Ini dia Tugas Admin Online Shop yang Gampang-Gampang Susah!

7 Oktober 2022

Toko online yang semakin ramai sepertinya tidak lagi memungkinkan kamu untuk mengelola bisnis sekaligus melakukan beberapa tugas admin online shop. Selain kamu akan kelimpungan, bisa-bisa kamu malah menjadi tidak efektif dan produktif untuk dua hal yang berbeda itu.

Belum lagi, admin online shop harus cekatan dan serba sat-set-sat-set untuk melakukan berbagai tugasnya. Alhasil, dampak yang paling buruk yang bisa kamu dapatkan adalah kamu tidak bisa tampil baik di kedua peran tersebut dan kamu bisa overwhelmed hingga burned out.

Oleh karena itu, tidak salahnya, loh, untuk mulai mencari seseorang yang bisa menanggung semua tugas admin online shop. Kamu bisa fokus dalam mengelola bisnis dan tidak lagi pusing dengan hal-hal yang sudah menjadi tugas admin online shop.

Kriteria Admin Online Shop yang Mumpuni

Supaya kamu tidak salah pilih orang untuk membantu kamu dalam menjalani tugas admin online shop, kamu perlu mengetahui kriteria admin online shop yang seperti apa yang oke. Hal ini dilakukan untuk mengurangi adanya “drama” pekerjaan, mempermudah pekerjaan kamu, bahkan bisa jadi turut berperan memajukan usaha kamu, loh! Simak kriteria admin online shop yang mumpuni di bawah ini!

1. Ramah, Memahami Sopan Santun, dan Memiliki Komunikasi yang Cakap

Sebagai seorang admin online shop, ia akan berhadapan dengan calon pembeli hingga langganan kamu. Dengan demikian, ia harus memiliki sifat yang ramah, mengerti sopan santun, dan tau cara berkomunikasi.

Seperti yang kamu ketahui, salah satu unsur untuk memajukan sebuah usaha adalah dengan komunikasinya. Tidak hanya di bagian pemasaran, tapi juga saat berkomunikasi secara langsung dengan peminatnya. Admin online shop kamu wajib tau bagaimana cara menyapa, berbicara, dan menjawab pertanyaan dari pelanggan ketika meghadapi berbagai pertanyaan atau keluhan.

Apabila admin kamu memiliki tiga hal ini, calon pembeli atau pelanggan kamu pun akan merasa senang dengan pelayanan yang toko online kamu berikan hingga kemungkinan besar akan terus-menerus berbelanja di toko online yang kamu bangun sekarang ini.

Baca Juga: Kata-Kata Jualan Online di WA yang Menarik Pembeli

2. Rapi dan Teliti

Tugas admin online shop tidak hanya dua atau tiga buah, tapi begitu banyak dan penting. Ia juga bersinggungan dengan pengelolaan persediaan produk hingga turut membantu memproses pesanan pelanggan. Oleh karena itu, admin online shop harus melakukan pekerjaannya dengan rapi dan teliti untuk mempermudah pekerjaan bisnis kamu serta mengurangi adanya kesalahan yang dapat mempengaruhi arus pekerjaan lainnya.

3. Tidak Asing dengan Komputer, Microsoft Office, dan Operasional Toko Online

Namanya juga online shop, bisnis kamu tentunya akan selalu berdampingan dengan dunia digital, komputer, dan aplikasi penunjang pekerjaan. Pastikan admin online shop yang akan kamu pekerjakan mengerti cara menjalani hal-hal tersebut. Ia tidak perlu harus tau semuanya, tapi setidaknya ia tidak asing dengan hal-hal yang bersinggungan dengan pekerjaannya.

 

4. Mampu Memecahkan Masalah

Calon pembeli atau pelanggan kamu akan silih berganti datang dan menghubungi admin online shop kamu. Tidak hanya bertanya seputar produk, namun akan ada keluhan atau permasalahan yang harus ia hadapi. Nah, memiliki skill dalam menyelesaikan masalah menjadi salah satu syarat yang harus dimiliki oleh calon admin yang akan kamu pekerjakan. Selain itu, diharapkan bahwa admin online shop juga dapat memberikan solusi dari masalah yang dimiliki oleh calon pembeli atau pelanggan.

