Cara Jualan Pulsa dan Kuota dengan Modal Usaha yang Kecil

9 September 2022

Bagaimana cara jualan pulsa dan kuota dengan modal yang kecil? Memulai usaha jualan kuota dan pulsa merupakan salah satu peluang bisnis yang bisa dicoba oleh siapapun. Semua orang saat ini pasti membutuhkan pulsa dan kuota karena kebutuhan penggunaan internet semakin tinggi setiap tahunnya. Mengetahui cara jualan pulsa dan kuota tentunya akan menjadi salah satu ide usaha yang lancar.

Tidak hanya itu saja, jika kamu mengetahui cara jualan pulsa dan kuota yang tepat, kamu juga bisa memulai usaha ini bahkan ketika kamu masih menjadi mahasiswa sekalipun. Ini juga merupakan peluang usaha yang bagus untuk siapapun yang mencari usaha sampingan karena cara jualan pulsa dan kuota sebenarnya sangatlah mudah untuk dilakukan.

Cara jualan pulsa dan kuota juga tidak membutuhkan modal yang tinggi seperti kebanyakan usaha lainnya. Mengetahui cara jualan pulsa dan kuota bisa sangat menguntungkan selama kamu paham betul bagaimana caranya dan pengelolaan usahanya. Artikel berikut ini akan menjelaskan tentang bagaimana cara jualan pulsa dan kuota dengan menggunakan modal usaha yang kecil sehingga tidak membebani pemilik usaha.

1. Mencari Server

Langkah pertama yang perlu kamu ketahui untuk cara jualan pulsa dan kuota adalah mencari server. Dalam konteks usaha ini, server yang dimaksud adalah pihak yang akan mengirimkan pulsa dan kuota kepada pelanggan. Mereka juga menyediakan deposit untuk saldo pulsa dan kuota sehingga kamu bisa mengirim kepada pelangganmu.

Dalam hal ini, server bisa juga disebut sebagai distributor. Kamu perlu mencari server yang tepat karena menentukan server yang paling pas adalah langkah penting dalam cara jualan pulsa dan kuota. Pastikan kamu mencari banyak sumber server agar bisa membandingkan harga masing-masing dan menentukan mana server yang memiliki harga paling murah.

Sama seperti usaha yang lain, saat menentukan distributor kamu juga perlu cermat menentukannya. Server memang poin penting dalam cara jualan pulsa dan kuota, tapi kamu juga perlu memilih server yang terpercaya agar tidak terjadi penipuan.

Baca Juga: Contoh Strategi Harga Coret Agar Jualan Laris
 

2. Mendaftarkan Diri ke Server Tersebut

Langkah selanjutnya dalam cara jualan pulsa dan kuota adalah mendaftarkan dirimu pada server tersebut. Caranya cukup mudah karena kamu hanya perlu melengkapi data diri pribadi yang diperlukan untuk usaha.

Poin ini harus dilakukan karena agar pihak server mengetahui bahwa kamu terdaftar sebagai pelanggan server tersebut dan selanjutnya setiap pengiriman pulsa atau kuota akan ditagihkan kepadamu. Tentu saja poin ini juga sangat penting karena jika kamu tidak terdaftar dalam server maka kamu tidak akan bisa melayani pembelian pelangganmu.
 

3. Membuat Deposit

Tahap selanjutnya dalam cara jualan pulsa dan kuota adalah membuat deposit untuk pulsa. Kamu bisa langsung membeli dalam jumlah besar ataupun semampumu. Beberapa usaha jual pulsa langsung membuat deposit dalam jumlah besar agar lebih mudah melayani pelanggan. Tidak hanya itu saja, deposit pulsa dalam jumlah yang besar juga memiliki harga yang lebih terjangkau.

Tahap ini sama seperti membuat stok barang untuk usahamu. Hanya saja cara jualan pulsa dan kuota sedikit berbeda dengan usaha lain. Jika usaha lain memiliki stok produk yang jelas dan nyata, usaha jualan pulsa dan token memiliki stok yang tidak terlihat dan hanya berupa digit saja. Maka dari itu pengelolaan stok dan pelaporannya juga harus sangat baik dan teratur.

Jika kamu baru memulai usaha jualan pulsa dan token, tapi memiliki modal yang sedikit, kamu bisa membuat deposit pulsa dalam jumlah yang kecil pula. Perhitungannya bisa per minggu agar biaya yang kamu pakai untuk membeli deposit pulsa tidak terlalu banyak dan memberatkan modal usahamu.
 

