Ini Contoh Kata-kata Jualan Online di WA untuk Memikat Pembeli

25 Maret 2022

Kata-kata jualan online di WA sangat dibutuhkan jika bisnismu dijalankan melalui aplikasi chatting paling populer WhatsApp alias WA. Ia ibarat amunisi pertama yang harus diperhatikan akurasinya agar dalam sekali “tembak”, banyak calon pembeli yang terpikat. Mengetahui pentingnya kata-kata untuk berjualan online di WA, kamu perlu strategi khusus dalam membuatnya.

Berdasarkan data Statista, Indonesia adalah negara dengan jumlah pengguna aplikasi WhatsApp terbesar ketiga di dunia. Setidaknya, ada 84 juta lebih masyarakat Indonesia yang memakai WhatsApp sebagai media komunikasi. Seperti yang kita ketahui, WhatsApp tidak sekadar memfasilitasi kebutuhan komunikasi, tapi juga menawarkan fitur lain untuk bisnis.

Untuk bisnis skala mikro dan kecil, penggunaan WhatsApp sebagai media promosi dan sarana interaksi dengan pembeli adalah pilihan yang tepat. Pengelolaannya cenderung mudah dan tingkat efisiensinya juga tinggi. Kamu tidak memerlukan bantuan pihak ketiga untuk terhubung dengan calon-calon pembeli potensial.

Tips membuat kata-kata jualan online di WA

Sebagai pebisnis, sudah sepantasnya kamu tidak menyepelekan kekuatan kata-kata dalam hal promosi. Dengan bahasa yang menyenangkan, bukan hal yang sulit untuk membuat pelanggan tertarik pada produk-produkmu. Percaya atau tidak, kata-kata atau kalimat promosi yang dikonsep secara baik akan membekas dan identik dengan satu produk tertentu.

Contoh keberhasilannya sudah banyak diperlihatkan oleh merek-merek besar. Misalnya, kalimat khas dari promosi satu merek minuman teh kemasan yang sangat legendaris atau kalimat dari merek obat tradisional pereda masuk angin yang juga hits. Sederet tagline atau kalimat jualan tersebut tentu tidak dibuat secara sembarangan karena ada tips dan strategi yang harus diperhatikan. Apa saja tipsnya?

1. Gunakan bahasa yang ringkas dan padat

Tips membuat kalimat atau kata-kata jualan online di WA yang pertama adalah gunakan bahasa yang tidak bertele-tele. Makin padat, singkat, dan jelas kata-kata jualan online yang dipakai, makin bagus juga pengaruhnya terhadap pelanggan. Jangan memaksakan menggunakan kalimat panjang yang bertele-tele untuk menciptakan kesan ramah.

Kalimat yang bertele-tele berpotensi membuat calon pembeli kehilangan fokus pada produk yang sedang kamu tawarkan. Oleh karena itu, buat kalimat yang ringkas tapi padat sehingga calon pembelimu dapat langsung paham dengan isi tulisan yang disampaikan. Dengan begitu, mereka bisa dengan cepat mengenali produk yang ditawarkan.

2. Pakai kata atau kalimat bersifat ajakan

Sejak WhatsApp menjadi aplikasi chat yang cukup personal, kalimat ajakan menjadi kata-kata jualan online di WA yang sering digunakan oleh para pelaku usaha atau online seller. Kalimat ajakan di sini tentu saja bukan kalimat bernada memaksa, ya.

Untuk membuatnya, awali kalimat dengan sedikit menjelaskan produk yang ditawarkan. Kemudian, berikan kalimat ajakan di belakang, lengkap dengan tanda seru (!) atau emoji. Kata-kata jualan yang bersifat ajakan bisa lebih menarik kalau diselipi kata-kata yang sedang hits. Misalnya, “Stok barang tersebut tinggal sedikit lagi. Grab it fast, Bestie!”

3. Sopan, tapi tetap memberikan kenyamanan

Membuat kata-kata jualan online di WA tanpa memperhatikan kenyamanan calon pembeli sama saja jadi bumerang untuk diri sendiri. Saat memutuskan untuk menggunakan WhatsApp sebagai media berbisnis, kamu tentu harus punya siasat untuk mengambil hati para calon pembeli secara personal.

Cara paling ampuh tentu saja dengan menggunakan kata atau kalimat yang sopan, tapi tetap membuat pelanggan merasa nyaman. Kamu bisa memakai kalimat-kalimat persuasif yang membuat calon pembeli tertarik tanpa merasa dipaksa.

4. Memuat keunggulan produkmu

Sebagai salah satu strategi promosi, kalimat yang kamu buat untuk berjualan online melalui WA tentu saja harus memuat keunggulan produkmu. Jika produk yang kamu jual memiliki beberapa keutamaan, sampaikan poin-poin tersebut secara ringkas dan padat.