Beragam Tugas Admin Online Shop

Setelah memahami kriteria admin online shop untuk mengerjakan tugas-tugasnya, kamu harus membuat daftar tugas admin online shop supaya kalian berdua bisa memahami batas-batas pekerjaannya.

1. Mengelola Online Shop

Tugas admin online shop yang utama adalah mengelola online shop. Hal ini termasuk memasukkan foto produk dengan melengkapinya dengan judul produk, harga, dan deskripsi di setiap platform yang dimiliki. Selain itu, tugas admin online shop lainnya di bagian pengelolaan online shop adalah memantau ketersediaan produk dan memproses pesanan pembeli.

2. Membalas Pesan dari Calon Pembeli atau Pembeli

Membalas pesan dari calon pembeli atau pembeli dengan cepat dan baik merupakan salah satu tugas admin online shop yang berperan penting dalam kemajuan online shop kamu karena ini beririsan dengan pelayanan yang diterima oleh calon pembeli atau pembeli.

Pertanyaan mengenai produk, jasa pengiriman, dan jenis pembayaran yang diterima harus diladeni dengan lugas dan jelas. Tidak berhenti di situ, admin online shop juga harus mengatasi permasalahan atau kendala yang dialami oleh pembeli sesudah belanja, misalnya produk yang tidak sesuai, pesanan belum sampai, atau pelanggan yang masih belum memahami cara pakai produk yang dibelinya.

Kesabaran menjadi suatu hal yang harus dimiliki oleh admin online shop saat menjalani tugas admin online shop satu ini. 

3. Memantau Kolom Ulasan

Kolom ulasan dapat dilihat oleh semua orang dan hal ini sangat berpengaruh dengan meminta calon pembeli sebab calon pembeli cenderung akan membuka kolom ulasan sebelum memutuskan belanja. Oleh sebab itu, tugas admin online shop lainnya adalah memantau dan melaporkan segala jenis ulasan yang toko online kamu terima.

Hal ini bisa menjadi feedback untuk kepentingan kemajuan bisnis kamu. Selain itu, akan menjadi sebuah nilai plus apabila admin bisa membalas satu persatu sehingga calon pembeli dapat merasakan bahwa admin toko online kamu merupakan sosok yang responsif. Lagi-lagi pelayanan kamu akan dilihat dari sini. Tentunya kamu inginkan supaya performa online shop kamu itu terlihat baik?

4. Membangun Hubungan yang Harmonis dengan Calon Pembeli ataupun pelanggan

Kamu sudah tau bahwa admin online dituntut dapat berkomunikasi dengan baik. Nah, hal ini berkaitan dengan hubungan antara toko online kamu dengan calon pembeli atau pelanggan yang sedang dibangun. Ini tidak hanya menjadi tugas kamu, loh, melainkan juga tugas admin online shop selaku “wajah” bisnis kamu.

Hubungan baik dengan calon pembeli atau pelanggan dapat dibangun dengan menyapa calon pembeli atau pelanggan dengan ramah. Bisa juga dengan menanyakan pendapat pembeli perihal pesanan yang sudah diterima.

Baca Juga: Mau Rekrut Admin? Intip Gaji Admin Online Shop di Indonesia!

Sebagai seorang atasan, kamu jangan hanya menuntut seseorang untuk menjalani tugas admin online shopnya dengan baik, tapi kamu juga harus menyediakan kenyamanan untuk ia dalam menyelesaikan pekerjaannya.

Kenyamanan tersebut tidak hanya berkaitan gaji ataupun ruangan yang ditempati, tapi juga meliputi tools atau platform yang disediakan untuk mempermudah tugas admin online shop kamu. Hal tersebut bisa dimulai dari menyediakan Koala yang merupakan sebuah platform untuk mengelola transaksi, membalas chat, dan cek ongkos kirim dalam satu aplikasi.

Salah satu fitur yang menarik dan berdekatan dengan salah satu tugas admin online shop adalah Keyboard Jualan. Kamu bisa menggunakan template chat di semua aplikasi chatting dengan fitur ini, loh! Dengan demikian, admin kamu tidak perlu lagi repot-repot mengetik ulang pertanyaan atau kendala yang sama dari orang yang berbeda-beda setiap harinya.

Hal ini bisa banget membantu pekerjaan admin online shop kamu. Kapan lagi bisa berjualan dengan nyaman dan aman? Yuk, nikmati manfaatnya sekarang!