4. Tentukan Harga Jual

Tahap selanjutnya untuk cara jualan pulsa dan kuota adalah menentukan harga jual. Sama seperti semua usaha kebanyakan, menentukan harga jual juga harus mempertimbangkan harga beli dan berapa margin yang kamu ambil. Perhitungan ini perlu dilakukan secara akurat karena jika kamu salah melakukan perhitungan, kamu bisa mengalami kerugian.

Pastikan kamu menentukan harga yang tepat. Harga yang kamu berikan jangan terlalu mahal dan jangan terlalu murah. Jika harga pulsa yang kamu jual terlampau mahal, pelanggan akan memilih untuk membeli di tempat lain. Sebaliknya, jika pulsa yang kamu jual memiliki harga yang terlalu murah maka kamu bisa mengalami kerugian.
 

5. Promosi Usaha

Langkah penting dalam cara jualan pulsa dan kuota selanjutnya adalah mempromosikan usaha. Setiap usaha pasti memerlukan promosi untuk meningkatkan penjualan dan menarik pelanggan. Tidak terkecuali saat kamu jualan pulsa dan kuota.

Jika kamu memiliki counter untuk jualan pulsa, kamu bisa mempromosikan usahamu di area sekitar counter usahamu. Kamu juga bisa memasak spanduk atau poster yang menunjukkan bahwa counter milikmu menjual pulsa dengan harga menarik.

Proses promosi juga bisa bermacam-macam. Menemukan cara jualan pulsa dan kuota adalah kunci suksesnya usaha tersebut. Kamu bisa memulai promosi berupa potongan harga dan diskon spesial untuk pembelian tertentu. Ini akan menarik pelanggan dan bisa meningkatkan penjualan usahamu.
 

6. Konsisten

Setiap usaha pasti memerlukan konsisten untuk setiap pelaksanaannya. Begitu juga untuk cara jualan pulsa dan kuota. Kamu perlu melakukannya dengan konsisten agar usahamu dapat terus berjalan dengan lancar. Terus mempelajari cara untuk mengembangkan usaha juga perlu dilakukan agar usahamu bisa terus berkembang dengan pesat.

Baca Juga: Arti Purchase Bagi Bisnis dan Langkahnya

Kamu juga bisa menggunakan langkah lain untuk cara jualan pulsa dan kuota yaitu dengan menggunakan m-banking atau internet banking. Cara ini justru lebih praktis untuk dilakukan, hanya saja biaya yang dikeluarkan sedikit lebih mahal dibandingkan langkah di atas. Alasannya adalah cara jualan pulsa dan kuota lewat cara ini akan dipotong biaya administrasi bank. Ini membuat margin yang kamu dapatkan semakin kecil dan harga jual jauh lebih tinggi dibandingkan dengan yang lainnya.

Cara jualan pulsa dan kuota yang paling umum dilakukan memang tahap di atas. Dengan menemukan server penyedia pulsa yang tepat, maka usaha jualan pulsa dan kuota yang kamu mulai bisa dengan mudah berjalan lancar. 

Tips cara jualan pulsa dan kuota jika kamu masih mahasiswa atau masih sekolah, jangan gunakan sistem pembayaran di akhir. Langsung gunakan sistem pembayaran secara langsung agar modal yang kamu keluarkan bisa langsung kembali. Cara ini juga tidak akan merugikanmu jika ada pembeli yang kabur dan tidak membayar pulsa yang telah digunakan.

 

Apa pun usaha yang dijalankan, pengelolaan usaha adalah poin penting yang perlu dilakukan. Tanpa pengelolaan usaha yang bagus, maka usaha bisa ditinggalkan oleh pelanggan dan tidak dapat berkembang. Selain pengelolaan usaha, pelayanan kepada pelanggan juga harus maksimal. Pelayanan pelanggan yang baik akan membuat pelanggan nyaman dan tetap menjadi pelanggan setia usahamu.

Untuk memaksimalkan usahamu, kamu bisa menggunakan KoalaApp. KoalaApp merupakan dashboard yang bisa kamu gunakan membantu mengelola usahamu. Ada fitur seperti atur transaksi, kontak pelanggan, website jualan yang bisa diakses kapan pun dan di mana pun. Langsung cek KoalaApp sekarang!