Pengertian, Jenis, dan Manfaat Event Marketing

28 Mei 2023

Salah satu strategi pemasaran yang sering dilakukan adalah event marketing. Event marketing menjadi salah satu strategi pemasaran yang paling efektif untuk mendekatkan produk baru pada pasar. Penyelenggaraan event ini biasanya melibatkan beberapa pihak seperti media, konsumen dan juga pemerintahan.

Dalam pemasaran ini, konsumen memiliki kesempatan untuk berinteraksi secara langsung dengan sebuah brand. Keberhasilan penyelenggaraan event marketing tidak hanya karena kehadiran konsumen saja tetapi juga media. Media ini akan mempublikasikan event ini ke masyarakat sehingga produk baru yang baru diluncurkan semakin dikenal.

Pengertian Event Marketing

Event marketing adalah strategi pemasaran yang sering dilakukan dengan mengadakan sebuah acara yang bertujuan untuk mempromosikan suatu produk, merek atau layanan. Perusahaan biasanya menerapkan strategi pemasaran ini dengan tujuan untuk memperkenalkan produk baru ke publik atau pasar.

Dalam hal ini berarti publik akan diberikan informasi mengenai suatu produk atau jasa yang ditawarkan suatu perusahaan. Diselenggarakannya event ini maka suatu produk atau brand bisa diperkenalkan dengan baik kepada publik, Selain itu, nantinya juga akan tercipta kedekatan emosional antara konsumen dengan produk tersebut.

Kedekatan emosional maupun rasional tercipta karena konsumen bisa merasakan, mendengar, melihat dan menyentuh langsung produk yang ditawarkan perusahaan. Tentu saja strategi marketing ini berbeda dengan melihat iklan televisi maupun media lainnya.

Ketika suatu produk atau brand sudah melekat kuat di dalam pikiran para konsumen, maka peluang konsumen untuk melakukan pembelian semakin besar. Hal ini tentu saja akan membantu meningkatkan penjualan produk.

Jenis Event Marketing

Setelah mengetahui pengertiannya, kamu juga harus tahu jenis-jenisnya. Berikut jenis-jenis event marketing yang harus diketahui:

1. Pameran Produk

Pameran produk merupakan jenis event marketing yang bisa kamu ikuti untuk meningkatkan penjualan produk dan memperluas pasar. Pameran yang diadakan biasanya akan diikuti oleh banyak perusahaan. Tentu saja ini akan membuat produk-produk yang diperkenalkan jumlahnya sangat banyak.

Diselenggarakannya pameran produk ternyata berhasil membantu 65% konsumen atau pembeli untuk memahami suatu produk atau merek dengan lebih baik daripada iklan biasa. Pameran produk bisa dilakukan dengan dua cara yaitu hanya dengan menaruh produk baru di toko atau menggelar event khusus.

2. Workshop

Workshop atau seminar sangat sering diadakan. Alasannya acara seperti ini bermanfaat untuk membangun koneksi atau jaringan yang lebih luas. Selain itu, melalui acara ini kamu bisa mengedukasi peserta yang datang. Jenis event marketing satu ini sangat populer dan sering dilakukan. Baik itu dalam acara workshop online maupun offline.

Workshop akan dihadiri oleh peserta yang memiliki minat pada produk, merek dan layanan yang ditawarkan.  Saat acara sedang berlangsung, biasanya akan ada satu atau dua orang ahli yang memberikan informasi perihal produk dan layanan tertentu. Acara ini bisa menghasilkan penjualan baru dari peserta yang ikut.

3. Peluncuran Produk

Acara ini bisa kamu adakan untuk meningkatkan brand awareness. Pasalnya tujuan dari peluncuran produk ini untuk memperkenalkan produk baru pelanggan ataupun calon pelanggan baru.

Acara peluncuran produk sengaja diadakan agar pembeli mengetahui produk baru yang diluncurkan dan manfaatnya. Dengan begini ama akan ada banyak orang yang tertarik untuk melakukan pembelian.

Baca Juga : Cara Positioning Pemasaran Paling Dasar untuk Produk

4. Konser

Di dalam industri musik, mengadakan konser merupakan hal yang sangat penting. Alasannya, karena konser atau tour merupakan cara paling ampuh untuk memperkenalkan lagu baru atau album baru milik suatu grup band atau seorang penyanyi.

Keberhasilan suatu konser atau tour yang diadakan bisa diukur dari jumlah tiket yang dijual. Selain itu, juga bisa diukur dengan jumlah penjualan album setelah konser selesai diselenggarakan.

5. Konferensi

Konferensi memiliki peran untuk mengumpulkan individu-individu dengan minat yang sama dari berbagai daerah maupun negara. Peserta dari acara ini bisa para ahli, birokrat, profesional maupun akademisi yang akan membahas topik-topik tertentu. Melalui konferensi, individu-individu tersebut akan menemukan ide-ide baru, memecahkan masalah dan sebagainya.

Jika ada konferensi yang diselenggarakan, kamu harus ikut acara tersebut. Alasannya karena ikut konferensi merupakan kesempatan yang bagus untuk memperkuat networking atau jaringan.

6. Pop-Up Store atau Bazar

Sama seperti pameran, jenis event marketing ini hanya akan diadakan sementara waktu dan dalam jangka waktu tertentu. Meski begitu, acara ini harus dimanfaatkan dengan baik oleh perusahaan untuk menjual produknya di lingkungan tertentu. Mengikuti acara ini akan membantu perusahaan untuk menjangkau target pasar dan meningkatkan penjualan.

Manfaat Event Marketing

Kamu akan mendapatkan banyak manfaat jika bisnis yang dimiliki menerapkan pemasaran ini. Berikut beberapa manfaat yang akan didapatkan:

1. Menambah Pengetahuan akan Produk

Manfaat yang pertama adalah bisa menambah pengetahuan akan produk bagi para konsumen. Acara pemasaran seperti pameran konser, webinar dan jenis event marketing lainnya merupakan cara paling efektif untuk memperkenalkan produk baru perusahaan ke pasaran.

Setelah produk baru diperkenalkan, maka kamu akan mengetahui bagaimana rekais dari terhadap produk ataupun jasa yang dijual.

Baca Juga : Cara Menawarkan Produk Lewat WhatsApp Paling Ampuh

2. Menciptakan Brand Awareness

Salah satu manfaat pemasaran ini adalah menciptakan brand awareness (kesadaran merek). Event marketing merupakan cara yang sangat bagus untuk memperkenalkan produk yang dimiliki pada suatu industri dan bisa meningkatkan kesadaran publik akan merek yang dimiliki.

Brand awareness yang tinggi akan membuat bisnis kamu menjadi lebih mudah dikenali oleh pelanggan. Brand awareness yang positif bisa meningkatkan kredibilitas merek di mata publik.

Itulah informasi tentang event marketing mulai dari pengertian, jenis dan manfaatnya. Dari penjelasan diatas bisa diketahui strategi pemasaran ini merupakan cara paling efektif untuk memperkenalkan produk baru ke pasar. Produk yang sudah dikenal secara luas tentu saja akan meningkatkan penjualan.

Jumlah penjualan yang meningkat tidak hanya karena event marketing saja, tetapi juga pelayanan kepada pelanggan yang maksimal. Misalnya, membalas chat pelanggan dengan cepat. Koala+ bisa menjadi solusi efektif karena sudah terintegrasi dengan WhatsApp Business API. Kamu bisa menggunakan fitur chatbot Koala+ untuk mengirim pesan otomatis. Penasaran? Yuk daftar Koala+!