Bagaimanapun pembeli perlu tahu mengapa mereka harus membeli produk yang kamu jual sehingga kamu perlu menjelaskannya secara jelas tanpa bertele-tele. Tidak sulit untuk membuat kata-kata jualan seperti ini karena kamu hanya perlu menjelaskan detail produk yang kamu jual beserta kelebihannya.

5. Cari tagline untuk bisnismu

Agar produkmu gampang diingat, salah satu strateginya adalah membuat tagline yang catchy. Tingkat kreativitas sangat dibutuhkan untuk merangkai kalimat yang akan digunakan sebagai bagian dari branding-mu, tapi akan sepadan jika tepat sasaran. Menyertakan tagline untuk beriklan di WhatsApp sama pentingnya dengan tagline di media sosial lain. Jangan lupa, buatlah tagline yang sesuai dengan produk atau jasamu ya!

Contoh kata-kata jualan online di WA untuk menarik pembeli

Setelah memperhatikan tips-tips membuat kata-kata jualan online di WA di atas, berikut adalah beberapa inspirasi kalimat yang bisa kamu pakai untuk mempromosikan produkmu di WhatsApp. Beberapa contoh kalimat jualan online yang bisa kamu pakai di WA ini mengandung kata-kata ‘sakti’ yang bisa membuat calon konsumen tertarik untuk membeli produkmu.

1. Buy one get one

Menggunakan kata atau kalimat sakti buy one get one sebagai strategi jualan di WA atau di media mana pun akan cukup ampuh. Kemungkinan pembeli untuk tertarik dengan produkmu cukup tinggi, sekalipun mereka belum mengetahui detailnya. Contohnya, “Buy one get one untuk setiap pembelian biskuit varian coklat!” atau “Segera manfaatkan promo buy one get one dari kami! Penawaran terbatas.”  

2. Gratis ongkir!

Kata sakti lain yang tak kalah ajaib dalam menjaring lebih banyak konsumen adalah “Gratis ongkir!”. Kecenderungan masyarakat untuk berbelanja online makin meningkat ketika banyak marketplace menawarkan gratis ongkir pada setiap pembelanjaan. Kamu juga bisa mencobanya! Tapi, jangan lupa untuk menyesuaikannya dengan laba bisnismu. Sertakan beberapa ketentuan untuk mendapatkan promo ini. Misalnya, gratis ongkir untuk setiap pembelian minimal tiga 3 pcs produk.

3. Dapatkan potongan harga

Sejauh ini, kalimat untuk jualan yang menyertakan ‘diskon’ atau ‘potongan harga’ di dalamnya cukup ampuh menjaring konsumen. Kamu bisa menggunakannya untuk melengkapi kata-kata jualan di WA. Dengan memberi potongan harga, produkmu akan lebih menarik. Tentukan berapa persen potongan harga yang diberikan, mulai dari 20, 50, atau bahkan 70 persen. Lagi-lagi, sesuaikan juga dengan margin keuntunganmu, ya!

4. Dapatkan harga terbaik!

Persaingan bisnis di zaman serba online sungguh ketat. Konsumen bisa saja membandingkan produkmu dengan produk di toko lain berdasarkan harga. Untuk menyiasatinya, kamu bisa mempromosikan produkmu dengan mengatakan kalimat ini. Contohnya, “Dapatkan harga terbaik untuk produk berkualitas!”

5. Dapatkan cashback

Tergiur dengan beberapa keuntungan sudah jadi sifat yang wajar dari konsumen di mana pun. Setelah menawarkan diskon dan gratis ongkir, kali ini coba sertakan kata-kata sakti ini pada kalimat promosimu. Antusiasme calon pembeli akan langsung meninggi, apalagi jika cashback yang didapat lumayan besar.

6. Kualitas terjamin

Tidak semua konsumen mengutamakan diskon atau potongan harga, ada juga konsumen yang lebih memperhatikan kualitas barang yang dibeli. Mengunggulkan produk sendiri menggunakan kalimat ini sedikit banyak akan membuat calon pembeli percaya. Meski begitu, hindari memberikan informasi yang tidak sesuai supaya usahamu tetap dipercaya pelanggan.

Koala merupakan aplikasi paling tepat untuk jualan online dan menghubungkanmu ke konsumen dengan mudah. Tunggu apa lagi? Unduh sekarang aplikasinya, gratis!

Itulah beberapa kata-kata jualan online di WA yang bisa kamu gunakan saat mempromosikan produk dan layananmu. Mana yang menurutmu paling ampuh menarik pembeli?