Contoh Format Order Online Shop dan Tips Membuatnya

29 Desember 2022

Format order menjadi hal penting yang harus dibuat para pelaku usaha online. Kenapa? Karena ini termasuk strategi pemasaran yang perlu dilakukan. Format tersebut memiliki beberapa informasi penting yang perlu diperhatikan. Untuk lebih lengkapnya, simak penjelasan dan contohnya dibawah ini.

Format Order Online Shop

Bagi pemilik bisnis online, menyiapkan format order olshop tidak bisa dilakukan sembarangan. Format order dapat membantu pelaku bisnis dan pelanggan merinci pesanan dengan lebih mudah dan teratur. Untuk kamu yang sudah pernah mencoba belanja secara online, pasti sudah tidak asing lagi dengan format ini.

Umumnya penjual akan memberi format order pada calon pembeli sebelum melakukan pemesanan produk atau jasa. Seluruh format tersebut harus dilengkapi dengan data yang benar sebagai tanda bukti order.

Adanya format pemesan ini memudahkan penjual untuk memproses pesanan yang masuk dengan lebih cepat dan mudah. Biasanya, isi format terdiri dari nama barang yang dipesan, nama pembeli, dan alamat pengiriman barang tersebut. Agar bisa membuat format pemesanan dengan baik begini contoh isinya.

Baca Juga : Rekomendasi Situs Gratis Membuat Logo Online Shop Fashion

Contoh Isi Dalam Format Order Olshop

Dalam membuat format pemesanan untuk toko online, ada beberapa jenis informasi penting yang harus dicantumkan di dalam format. Apa saja itu, berikut ini adalah penjelasan lengkapnya.

1. Nama Pelanggan

Informasi pertama yang harus ada di sebuah format pemesanan adalah nama pelanggan. Pihak penjual sudah pasti akan meminta calon pembeli untuk memberikan nama lengkapnya. Hal ini nanti berguna untuk membantu dalam membedakan pesanan pelanggan satu dengan yang lain.

Pastikan untuk meminta nama panjang untuk membantu pihak ekspedisi dalam mengirimkan pesanan dengan benar. Nama panggilan akan membingungkan pengirim karena biasanya ada kesamaan dalam panggilan seseorang.

2. Nomor Telepon

Kedua ada nomor telepon, sebagai penjual jangan sampai lupa menanyakan nomor telepon yang aktif dan bisa dihubungi kapan saja. Ini untuk antisipasi ketika terjadi kendala selama pengiriman, pihak penjual atau ekspedisi bisa langsung menelpon. Bila perlu minta nomor telepon yang digunakan untuk WhatsApp atau Telegram jadi lebih mudah menghubunginya.

3. Alamat Lengkap

Informasi penting lainnya ada alamat lengkap. Pastikan penulisan alamat benar dan selengkap mungkin. Bila perlu tambahkan ciri-ciri rumah agar memudahkan pihak ekspedisi lebih cepat menemukan lokasi tepatnya.

Alamat lengkap ini sendiri biasanya terdiri dari nama jalan, nomor rumah, RT dan RW, kecamatan, kelurahan, kabupaten atau kota, provinsi, serta kode pos. Itu semua harus dimasukkan dengan benar agar orderan bisa segera terkirim dan tidak terjadi kesalahan pengiriman.

4. Rincian Pesanan

Poin keempat ini juga biasanya ada di dalam format pemesanan produk. Pelanggan harus menuliskan nama produk apa yang dipesan. Biasanya dari pihak penjual memberikan kode atau nama untuk setiap produknya agar lebih memudahkan proses pemesanan.

Tak lupa cantumkan juga pilihan warna dan ukuran yang diinginkan. Rincian pesanan yang semakin lengkap akan semakin baik karena penjual akan cepat memproses produknya.

5. Tata Cara Pembayaran

Dalam sebuah format pemesanan juga biasanya mencantumkan juga tata cara pembayaran. Ada pelanggan yang memilih pembayaran COD, ada yang via transfer, dan ada juga yang kredit. Itu harus dicantumkan agar pihak penjual bisa lebih mudah memproses penyelesaian order.

Bagi yang memilih pembayaran via transfer langsung sertakan juga nama Bank, nama pemilik rekening dan nomornya. Setelah melakukan pembayaran nanti pasti akan diminta bukti pembayarannya untuk dilakukan pengecekan.

Baca Juga : Contoh Kata-Kata Promosi Jualan Baju untuk Online Shop Kamu

Cara Membuat Format Order Olshop

Jika sudah mengetahui contohnya, sekarang kamu bisa cari tahu bagaimana cara membuat format pemesanan tersebut.

1. Sederhana dan Konsisten

Ketika membuat format pemesanan untuk olshop, pastikan untuk membuatnya secara simple atau sederhana dan konsisten. Hal itu untuk membuat pelanggan bisa lebih cepat paham dan bisa melakukan pemesanan dengan cepat. 

Buat format dengan mencantumkan informasi yang penting saja. Hindari untuk meminta informasi yang berlebihan kepada pelanggan. Jika sudah membuat format pemesanan, gunakan satu format tersebut untuk semua pelanggan.

2. Mudah Diakses

Buatlah format dengan platform yang mudah diakses. Dengan begitu, penjual atau pemilik usaha online akan lebih mudah mengatur pemesanan dan pengiriman pelanggan yang masuk.

Selain memudahkan pihak penjual, pembeli atau pelanggan juga lebih mudah melakukan pemesanan karena tinggal mengisi format yang ada pada platform. Pastikan arahan sederhana jadi tidak akan membingungkan meski baru pertama kali menggunakan.

3. Layanan Dukungan Pelanggan

Untuk lebih memudahkan proses order bagi pelanggan, pastikan juga menambahkan informasi layanan dukungan pelanggan. Informasi kontak yang bisa dihubungi pelanggan kapan saja cukup penting untuk dicantumkan untuk mengantisipasi jika terjadi kendala selama proses pemesanan produk.

Dengan info yang detail tersebut pelanggan juga akan lebih mudah dan merasa lebih puas dengan pelayanan yang didapat.

Pada intinya, untuk membuat format order online shop yang terpenting adalah informasi yang ada di dalamnya. Pastikan untuk meminta data dari pelanggan yang penting saja akan format pemesanan tidak terlalu rumit dan mudah dipahami.

Setelah format pemesanan berhasil dibuat, kamu bisa menggunakan aplikasi Koala+ untuk membantu mengelola produk dan transaksi, membalas chat, membuat website jualan, melayani pelanggan dengan cepat dan sebagainya. Aplikasi ini sudah terintegrasi dengan Whatsapp Business API sehingga transaksi bisnis bisa dilakukan lebih mudah hanya dengan satu dashboard.

Aplikasi ini memudahkan proses pemesanan, pengiriman, serta memudahkan juga bagi penjual atau pelaku bisnis dalam membuat pembukuan. Tertarik mencoba? Langsung saja pasang aplikasi Koala atau kunjungi situs resminya untuk mendapatkan rincian informasinya. Semoga sukses!