperti apakah kriteria ikan hias yang bagus.

Kamu juga harus menjaga kejernihan air agar tidak tercemar dengan kontaminasi apapun. Jika sudah tercemar, kemungkinan besar kualitas ikan hias kamu juga akan menurun. Tentu saja, kamu akan rugi.

8. Usaha Jasa Pelayanan Kesehatan

Seperti namanya, usaha ini memang bergerak di bidang kesehatan. Jenis usaha seperti ini memang mempunyai peran yang sangat penting, terutama dalam melayani seluruh masyarakat yang memerlukan layanan kesehatan.

Selain itu itu, jenis usaha ini bisa dibangun setelah mendapatkan persetujuan dari pemerintah setempat. Tidak sembarang orang bisa membangunnya.

9. Bisnis Kuliner

Jika kamu mempunyai keahlian memasak serta mengolah makanan yang lezat, bisnis ini layak kamu coba. Beberapa bisnis kuliner yang mungkin cocok denganmu adalah bakso, kuah, sambal, puding, dan sebagainya.

Untuk memulai bisnis kuliner, tidak harus mempunyai tempat atau toko dan peralatan yang lengkap. Kamu bahkan bisa memulainya dengan memanfaatkan peralatan yang sudah ada di rumah.

Jika sudah berhasil meraup lebih banyak keuntungan, barulah coba menggantinya dengan peralatan yang lebih bagus.

Itulah beberapa contoh usaha perdagangan dan jenisnya yang paling diminati. Kamu bisa memilih salah satu contoh usaha diatas dan mulai memulai usaha. Namun, untuk mengembangkan usaha di era modern saat ini sebaiknya beralih pada aplikasi penjualan dengan sistem digital. Sistem ini juga memudahkanmu dalam mengelola transaksi.

Salah satu aplikasi bisnis yang bisa kamu gunakan adalah bisa menggunakan aplikasi Koala+. Kelola transaksi jadi lebih praktis dan aman bersama Koala. Dijamin, kamu tidak akan kebingungan lagi untuk mengelola keuangan. Terlebih, jika ini adalah pertama kalinya kamu memulai bisnis online.

Aplikasi ini dilengkapi fitur Broadcast Message yang berguna untuk menyebarkan promosi toko atau produk melalui pesan broadcast Whatsapp Business API. Ada juga fitur Chatbot yang berguna membantu kamu membalas pesan pelanggan lebih cepat. Selain itu, ada fitur Manajemen Produk & Transaksi yang bisa membantu mengelola produk, transaksi maupun membuat website jualan yang terintegrasi dengan Koala.